PERAN KETAHANAN KELUARGA DI MASA PANDEMI COVID-19

Heny Mustika Dewi, Moh Amin Tohari

Abstract


Ketahanan keluarga adalah kondisi dinamis suatu keluarga yang memiliki ketangguhan dan keuletan secara fisik, psikis, mental dan spiritual sehingga mampu mewujudkan kehidupan yang mandiri, mengembangkan diri dan keluarganya sehingga terbangun keluarga yang harmonis sejahtera lahir dan batin. Suatu keluarga dikatakan memiliki ketahanan dan kemandirian yang tinggi, apabila keluarga itu dapat berperan secara optimal dalam mewujudkan seluruh potensi anggota-anggota keluarganya. Bagi keluarga yang mampu menyelesaikan masalah dalam keluarga dengan baik maka akan semakin memperkuat ketahanan keluarga tersebut, sedangkan bagi keluarga yang tidak mampu, persoalan yang terjadi dalam keluarga akan menghancurkan kehidupan keluarga tersebut dan bahkan bisa berujung pada perceraian. Untuk itu menjadi penting bagi keluarga untuk menguatkan ketahanan keluarga di masa pandemi Covid-19 ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran ketahanan keluarga di masa pademi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode Kajian Pustaka, teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan Google Search, dalam Google Search peneliti memanfaatkan situs resmi yang dapat diakses di layanan Google Search yaitu Google Scholar. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa ketahanan  keluarga ada hubungannya dengan upaya pencegahan perceraian di masa pandemi Covid-19, karena dengan penguatan ketahanan keluarga dapat menjadi solusi ketika berada distituasi pandemi Covid-19 seperti saat ini agar keluarga dapat bangkit dari keterpurukan, mampu bertahan, dan berhasil dalam menghadapi situasi yang sulit sehingga dapat mencegah perceraian di masa pandemi Covid-19.

 Kata Kunci : Ketahanan Keluarga, Perceraian, Pandemi Covid-19


Full Text:

PDF

References


Azizah, N. (2020). Analisis Yuridis terhadap ketahanan keluarga di masa pandemi Covid 19: studi kasus keluarga pekerja harian lepas Desa Balongwono Trowulan Mojokerto (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Fauziah, A. S. N., Fauzi, A. N., & Ainayah, U. (2020). Analisis Maraknya Perceraian Pada Masa Covid 19. Mizan: Journal of Islamic Law, 4(2), 181-192.

Herfinanda, R., Puspitasari, A., Rahmadian, L., & Kaloeti, V. S. (2021, February). Family Resilience during the COVID-19 Pandemic: A Systematic Literature Study. In Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology (Vol. 1, No. 1).

Kristiyani, V., Khatimah, K., & No, J. A. U. (2020). Pengetahuan Tentang Membangun Resiliensi Keluarga ketika Mengahadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 232-237

Puspita, D. R., Dharma, P., & Nuraini, H. (2021). KETAHANAN KELUARGA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN BANYUMAS. Prosiding, 10(1).

Ramadhana, M. R. (2020). Mempersiapkan Ketahanan Keluarga Selama Adaptasi Kebiasaan Baru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependudukan Indonesia, 61-68.

Siahaan, R. (2012). Ketahanan sosial keluarga: perspektif pekerjaan sosial. Sosio Informa, 17(2).

Subardhini, M. (2021). Perceraian Di Masa Pandemi Covid-19: Masalah dan Solusi. Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung.

Thariq, M. (2017). Membangun Ketahanan Keluarga Dengan Komunikasi Interpersonal. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 3(1), 34-44.

Umam, K. (2020). Membangun Ketahanan Sosial Keluarga dalam Keberagaman. WELFARE: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 9 (1), 19–33.

Yunianto, D. (2020). Ketahanan Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Di Tengah Pandemi Covid 19. TA'DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1-12


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan
Powered by Puskom-UMJ