PENERAPAN ATTACHMENT BASED FAMILY THERAPY (ABFT) DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN DAN TUGAS KELEKATAN ORANG TUA UNTUK ANAK YANG DILANTARKAN

Mahatir Muhammad, Nazera Nur Utami

Abstract


Tujuan penelitian melihat penerapan pelaksanaan Attachment Based Family Therapy (ABFT) yang dapat meningkatkan kepedulian kepada anak terlantar dalam melakukan pendampingan. Orang tua akan melakukan aktivitas membangun attachment dengan melakukan pendampingan kepada anak sebagai fokus intervensi. Pendekatan penelitian dengan menggunakan penelitian secara kuantitatif dalam pola Single Subjek Desain (SSD). A-B-A yang meliputi tiga fase merupakan model penelitian yang digunakan. Menggunakan klien HN sebagai subjek dalam penelitian, fase A1 (baseline), A2 (intervensi), dan A3 (hasil) dalam melihat perkembangan klien H. Lembar rekaman pengamatan perilaku berfungsi sebagai instrumen. Wawancara, observasi, kuesioner, studi dokumentasi, dan pencatatan produk permanen adalah semua metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Menggunakan grafik, statistik deskriptif, dan analisis inspeksi visual, data yang diperoleh dianalisis. Ada dua jenis analisis inspeksi visual analisis sebelum melakukan intervensi dengan istilah sebelum dilakukan intervensi dan setelah intervensi. Menurut temuan penelitian, penerapan Attachment Based Family Therapy (ABFT) dapat di gunakan untuk  pengaruh peningkatan anak dalam memenuhi kebutuhan anak yang percaya bahwa mereka menerima bantuan dari orang tua dalam kegiatan untuk anak pemenuhan kebutuhan anak. Profesi pekerjaan sosial menjadi fokus rekomendasi penelitian ini untuk mengatasi masalah anak yang kurang memiliki keterikatan orang tua. Disarankan agar dikembangkan terapi Attachment dapat gunakan oleh pekerja sosial dalam merencanakan intervensi, dan lebih fleksibel dan spesifik untuk kebutuhan anak-anak untuk penelitian selanjutnya dalam meningkatkan pengasuhan yang akan dilakukan keluarga.

 

Kata kunci: attachment, therapy, kasi sayang, kepedulian.


Full Text:

PDF

References


Alfiyah, Zuraida Nisaul, Sri Hartatik, Nafiah Nafiah, and Sunanto Sunanto. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5): 3158–66.

Bagaskoro, Bayu. 2020. “Pengaruh Attachment Based Family Therapy (Abft) Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Anak Peserta Ulin Diajar Babarengan (Udiba) Di Desa Lembang Kec. Lembang Kab. Bandung Barat.” Jurnal Ilmiah Kebijakan dan Pelayanan Pekerjaan Sosial (Biyan) 2(1).

Fauziyah, Lilik. 2015. “Keefektifan Biblioterapi Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X-IPS 2 Di MA Sunan Kalijogo Tahun Pelajaran 2013/2014.” Simki Pedagogia.

Kusumastuti, Adhi, Ahmad Mustamil Khoiron, Taofan Ali Achmadi, and others. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Lebow, Jay L. 2005. Handbook of Clinical Family Therapy. John Wiley & Sons.

Muhammad, Mahatir, Tuti Kartika, and others. 2021. “PENGARUH ATTACHMENT BASED FAMIY THERAPY (ABFT) TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN PSIKOLOGIS ANAK YANG MENGALAMI KETERLANTARAN DI DESA CIKOLE KECAMATAN sLEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT.” PAPATUNG: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan dan Politik 4(1): 11–35.

Ramesti, Kartika Dian. 2020. “Upaya Pengasuhan Orang Tua Yang Memiliki Ekonomi Rendah Dalam Mengoptimalkan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Desa Karangrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri).” IAIN Kediri.

Rochmat, Cica Annisa Rochmat Annisa. 2015. “PENERAPAN TERAPI KELUARGA EKSPERIENTAL DAN TERAPI KELOMPOK SENSITIVITAS TERHADAP PERILAKU HISTRIONIC PERSONALITY DISORDER (HPD) PENYANDANG DISABILITAS TUBUH.” Pekerjaan Sosial 13(2).

Sugiyono, Dr. 2010. “Memahami Penelitian Kualitatif.”

Sukadi, Imam. 2013. “Tanggung Jawab Negara Terhadap Anak Terlantar Dalam Operasionalisasi Pemerintah Di Bidang Perlindungan Hak Anak.” De Jure: Jurnal Hukum dan Syar’iah 5(2): 117–33.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan
Powered by Puskom-UMJ