TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA

Amanda Nabilla, Almisar Hamid

Abstract


Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan pemberdayaan masyarakat pedesaan yang dilakukan melalu program corporate social responsibility (CSR). Latar belakang dari penelitian ini adalah masih banyaknya pelaksanaan CSR yang dilakukan perusahaan terhadap wilayah tempat perusahaan berdiri salah satunya pedesaan dengan tidak tepat guna dan tidak berkelanjutan. Dalam penelitian ini terdapat beberapa teori yang relevan dengan fokus pembahasan, yaitu teori pemberdayaan masyarakat, teori masyarakat pedesaan, dan teori corporate social responsibility (CSR). Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan memanfaatkan bahan literatur berupa jurnal, buku, dan artikel yang relevan dengan tema dan judul penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah pemberdayaan masyarakat merupakan metode yang ideal dalam pelaksanaan program CSR. Pada pemberdayaan masyarakat pedesaan perusahaan menerapkan pemberdayaan yang berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia untuk menciptakan sumber baru dalam meningkatkan kualitas kehidupan sosial, ekonomi, dan lingkungan masyarakat.

Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Masyarakat Pedesaan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan


Full Text:

PDF

References


Christens, D. Brian. (2012). Targeting empowerment in community development: a community psychology approach to enhancing local power and well-being. 538-546.

Najiati Sri, Agus Asmana, I Nyoman N. Suryadiputra. 2005. Pemberdayaan Masyarakat di Lahan Gambut. Bogor: Wetlands International -1P.

Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obot Indonesia.

Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: CV Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 Pasal 1 Ayat (3) Tentang Perseroan Terbatas

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 06 Tahun 2014 Tentang Desa

Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 Pasal 2 Ayat (1) Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas

Edy, Guntoro Surja. 2018. Pemberdayaan Masyarakat Desa dengan Produk Mebeler. Sukaharjo: CV Graha Printama Selaras.

Sujono, E. 2017. Mengembangkan Potensi Masyarakat di Desa dan Kelurahan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Tjilen, Alexander Phuk. 2019. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Lokal dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Local Community Economic Empowerment and Corporate Social Responsibility) (Teori, Konsep dan Implementasi Kebijakan Publik). Yogyakarta: Deepublish.

Winarti, 2011. Gotong Royong Sebagai Budaya Bangsa Indonesia. Klaten: Saka Mitra Kompetensi.

Ramlan & Eka, NAM Sihombing. 2021. Hukum Pemerintahan Desa. Medan: Enam Media.

Retnaningsih, Hartini. 2015. Permasalahan Corporate Social Responsibility (CSR)

dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat. Sekretariat Jendral DPR RI: Pusat Pengkajian, Pengelolaan Data dan Informasi (P3DI).

Alhaddi, H. 2015. Triple Bottom Line and Sustainability: A Literature Review. Wayne State University.

Triyono, Agus. 2014. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Community

Development Program Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) Pt. Holcim Indonesia Tbk Pabrik Cilacap. Surakarta: Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rosyida, Isma & Fredian Tonny Nasdian. 2011. Partisipasi Masyarakat dan

Stakeholder dalam Penyelenggaraan Program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Dampaknya Terhadap Komunitas Pedesaan. Fakultas Ekologi Manusia, IPB: Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat.

Laily, Elida Imro’atin Nur. 2015. Partisipasi Masyarakat dalam Perencanaan

Pembangunan Partisipatif. FISIP, Universitas Airlangga: Prodi Ilmu Administrasi Negara.

Nurbaiti, Siti Robiah & Azis Nur Bambang. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR). Universitas Diponegoro Semarang.

Hadi, Agus Purbathin. 2010. Konsep Pemberdayaan, Partisipasi dan Kelembagaan dalam Pembangunan. Yayasan Agribisnis/Pusat Pengembangan Masyarakat Agrikarya (PPMA)

Parawangsa, Rachmat & Indra Lestari. 2021. Corporate Social Responsibility PT. Semen Tonasa dalam Penanganan Fakir Miskin di Wilayah Pesisir Desa Bulu Cindea Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan. Universitas Indonesia: Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial.

Rahmadani, dkk. 2020. Fungsi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat. Universitas Padjajaran: Social Work Journal.

Fahrial, dkk. 2019. Pemanfaatan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Pembangunan Perekonomian Desa. Universitas Islam Riau.

Nayenggita, Gina Bunga, dkk. Praktik Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia. Universitas Padjajaran: Pusat Studi CSR, Kewirausahaan Sosial & Pemberdayaan Masyarakat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan
Powered by Puskom-UMJ