SPIRIT AL MAAUN DALAM PEMBELAJARAN “KESEJAHTERAAN SOSIAL DALAM ISLAM” PADA PRODI ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH DAN AISYIYAH (PTMA) SELURUH INDONESIA

Almisar Hamid, Moh Amin Tohari, Makmur Sunusi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui spirit Al Maaun dalam pembelajaran mata kuliah Al Islam III atau sebutan lain Kesejahteraan Sosialdan Islam. Pembelajaran  adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar (Undang – Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi pada Bab I (Ketentuan Umum) pasal 1 ayat 12. Keberhasilan suatu pembembelajaran ditentukan oleh banyak faktor, antara lain: pendidik, peserta didik, sarana dan prasarana dan lingkungan belajar. Keempat faktor tersebut dapat dikatakan sebagai komponen sitem yang membuat sistem bisa dinamis. Apabila salah satu komponen sistem mengalami kerusakan maka sebuah sistem tentunya tidak akan dinamis berfugsi. Dua dari komponen sistem itu yang sangat menentukan adalah pendidik/dosen dan anak didik/mahasiswa.   Dalam penelitian pendekatan   yang digunakan adalah kualitatif. Informan  dari dosen – dosen/para pendidik yang mengampu mata kuliah ini. Teknik pengumpulan data menggunakan focus Group Discussion (FGD) jarak jauh karena masih dalam suasana pandemi Covid 19. Temuan penelitian adalah ternyata penamaan matakuliah ini tidak sama di semua perguruan tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah seluruh Indonesia. Begitu juga dalam pembelajaran, spirit Al Maaun ada yang hanya dibahas di kelas dan ada juga penugasan mahasiswa kelapangan. Sebagai saran, penugasan mahasiswa ke lapangan sebaiknya menggunakan pendekatan pemberdayaan; bukan sekedar bantuan. Dalam perspektif kajian kesejahtraan sosial, bantuan dapat diberikan apabila seseorang belum atau  tidak produktif lagi.

 

Kata Kunci: Spirit Al Maaun, pembelajaran, kesejahteraan sosial


Full Text:

PDF

References


Arifin, Samsul. (2015). Rekonstruksi AIK PTM Sebagai Praksis Pendidikan Nilai. Jurnal Edukasi. Vol. 13 No. 2, Agustus.

Arsyad, Lincolin. (2016). Konsolidasi PTM/PTA yang kuat, berdaya saing dan berkemajuan. Warta PTM Edisi Maret – April 2016

Arum, Richard, and Josipa Roksa. (2011). Academically Adrift: Limited Learning on College Campuses. Chicago: University of Chicago Press.

A J, Nitko & Brookhart, SM. (2011). Educational Assessment of Students. Boston: Pearson Education, Inc.

Antonio Syafii, Muhammad, Dr,M.Ec. (2008). Muhammad SAW; The Super Leader, and Manager. Jakarta: Tazkia Publishing

Arifin, Zainal. (2011). Evaluasi Pembelajaran; Teknik – prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.

Azhar Muhammad, dkk. (2000). Pemikiran Keislaman Muhammadiyah; Antara purifikasi dan dinamisasi. LPPI UMY.

Bakri, Masykuri, Hilmy Masdar. (2016). Dinamika Pendidikan Islam. Malang: Madani.

Barnet, Ronald and Soren Bengtsen. (2017). Universities and Epistemology: From a Dissolotion of Knowledge to the Emergence of a New Thinking. Education Sciences

Gandara, Ridza. (2012). Kehebatan Islam dalam Pendidikan. Edutama Publishing.

Hafiduddin, Didin. (1998). Dakwah Aktual. Jakarta: Gema Insani Press.

Hambali, Hamdan. (2008). Suara Muhammadiyah. Yogyakarta.

Hanafi, Yusuf. (2016). Transformasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum: Paradigma Normatif – Doktriner menuju Historis – Kontekstual. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri malang. Vol. 23 No. 1, April.

Hikmat, Harry. (2010). Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Humaniora Utama Press.

Husaini, Adian. (2012). Pendidikan Islam Membentuk Insan berkarakter & Berada. Jakarta: Cakrawala Publishing.

Ife, Jim dan Tesoriepo Frank. (2008). Community Development; Alternatif Pengembangan Masyarakat di era globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irawan Prasetya. (2009). Penelitian Kualitatif & Kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Departemen Ilmu Adminitrasi FISIP UI.

