ADVOKASI PEKERJAAN SOSIAL TERHADAP DISKRIMINASI PADA KAUM PENYANDANG DISABILITAS DI DUNIA KERJA

Ero Ayu Ajeng Bahrudin

Abstract


Penelitian ini memuat kajian terkait bagaimana advokasi pekerja sosial terhadap diskriminasi pada kaum penyandang disabilitas di dunia kerja. Beberapa indikator sosial ekonomi menunjukkan bahwa penyandang disabilitas belum sepenuhnya mendapatkan kesejahteraan yang diharapkan. Sebagai contoh, di Indonesia sendiri, 71,4% penduduk penyandang disabilitas adalah pekerja informal. Adapun salah satu penyebabnya adalah  dikarenakan oleh kurangnya akses ke pasar tenaga kerja, dimana penyandang disabilitas kerap kali mengalami permasalahan diskriminasi di dunia kerja yang membuat kaum penyandang disabilitas kurang mendapatkan kesempatan dalam mewujudkan kesetaraan dan mendapatkan hak-haknya dalam hal pekerjaan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait bagaimana advokasi pekerjaan sosial terhadap diskriminasi yang terjadi pada penyandang disabilitas di dunia kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode library research, yaitu berasal dari e-book dan e-journal yang terkait. Adapun hasil penelitian ini menjelaskan bahwa advokasi pekerjaan sosial sangat dibutuhkan dalam upaya membantu penyandang disabilitas memperoleh hak dan kesempatan serta kesetaraan seperti yang lainnya, advokasi pekerjaan sosial dapat dilakukan dengan cara mengadvokasi kebijakannya. Undang-undang No.8/2016 perlu diadakan revisi kembali dan di evaluasi implementasinya mengingat bahwa pada kenyataannya masih belum terpenuhinya hak penyandang disabilitas pada lapangan pekerjaan dan  data (akses bekerja) untuk penyandang disabilitas yang masih minim. Selain itu terdapatnya rekrutmen yang tidak sesuai menimbulkan kendala bagi penyandang disabilitas. Sehingga penyandang disabilitas harus mendapatkan perhatian khusus. Perluasan akses tenaga kerja dan perlindungan di tempat kerja perlu untuk didiskusikan perwujudannya dalam kebijakan. Dengan dilakukannya advokasi tentu diharapkan dapat mampu mendorong peningkatan kesempatan kerja yang lebih luas agar dapat mewujudkan penyandang disabilitas yang sejahtera, mandiri, dan non diskriminasi.

Kata kunci: Advokasi, Pekerjaan Sosial, Diskriminasi, Disabilitas


Full Text:

PDF

References


Allo, E.A.T. (2022). Penyandang Disabilitas di Indonesia. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol. 9, No. 2. Hal: 807-812.

Database Peraturan BPK RI. (2017). Peraturan Undang-Undang tentang Penyandang Disabilitas.

Hidayatullah, F., dkk. (2022). Analisis Implementasi Kebijakan Rekrutmen Tenaga Kerja Disabilitas di Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta. Jurnal Kewarganegaraan. Vol. 6, No.3. Oktober: 6276-6286.

Kemenpppa, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (2019). Pengertian, Jenis dan Hak Penyandang Disabilitas. Jakarta: Sistem Perlindungan Anak Berkebutuhan Khusus: Perlindungan Anak Kelompok Minoritas dan Penyandang Disabilitas.

Makmun, S. & Rohim. (2021). Advokasi Kelompok Disabilitas Melalui Media Sosial. Majalah Ilmiah “Dian Ilmu”. Vol. 20, No. 2. April: 165-181.

Ningsih, A. D. (2022). Penyandang Disabilitas, Antara Hak dan Kewajiban. Jurnal Generasi Tarbiyah; Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1, No.2. Desember: 92-100.

Priamsari, RR.P.A. (2019). Hukum Yang Berkeadilan Bagi Penyandang Disabilitas. Masalah-Masalah Hukum. Vol. 48, No.2. April: 215-223.

Rizky, U.F. (2015). Kebijakan Kampus Inklusif Bagi Penyandang Disabilitas. Repository Universitas Brawijaya. Malang: Universitas Brawijaya.

Widinarsih, D. (2019). Penyandang Disabilitas di Indonesia: Perkembangan Istilah dan Definisi. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial. Vol. 20, No.2. Oktober: 127-142.

Yulaswati, V., dkk. (2021). Tinjauan Peningkatan Akses dan Taraf Hidup Penyandang Disabilitas Indonesia : Aspek Sosioekonomi dan Yuridi. Edisi Pertama. Jakarta: Staf Ahli Menteri Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, Kementerian PPN/Bappenas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan
Powered by Puskom-UMJ