STRATEGI FUNDRAISING DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PROGRAM “TERSENYUM” RUMAH SOSIAL KUTUB JAKARTA SELATAN)

Stafhanie Dumas, Muhammad Sahrul, Sokhivah Sokhivah, Endang Rudiatin

Abstract


Lembaga Perlu ada alternatif sumber pendanaan untuk perputaran biaya operasional serta dalam kaitannya untuk menjalankan  program sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi fundraising di Lembaga Non-Profit yang merupakan bagian dari organisasi pelayanan sosial.. Rumah Sosial Kutub menjadi wadah terpercaya dalam pengelolaan sumber daya limbah minyak jelantah. Dengan adanya fenomena sosial pada lembaga Rumah Sosial Kutub dalam mendayagunakan hasil perolehan dana dari pengumpulan minyak jelantah, ini merupakan bentuk kepedulian Rumah Sosial Kutub terhadap Lingkungan yang bersih dan peduli terhadap pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini ditujukan dalam rangka mengetahui bagaimana strategi fundraising melalui program tersenyum untuk program pemberdayaan masyarakat. Penelitian lapangan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, serta menganalisis data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Lembaga Rumah Sosial Kutub dalam Program Tersenyum menggunakan metode Fundraising yaitu Face To face dan Campaign, strategi yang digunakan  dalam program tersenyum ini dengan sosialisasi langsung dengan masyarakat, serta melakukan  promosi untuk menghimpun minyak Jelantah melaui media komunikasi  seperti internet, website resmi, social media seperti IG dari Rumah Sosial Kutub. Dari metode fundraising yang diterapkan Rumah Sosial Kutub, masyarakat tertarik dengan program “tersenyum”. Hasilnya Rumah Sosial Kutub dapat mengumpulkan minyak jelantah dan hasil penjualan minyak jelantah berupa dana operasional untuk mendukung program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan menyesuaikan program yang ada masing-masing wilayah yang ikut serta dalam program “tersenyum” ini, seperti bantuan bahan pokok seperti minyak goreng, santunan kepada anak yatim, santunan kepada dhuafa, santunan kepada lansia jompo, serta bantuan asupan gizi bagi anak yang memiliki berat badan dibawah garis merah.

Kata kunci: Strategi Fundraising, Metode Fundraising, Pemberdayaan Masyarakat


Full Text:

PDF

References


Amrin, Abdullah. 2007. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah (Memenangkan Persaingan. Usaha Bisnis Asuransi Dan Bank Syariah Secara Syariah). (Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Dising, Julianus. 2006. Optimasi Proses Pembuatan Biodiesel dari Minyak Jelantah. Makassar : Jurusan Teknik Kimia UKI Paulus.

Faulkner, David. Johnson, Gerry. 1992. Seri Strategi Manajemen Strategi Manajemen The Challenge Of Strategic Management. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Huda, Miftahul. Pengelolaan Waqaf Dalam Perspektif Fundraishing.

Irfan el-Firdausy. 2009. Dahsyatnya Sedekah Meraih Berkah Dari Sedekah. Yogyakarta: Cemerlang Publishing.

Juwaini, Ahmad. 2005. Panduan Direct Mail untuk Fundraising. Depok: Piramedia

Purwanto, April. 2009. Manajemen Fundraising Bagi Organisasi Pengelola Zakat, Sukses. Yogyakarta

Rahkadima, Y., dan Purwati, P. A. (2011). Pembuatan Biodiesel dari Minyak Jelantah Melalui Proses Transesterifikasi Dengan Menggunakan CaO Sebagai Katalis.

Retnoningsih, Ana. Suharso. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: CV. Widya Karya.

Rozalinda. 2015. Manajemen Waqaf Produktif. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Soehartono, Irawan. 2015. METODE PENELITIAN SOSIAL Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung : PT. REMAJA ROSDAKARYA

Subianto, Achmad. 2004. Ringkasan Dan Bagaimana Membayar Zakat. Jakarta : Yayasan bermula darikanan

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sumodiningrat, Gunawan. 1999. Pemberdayaan Masyarakat Dan Jaringan Pengaman Social. Jakarta : Gramedia pustaka utama

Supratikno, Hendrawan. 2003. Advanced Strategic Manajement: Bact To Basic Approach. Jakarta: PT. Grafindo Persada

Sutisna, Endra. 2016. Fundraising Databese. Depok: Piramedia

Sutisna, Hendra. 2006. Fundraising Database. Depok

Afifah, Nurlaelatul. 2011. Strategi Fundraishing Program Pemberdayaan Ekonomi (Senyum Mandiri) Pada Rumah Zakat. Jakarta : Prodi Muamalat UIN Syarif Hidayatullah.

Budiman, Ahmad Arief. 2012. Good Governance Pada Lembaga Ziswaf: (Implementasi Pelibatan Pemangku Kepentingan dalam Pengelolaan Ziswaf). Semarang: Lembaga Penelitian IAIN Walisongo.

Azizah, Afina. Dkk. 2020. Strategi Fundraishing SOS Children’s Villages Indonesia Dalam Pandemi Covid-19. Jurnal Prosiding Penelitian&Pengabdian Kepada Masyarakat.Vol. 7, No. 2 hal 237-247. E ISSN : 2581-1126

Septiyani, Rahmi. Dkk. 2018. Telaah Strategi Fundraising Wakaf Tunai Mewujudkan Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus Kawasan Baitul Maal Hidayatullah Perwakilan Jawa Timur). Journal Of Economics &Business Sharia.Vol.1 No. 2 Mei-Juli 2018. ISSN : 2599-3526


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan

Powered by Puskom-UMJ