Kamal Pasha, Musthafa dan Adabi Darban Ahmad. (2002). Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam; dalam Perspektif Historis dan Ideologis. LPPI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an: Tafsir Al Qur’an Tematik, Jilid 1(2014), Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia;

__________ Tafsir Al-Qur’an Tematik Jilid 8 (2014)

Latif, Hilman. (2010). Melayani Umat; Filantropi Islam dan Ideologi Kesejahteraan Kaum Modernis. Jakarta: PT Gramedia.

Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM). (2015). Jihad Keberdayaan, Model-Model Pemberdayaan Masyarakat. LAZISMU.

Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (2015). Profile Amal Usaha Muhammadiyah. Yogyakarta: MPIPPM.

Modul Pelatihan Community Development. (2013). PT Bukit Asam TBK – Pusat Inkubasi Bisnis (PINBUK) Jakarta

Mu’ti, Abdul .(2009). Islam berkemajuan. Jakarta: Al-Wasat.

Mulkhan, Andul Munir. (2013). KH Ahmad Dahlan: Ajaran dan pemikiran. Yogyakarta: Galang Press.

__________, (2010). Menggugat Modernitas Muhammadiyah; Refleksi Satu Abad Perjalanan Muhammadiyah. Jakarta: Best Media Utama.

__________, (2010). Jejak Pembaharuan Sosial dan Kemanusiaan

Kiai Ahmad Dahlan. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

______, (2010). Pesan dan Kisah Kiai Ahmad Dahlan dalam Hikmah Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Nashir, Haedar. (2010). Muhammadiyah Abad kedua. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Nashir, Haidar. (2001). Ideologi Gerakan Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Nata Abuddin, H. (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

___________, (2016). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Prenadamedia.

___________ (2009). Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Rahardjo, M. Dawam. (2010). Satu Abad Muhammadiyah; Mengkaji Ulang Arah Pembaruan, Paramadina dan ELSAF. Jakarta.

Razik, Taher A, Swanson, Austin D. (1995). Fundamental Concept of Educational Leadership and Managemen, Merril. Columbia: an imprint of Prentice hall Neu Jersey

Ridjaluddin F.N. (2009). Filsafat Penddikan Islam; Pandangan Beberapa Tokoh. Pustaka Kajian Islam FAI UHAMKA.

Riyanto Yatim. (2009). Pradigma Pembelajaran; Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang efektif dan Berkalitas. Jakarta: Kencana Prenadamedia group.

Rohman, Izza. (2016). Tafsir Al-Ma’un dengan Metode Tujuh Tafsir. Ciputat: Al – Wasat Publishing House.

Rukminto Adi, Isbandi. (2003). Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas. Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran; Berorientasi Standar, Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana; Divisi dari Prenadamedia Group.

Samani, Muchlas, Hariyanto. (2014). Pendidikan Karakter. Remaja Rosda Karya.

Samiun Jazuli, Ahzami. (2006). Kehidupan dalam Pandangan Al-Qur’an. Jakarta: Penerbit Gema Insani.

Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran; Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia group.

Soetomo. (2011). Pemberdayaan Masyarakat; Mungkinkah Muncul Antitesisnya?. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Stufflebeam, Daniel L and Coryn, Chris L.S. (2014). Evaluation Theory, Models, & Applications. San Francisco: Jossey – Bas A Wiley Brand.

Stufflebeam, Daniel L and Madaus, George F and Kellaghan, Thomas, Evaluation Models; Viewpoints on Education and Human Servises Evaluation Second Edition (2000), Kluwer Academic Publishers, New York, Boston, Dordrecht, London, Moscow.

Subali, Bambang. (2012). Prinsip Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Sucipto, Hery dan Ramly Najamuddin. (2005). Tajdid Muhammadiyah; Dari Ahmad Dahlan Hingga Amad Syafii Maarif. Jakarta: Grafindo.

Sutarto, Edi. (2014). Pemimpin Cinta: Mengelola Sekolah, Guru dan Siswa dengan Pendekatan Cinta. Penerbit Kaifa.

Sutrisno, H, Suyatno. (2015). Pendidikan Islam di era Peradaban Moderen. Jakarta: Prenadamedia.

Syafii Maarif, Ahmad. Teologi Al Ma’un Muhammadiyah, dalam http://www.republika.co.id/berita/kolom/resonansi/12/08/07

Tafsir Ibnu Katsir (Terjemahan). (2013). Penerbit Pustaka Imam Asy-Syafi’i

Tim Pedoman Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah. (2013). Buku Pedoman Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah, diterbitkan oleh Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Yaumi, Muhammad. (2013). Prinsip-Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia group.

Yusuf, Yunan M, Chaidir Piet Hizbullah, Editor. (2000. Filsafat Pendidikan Muhammadiyah. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan

Powered by Puskom-UMJ