IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSBILITY (CSR) PT. BANK MANDIRI Tbk SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus di Desa Karacak, Leuwiliang Bogor)
Abstract
Corporate Social Responsbility (CSR) atau yang biasa disebut dengan tanggung jawab sosial perusahaan merupakan bagian penting dalam sebuah perusahaan, karena di negara Indonesia ada Undang-undang yang mengatur tentang sebuah kewajiban pelaksanaan CSR oleh perusahaan. Selain untuk mematuhi Undang-undang, Corporate Social Responsbility dilakukan juga karena kesadaran perusahaan dalam membantu negara mengentaskan kemiskinan. PT. Bank Mandiri mempunyai program CSR dengan pemberdayaan yaitu Mandiri Bersama Mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan program Corporate Social Responsbility, strategi yang dijalankan dan hasil program Mandiri Bersama Mandiri yang dilakukan oleh Bank Mandiri di Desa Karacak Leuwiliang Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu pengamatan obyek penelitian adapun pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi program Corporate Social Responsbility pada program Mandiri Bersama Mandiri yang dilakukan oleh Bank Mandiri secara garis besar terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi yang berorientasi pada output yang dirasakan kemanfaatannya oleh masyarakat. Implementasi program Corporate Social Responsbility yang dilaksanakan oleh Bank Mandiri melalui program pemberdayaan pertanian, mengembangkan potensi lokal dengan capaian hasil berupa hasil fisik dan non fisik. Hasil fisik yaitu dengan adanya program pemberdayaan Corporate Social Responsbility pada bidang pertanian sehingga masyarakat memiliki infrastruktur penunjang pertanian yang lebih baik dan adapun hasil non fisik ialah masyarakat bisa lebih mandiri dalam mengelola hasil pertanian yang mereka miliki, serta adanya tingkat kesadaran dari masyarakat tentang potensi sumber daya yang ada di Desa Karacak yang bisa dimanfaatkan untuk keberdayaan masyarakat.References
Adi, Isbandi, Rukminto. Intervensi Komunitas &
Pengembangan Masyarakat sebagai upaya
Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada, 2013.
Azheri, Busyra. Corporate Social Responsbility:
Dari Voluntary Menjadi Mandatory. Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada, 2012.
Suharto, Edi. Pekerjaan Sosial Di Dunia Industri
Memperkuat Tanggug Jawab Sosial
Perusahaan. Bandung: PT Reflika Aditama,
Nasdian, Ferdian Tonny. Pengembangan
Masyarakat. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor
Indonesia, 2014
Ruslan, Rosady. Metode Penelitian: Public
Realtions dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali
Pers, 2006.
Zubaedi. pengembangan Masyarakat Wacana &
Praktik. Jakarta: Kencana, 2012
Website
https://www.bps.go.id ( diakses pada tanggal 16
Oktober 2018)
http://m.cnnindonesia.com/ (diakses pada tanggal
November 2018)
http:// m.tribunnews.com/ diakses pada tanggal 03
April 2018
http://www.google.co.id/amp/m.jawapos.com/
diakses pada tanggal 17 November 2018
http://csr.bankmandiri.co.id , diakses pada 01 Juli