HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN ALTRUISME PADA MAHASISWA SEBUAH UNIVERSITAS SWASTA DI BEKASI

Putri Thasya Sona, Adi Fahrudin, Rijal Abdillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis dengan Altruisme Pada Mahasiswa Sebuah Universitas Swasta di Bekasi. Metode yang dipergunakan adalah metode kuantitatif dengan jumlah responden 102 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan pola asuh demokratis dengan altruism pada mahasiswa . Berdasarkan hal tersebut maka disarankan agar dalam penelitian selanjutnya meneliti kelompok sampel lain. Saran praktis dari hasil penelitian ini agar dijadikan masukan bagi orang tua agar dapat memberikan pola asuh yang tepat bagi anak mereka sehingga dapat menumbuhkan serta mengembangkan altruism dalam kehidupan mereka.

Kata kunci: Pola asuh, Demokratis, Altruisme, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.

Fatimah, S., & Uyun, Z. (2015). Hubungan Antara Empati dengan Perilaku Altruisme pada Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

Gibran, D. M. (2019). OPINI MAHASISWA : MENILIK PERAN MAHASISWA DALAM AKSI KEMANUSIAAN. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. https://fk.uii.ac.id/opini-mahasiswa-menilik-peran-mahasiswa-dalam-aksi-kemanusiaan/

Husnul, F. (2021). Hubungan Persepsi Pola Asuh Demokratis dengan Altruisme Pada Mahasiswa D-III Keperawatan Poltekkes Kemenkes Aceh. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH.

Hutapea, B., & Dewi, F. I. R. (2012). Peran Kebermaknaan Hidup dan Kepemimpinan Melayani Terhadap Kepuasan Hidup Sukarelawan Lembaga Swadaya Masyarakat. Insan, 14(3), 159–170.

KBBI. (n.d.). Mahasiswa. https://kbbi.web.id/mahasiswa

Mubtadiin, A. (2016). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Terhadap Perilaku Altruisme Pada Prodi Keperawatan SMK NU SUNAN AMPEL PONCOKUSUMO KAB.MALANG. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Periantalo, J. (2015). PENYUSUNAN SKALA PSIKOLOGI: Asyik, Mudah & Bermanfaat. Pustaka Pelajar.

Rismayanto, N. P. (2019). Pengaruh Big Five Personality, Locus Of Control, dan Konformitas Terhadap Altruisme Mahasiswa Jurusan Pendidikan.

Santoso, M. B. (2017). MENGURAI KONSEP DASAR MANUSIA SEBAGAI INDIVIDU MELALUI RELASI SOSIAL YANG DIBANGUNNYA. 4, 1–140.

Sarwono, S. W., & Meinarno, E. A. (2009). Psikologi Sosial (E. W. Meinarno (ed.)). Salemba Humanika.

Selvia, S. (2014). Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Perilaku Altruistik Di SMA Negeri 2 Percontohan Karang Baru Aceh Tamiang (Issue 1). Universitas Medan Area.

Sujarweni, V. W. (2018). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Pustaka Baru Press.

Zahra, S. A. (2014). Pengaruh kematangan emosi dan pola asuh orang tua terhadap altruisme pada mahasiswa uin syarif hidayatullah jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan
Powered by Puskom-UMJ