PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS FISIK MELALUI PROGRAM KETERAMPILAN DI PANTI SOSIAL BINA DAKSA BUDI BHAKTI JAKARTA BARAT

Afifah Az-Zahra, Almisar Hamid

Abstract


Penyandang disabilitas memiliki keterbatasan dibagian anggota tubuh yang menyebabkan adanya hambatan dalam diri mereka dan mengalami stigma negatif ketidakberdayaan dalam lingkungan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman bahwa penyandang disabilitas memiliki hak untuk mendapatkan perlakuan yang adil dengan memberikan sebuah daya yang berasal dari pemberdayaan seperti yang dilakukan oleh PSBD Budi Bhakti yang mempunyai program pemberdayaan melalui program keterampilan, selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses program pemberdayaan keterampilan, faktor pendukung dan penghambat program tersebut dan mengetahui hasil yang dirasakan oleh WBS. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mencari informasi data Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan yang dilakukan oleh PSBD Budi Bhakti melalui dua kecenderungan yaitu kecenderungan primer dan kecenderungan sekunder dimana terlihat adanya perubahan dan peningkatan WBS dilihat dari segi pola pikir yang jauh lebih maju dan positif, bertambahnya wawasan mengenai keterampilan, terciptanya kemandirian yang dapat memberikan daya dalam kemampuan mereka, dan meningkatnya kualitas mutu diri penyandang disabilitas. Adanya faktor pendukung yang berkaitan dengan sarana prasarana, dana APBD, dan lingkungan yang baik dan mendukung, lalu faktor penghambat berkaitan dengan penyaluran WBS dan penjualan produk keterampilan.

 

Kata Kunci: Pemberdayaan, Keterampilan, Penyandang Disabilitas


Full Text:

PDF

References


Adi, Isbandi Rukminto. 2002. Pemikiran-Pemikiran Dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomsi UI.

________________¬__. 2003. Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas: Pengantar Pada Pemikiran dan Pendekatan Praktis. Jakarta: Fakultas Ekonomi UI.

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Biro Humas Masyarakat Kemeterian Sosial RI. (2020). Kemensos Dorong Aksesibilitas Informasi Ramah Penyndang Disabilitas. Diakses pada 6 Oktober 2021.

Dhairrya Ariel Pandita & Erna Herwati, (2019). Pemberdayaan Sosial dan Ekonomi pada Kelompok Penyandang Disabilitas Fisik di Kota Bandung. Jurnal: Anthropology. Vol: 4, No: 1. Juli 2019. DOI : 10.24198/umbara.v4i1.19039

Fahrudin, Adi. 2012. Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: PT Refika Aditama

Haslindah, (2019). Metode Pembinaan Anak Disabilitas Dalam Meningkatkan Aksesibilitas Sosial di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Gowa. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. PMI Konsentrasi Kesejahteraan Sosial. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Lestari Ayu Fani, (2020). Efektivitas Program Kewirausahaan Bagi Disabilitas Tuli di Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (GERKATIN). Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Kesejahteraan Sosial. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Moh Nashir Hasan, (2018). Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Oleh DPC PPDI Kota Semarang). Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyanah, Argenti Gili & Rizki Moch Faizal, (2021). Efektivitas Program Pemberdayaan Keterampilan Bagi Penyandang Disabilitas oleh Dinas Sosial Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Jurnal: Government and Political Studies. Vol: 4, No: 1. April 2021. DOI:10.32662/gjgops.v4i1.1382

Rajuminropa. 2003. Pemberdayaan Anak dari Keluarga Miskin. Jakarta: Universitas Indonesia, Ilmu Kesejahteraan Sosial.

Safei, Agus Ahmad. 2001. Manajemen Pemberdayaan Masyarakat Islam. Bandung: PT Gerbang Masyarakat Baru.

Sholehah Iffatus, (2017). Pemberdayaan Difabel Melalui Asset Based Approach. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan. Vol: 1, No: 1, hal. 157-176. DOI:10.14421/jpm.2017.011-09

Sitompul Nopita & Rahayu Sri, (2019). Evaluasi Program Bantuan Bagi Penyandang Disabilitas Netra Menggunakan Model Countenance Stake di BBRSPDSN Wiyata Guna Bandung. Jurnal: Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial. Vol: 43, No: 2. 117-128.DOI:10.31105/mipks.v43i2.2143

Soehartono, Irawan. 2015. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soemardjan. 2002. Pendidikan Keterampilan. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerja Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Sulistiyani, Ambar Teguh. 2004. Kemitraan dan Model-model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media.

Undang-Undang No 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Convention On The Right Of Persons With Disabilities (Konvesi Mengenai Hak-hak Penyandang Disabilitas).

Undang-Undang No 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas

Yasin Muhammad Ihsan & Nurliana Cipta Apsari, (2020). Pembinaan Orang Dengan Disabilitas Rungu Untuk Mendapatkan Pekerjaan. Jurnal: Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol: 7,No: 2. Agustus 2020. e ISSN : 2581-1126 p ISSN : 2442-448X


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan
Powered by Puskom-UMJ