EVALUASI DAN INDIKATOR KEBERHASILAN PROGRAM INTERVENSI SOSIAL UNTUK PERUBAHAN

Sokhivah Sokhivah

Abstract


Evaluasi merupakan suatu tahapan penting dalam keseluruhan program intervensi sosial.  Proses inilah yang akan menunjukkan apakah program intervensi sosial yang dilaksanakan telah menjawab persoalan yang muncul atau tidak, apakah program yang telah dilaksanakan benar-benar memenuhi kebutuhan klien atau tidak, sesuai dengan prosedur atau tidak dan bagaimana hambatan yang dialami.  Dengan kata lain, evaluasi merupakan proses penting yang harus dilaksanakan untuk melihat apakah suatu program intervensi sosial mengalami kegagalan atau keberhasilan. artikel ini disusun dengan menggunakan pendekatan studi literatur yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses evaluasi program intervensi sosial untuk perubahan secara komprehensif. Hasil dari penelitian ini untuk menunjukkan tahapan evaluasi dalam program intervensi sosial. Dimana proses intervensi sosial dilakukan dalam tiga tahapan yaitu pra intervensi, proses intervensi dan pasca intervensi sosial. Pada masing-masing tahapan, dilakukan evaluasi. Evaluasi pada tahapan pra intervensi sosial dilakukan melalui pengumpulan data, menjalankan asesmen dan penilaian struktur kelembagaan organisasi. Pada tahapan intervensi sosial, evaluasi dilakukan melalui evaluasi formatif. Dimana evaluasi formatif ini terdiri dari pretest, post-test dan focus grup. Ketiga proses evaluasi ini (pretest, post-test dan focus grup) dilakukan untuk memonitor kesesuaian intervensi dengan praktek-praktek pekerjaan sosial dan kesesuaian pendekatan, keterampilan dan teknik dengan masalah yang dihadapi klien. Sedangkan evaluasi pada tahapan pasca intervensi sosial melalui evaluasi sumatif. Evaluasi sumatif dilaksanakan dengan menggunakan focus grup, form, angket, ceklist, atau instrumen yang sesuai dengan indikator pencapaian yang hendak dinilai dan diukur sesuai dengan tujuan intervensi sosial yang dilakukan.

Kata Kunci : Evaluasi, Indikator Keberhasilan, Program, Intervensi Sosial


Full Text:

PDF

References


Ashman, K. K, & Hull, G. H, Jr. (1993). Understanding Generalist Practice. Chicago: Nelson Hall Publishers.

Brueggemann, W. G. (2002). The Practice of Macro Sosial Work, 2nd ed. Belmont.CA : Brooks/Cole.

Departemen Sosial RI. (2003). Pedoman Umum Pelaksanaan Intervensi Sosial Penyandang Cacat Dalam Panti. Jakarta: Direktorat Bina Pelayanan dan Rehabilitasi Penyandang Cacat.

Kettner,P., Moroney, M. & Martin, L.L.(1999). Designing and Managing Programs : An Effectiveness Based Approach, 2nd ed. Thousand Oaks :Sage Publisher.

Rothman, J. C. (2003). Sosial Work Practice across Disability. Boston: Allyn and Bacon

Soriano,F.I.(1995). Conducting Needs Assesments : A Multidisciplinary Approach. Newbury Park,CA : Sage Publisher

Wirkin, B. R. & James.(1995). Planning and Conducting Needs Assesmen. Newbury Park,CA:Sage Publisher`


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan
Powered by Puskom-UMJ