HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN STRES AKADEMIK AKIBAT PEMBELAJARAN HYBRID DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK X KOTA BEKASI

Denita Rahmawati, Adi Fahrudin, Rijal Abdillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui hubungan kontrol diri dengan stress akademik akibat pembelajaran hybrid dalam masa pandemic covid-19 di SMK X Kota Bekasi.. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Uji statistik yang digunakan uji korelasi Product Moment Pearson dilakukan  menggunakan program  SPSS versi 22. Jumlah populasi yang dijadikan sample dalam penelitian ini sebanyak 167 siswa SMK X, dengan melakukan penyebaran kuesioner pada 120 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan alasan kriteria penelitian ini sesuai untuk digunakan pada penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara kontrol diri dengan stres akademik.

Kata kunci: Kontrol Diri, Stres Akademik, Siswa


Full Text:

PDF

References


Amirulloh, F. dan W. (2015). Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Deskriptif Dan Eksplanatory. 48–62.

Alnajdi, S. M. (2014). Effect of Hybrid Learning in Higher Education. International Journal of Information and Communication Engineering, 8(5), 1292–1295.

Aroma, I. S., & Sumara, D. R. (2012). Hubungan antara tingkat kontrol diri dengan kecenderungan perilaku kenakalan remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 01(02), 1–6. journal.unair.ac.id/filerPDF/110810241_ringkasan.pdf

Azwar, S. (2019). Penyusunan Skala Psikologi (lima belas, p. 158).

Berk, E. L. (2012). Development Through The Lifespan. Pustaka Pelajar.

Busari, A. O. (2014). Academic stress among undergraduate students: Measuring the Effects of Stress Inoculation Techniques. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(27), 599–609. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n27p599

Bataineh, M. Z. (2013). Academic Stress Among Undergraduate Students: The Case Of Education Faculty At King Saud University. International Interdisclipinary Journal of Education, 82-88.

Chaplin. (2002). Rancangan Hipotetik Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self Control. Repository.Upi.Edu, 1(1), 26.

Campbell, dkk. (2020). Academic Stress among Tertiary Level Students: A Categorical Analysis of Academic Stress Scale in the Context of Bangladesh. Asian Journal of Advanced Research and Reports, 8(4), 2–16. https://journalajarr.com/index.php/AJARR/article/view/30203/56674

Doering, A. (2006). Adventure learning: Transformative hybrid online education. Distance Education, 27(2), 197–215. https://doi.org/10.1080/01587910600789571

Elvira, F. (2021). Hubungan Stres Akademik dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA Sederajat di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Muhammadiyah Malang, 1–48.

Fatimah, S., Suherman, M. M., Rohaeti, E. E., Duntari, R. A. A., & Hidayat, R. (2019). Hubungan Internal Locus of Control Dengan Stres Akademik Siswa Sman 2 Cimahi. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 27. https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v4i1.788

Fatmawati, K. (2020). “Hybrid Learning”, Solusi Kekhawatiran Belajar Tatap Muka Awal Tahun 2021. Kompas.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/21/183914971/hybrid-learning-solusi-kekhawatiran-belajar-tatap-muka-awal-tahun-2021?page=all)

Ferina Ulfa Nikmatun Erindana, H. F. (2021). PENYESUAIAN DIRI DAN STRES AKADEMIK MAHASISWA TAHUN PERTAMA. Jurnal Psikologi, 11-17.

Fkip.umsu.ac.id. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Hybrid Learning. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara FKIP.

Gaol, N. T. (2016). Teori Stres: Stimulus, Respons, dan Transaksional. Buletin Psikologi, 1-11.

Gunawan, d. (2021). Adaptasi Pembelajaran dengan Metode Hybrid Learning. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Hartono, A. W. Y. (2021). Peran Gaya Pengasuhan, Kontrol Diri, dan Kemampuan Adaptasi pada Tingkat Stres Akademik Siswa SMA selama Pembelajaran Online. Repository.Ipb.Ac.Id.

Ifdil Ifdil, Nikmarijal Nikmarijal, M. B. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. 5. https://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/198

Jatira, Y., & S, N. (2021). Fenomena Stress dan Pembiasaan Belajar Daring dimasa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.187

Jojon. (2021). Covid-19: Sekolah dengan pembelajaran tatap muka akan dibuka lagi di tengah tingkat infeksi yang masih tinggi, pengamat: “Logikanya di mana, ini bisa mengerikan.” BBC News Indonesia.

