DINAMIKA POLITIK DALAM REFORMASI ADMINISTRASI PUBLIK

Muhammad Kadarisman

Abstract


Birokrasi di Indonesia menghadapi krisis kepercayaan masyarakat, maka kecaman dan pesimisme muncul karena banyak anggota masyarakat merasakan berbagai pola tingkah laku dalam birokrasi yang tidak dapat memenuhi tuntutan dan dinamika masyarakat (organizational slack), ditandai dengan menurunnya kualitas pelayanannya. Penyebabnya antara lain orientasi pelayanan yang kaku, visi pelayanan sempit, penguasaan terhadap administrative engineering kurang memadai, dan bertambah gemuknya unit-unit birokrasi publik yang tidak difasilitasi dengan kualitas SDM, peralatan dan penganggaran yang cukup dan handal (viable bureaucratic infrastructure). Tujuan penelitian: menganalisis dinamika politik dalam reformasi administrasi publik. Penelitian menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian: politik Negara terkait dengan kebijakan pemerintah, tidak terlepas dari peran pemerintah untuk rakyatnya. Pemerintah harus mengawal dan melaksanakan idiologi Negara untuk mewujudkan welfare state. Penyederhanaan struktur birokrasi diperlukan karena tidak sejalan dengan paradigma dan reformasi administrasi publik. Penyederhanaan struktur birokrasi diperlukan dalam peningkatan profesionalisme Aparatur, sehingga tugas birokrasi dapat terlaksana secara efektif dan efesien.


Keywords


Politik, Reformasi, Administrasi.

Full Text:

PDF

References


Administrasi Publik Menuju Birokrasi Berintegritas. Laporan Hasil Penelitian, 2021.

Bappenas (2013). Evaluasi Kebijakan Reformasi Birokrasi. Retrieved from Jakarta: https://www.bappenas.go.id/files/ekps/2013/4.Evaluasi%20Kebijakan%20Reformasi%20Birokrasi.pdf

Bhakti, D., Sefitara, U., (2015). Reformasi dan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara. DIY: Biro Organisasi dan BKD DIY.

Brudeseth (2015). Dampak Upah Minimum Propinsi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Masyarakat dipulau Sulawesi. Jurnal berkala ilmiah efesiansi volume 19 No 04 Tahun 2019.

Creswell, John, W., (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson Merrill Prentice Hall.

Dwidjowito, Rian, Nugroho (2001). Reinventing Pembangunan, Jakarta: Alex Kompotindo.

Dwiyanto, Agus, dkk., (2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Firnas M. Adian dan Maesarini I. Wahyu (2011). Evaluasi Reformasi Birokrasi: Masalah Politisasi Birokrasi dalam Politik Indonesia. Jurnal Civil Service Vol. 5, No. 2, p. 20-25.

Gibson, dkk., (2013). Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Jakarta: Erlangga.

Hikmah, N., (2017). Birokrasi, Kekuasaan Dan Bisnis, Jurnal SAWALA, Vol. 5, No. 1, p. 23-27.

Horhoruw, M. et al., (2012). Transforming the Public Sector in Indonesia: Delivering Total Reformation, World Bank Publication. (March), p. 1–14.

Ibrahim, A., (2012). Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Jakarta: Mandar Maju.

Kadarisman, M., (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: UMJ Press.

Kadarisman, M., (2021). Model Dinamika Politik: Determinan Keberhasilan Reformasi

Keban, Yeremias T, (2008). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori, dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.

Kepemimpinan Masa Depan: Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik. Bandung: PT Refika Aditama.

Maksudi, B. Iriawan (2017). Dasar-dasar Administrasi Publik, dari Klasik ke Kontemporer. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Miles, B. Mathew dan Michael H. (1992) (dalam Emzir, 2012). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Mohammad, T., Haning (2018). Tinjauan Dari Perspektif Administrasi Publik. JAKPP Jurnal Analisis Kebijakan dan Pelayanan Publik, Vol. 4 No. 1, p. 25-37.

Narendra, R.S., (2017). Efektivitas Birokrasi Pemerintahan. Sebagai Legalitas Pembangunan Demokrasi. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 4, No. 35. p. 30-41.

Prasojo, E., (20014). People and Society Empowerment: Perspektif Membangun Partisipasi Publik, Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, Vol. 4. No. 2, p. 10 –24.

Samodra, W., (2014). Reformasi Administrasi: Bunga Rampai Pemikiran Administrasi egara/ Publik, Yogyakarta: Gava Media.

Sedarmayanti (2016). Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan

Siagian, Sondang P., (2003). Administrasi Pembangunan: Konsep, Dimensi dan Strateginya, Bumi Aksara, Jakarta.

Sunarto, Kamanto (2004). Pengantar Sosiologi, Jakarta, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, hlm. 194-195.

Thoha (2012) (dalam Haning, 2018). Tinjauan Dari Perspektif Administrasi Publik. JAKPP Jurnal Analisis Kebijakan dan Pelayanan Publik, Vol. 4 No. 1, p. 25-37.

Ugyel, L., (2014). Explaining Hybridity in Public Administration: An Empirical Case of Bhutan's Civil Service. Public Administration and Development, 34(2), 109-122. Retrieved from https://onlinelibrary.wiley.com/doi/ abs/10.1002/pad.1685. doi:10.1002/pad.1685.

Waluyo (2007). Manajemen Publik, Konsep, Aplikasi dan Implemenasinya dalamPelaksanaan Otonomi Daerah, Mandar Maju.

Yudiatmaja, W,E., (2018). Politisasi Birokrasi: Pola Hubungan Politik dan Birokrasi di Indonesia, Jurnal Ilmu Administrasi Negara (JUAN), Vol. 2 . No. 19, p. 10-28.

Zulkarnain, Wildan (2013). Dinamika Kelompok:latihan kepemimpinan pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24853/kais.2.1.141-157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmu Sosial Indexed by:

     

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Kajian Ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan

Powered by Puskom-UMJ