Juhendra. (2021). Kontrol Diri Sebagai Mediator Antara Stres Akademik Dengan Kecanduan Terhadap Smartphone Pada Siswa. Negeri Yogyakarta.

Kadipati, M. G., & Vijayalaxmi, A. H. M. (2012). STRESSORS OF ACADEMIC STRESS - A STUDY ON PRE-UNIVERSITY STUDENTS. https://www.ijsr.in/upload/428127980Paper 30.pdf

Lestari, V. P., & Dewi, D. K. (2018). Hubungan Efikasi Diri dan Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Damajanti Kusuma Dewi. Jurnal Penelitian Psikologi, 05, 1–6.

Lismatusadiah, & Marjohan. (2021). Relationship of Locus of Control with Academic Stress Student of SMA Negeri 7 Padang Universitas Negeri Padang. Neo Konselling, 3(1), 127–133. https://doi.org/10.24036/00367kons2021

Livana, Mubin, & Basthomi, Y. (2020). Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnsl Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.

M Nur Ghufron, R. R. S. (2010). Teori-teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.

Mahmudah, H., & Rusmawati, D. (2018). Hubungan Antara Kelekatan Anak-Orang Tua Dengan Stres Akademik Pada Siswa Sd N Srondol Wetan 02 Semarang Dengan Sistem Pembelajaran Full Day SchoolMahmudah, H., & Rusmawati, D. (2018). Hubungan Antara Kelekatan Anak-Orang Tua Dengan Stres Akademik Pada Si. Empati, 7(4), 33–42.

Makhin, M. (2021). Hybrid Learning: Model Pembelajaran pada Masa Pandemi di SD Negeri Bungurasih Waru Sidoarjo. Jurnal Manajemen Pendidikan, 96-103.

Marthen, Y. (2018). Pengaruh Kontrol Diri dan Stres Sekolah Terhadap Perilaku Membolos. Psikoborne, 526-532.

Meilizia Purwanti, P. S. (2016). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Jurnal Untan, 3.

Nuha, M. U. (2021). PENGARUH STRES AKADEMIK DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU CYBERLOAFING PADA MAHASISWA PSIKOLOGI ISLAM IAIN SALATIGA. 6.

Oktafiah Wildani Khairi, Fitroh Rahma, Wulandari Hastin, F. F. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik. Universitas Ahmad Dahlan, 142–149.

Periantalo, J. (2020). Penelitian kuantitatif untuk psikologi. Pustaka Pelajar.

Prof. Dr. Emzir, M. P. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan : Kuantitatif dan Kualitatif. Raja Grafindo.

Rahmawati, D. D. (2012). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Stres Akademik Pada Siswa Kelas I Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Di SMP Negeri 1 Medan. Skripsi.

Rahmawati, W. K. (2015). Keefektifan Peer Support untuk Meningkatkan Self Discipline Siswa SMP. Jurnal Konseling Indonesia, 2(1), 15–21.

Ray, J. V. (2011). Developmental trajectories of self-control: Assessing the stability hypothesis. Dissertation Abstracts International Section A: Humanities and Social Sciences, 72(6-A), 2163.

Periantalo. (2020). Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samsu, S. M. (2017). METODE PENELITIAN: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif,Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Simbolon, I. (2015). Reaksi Stres Akademis Mahasiswa Keperawatan Dengan Sistem Belajar Blok Di Fakultas Keperawatan X Bandung. Jurnal Skolastik Keperawatan, 1(01), 29–37. https://doi.org/10.35974/jsk.v1i01.16

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); pertama). ALFABETA ,CV, Bandung.

Tangney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2004). Tangney, Baumeister and Boone(2008)_High self‐control predicts good adjustment, less pathology, better grades, and interpersonal success.pdf. Journal of Personality, 2(April 2004), 54.

Waseso, A. P. (2020). Hubungan Stres Akademik Dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Meroko. Thesis, 7(1), 37–72.

Zahra, S. (2022). Hybrid Learning : Fakta Pelaksanaan dan Persoalannya. Republika.Co.Id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan
Powered by Puskom-UMJ