TRAUMA HEALING OLEH MUHAMMADIYAH DISASTER MANAGEMENT CENTER (MDMC) PADA ANAK PASCA BENCANA TANAH LONGSOR DI SUKAJAYA-BOGOR

Alfan Ramdoni, Retor Aquinaldo Wirabuanaputera Kaligis

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai trauma healing yang dilakukan oleh relawan Muhammadiyah Disaster Management Center Kabupaten Bogor terhadap perkembangan emosi anak pasca bencana tanah longsor di Sukajaya-Bogor. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasca terjadinya bencana tanah longsor di Sukajaya-Bogor, anak yang berada di sekitar titik terjadinya longsor mengalami trauma, dengan adanya program trauma healing yang dilakukan oleh relawan Muhammadiyah Disaster Management Center Kabupaten Bogor berdampak positif bagi kondisi anak yang mengalami trauma. Namun tidak menutup kemungkinan gejala trauma pada anak muncul kembali mengingat proses trauma healing yang terpaksa harus dihentikan karena adanya wabah Covid-19.

Kata kunci: trauma, penyembuhan trauma, bencana, tanah longsor


Full Text:

PDF

References


A. Syamsuddin, (1990). Psikologi Pendidikan (Edisi Revisi), Bandung: Remaja Rosda Karya

Ahmad, Susanto, (2011). Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar dalam Berbagai Aspeknya). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Artherton dan Klemmack dalam Irawan, Soehartono, (2011). Metode Penelitian Sosial Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Bevaola, Kusumasari, (2014). Manajemen Bencana dan Kapabilitas Pemerintah Lokal, Yogyakarta: Gava Media

Citra, Widyastuti, dkk, (2019). Play Therapy Sebagai Bentuk Penanganan Konseling Trauma Healing pada Anak Usia Dini, Yogyakarta, HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, Vol. 16, No. 1

D. Goleman, (1995). Kecerdasan Emosional: Mengapa EQ lebih penting dari pada IQ (terjemahan), Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Drever, James, (1988). Kamus Psikologi. (Jakarta:Bina Aksara)

Dwi, Utari Nugroho, dkk, (2012). Sekolah Petra (Penanganan Trauma) Bagi Anak Korban Bencana Alam, Jurnal Ilmiah Mahasiswa, FKM Universitas Diponegoro, Vol 2 No. 2

Elizabeth, B. Hurlock, (1997). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima, terj., Jakarta: Erlangga

Hardiyatmo, H.C., (2006). Mekanika Tanah I, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Herdiansyah, Haris, (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika

Isbandi, Rukminto A., (2013). Kesejahteraan Sosial (Pekerjaan Sosial, Pembangunan Sosial, dan Kajian Pembangunan), Depok: PT Rajagrafindo Persada

J.R, Raco, M.E, (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulan, Jakarta : PT.Grasindo

K.Yin, Robert, (2012). Studi Kasus Desain dan Metode, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Khazanah, (2010). Trauma Healing, Majalah prospek No 6 Tahun 2 Triwulan 4

Kusmawati, Hatta, (2015). Peran Orang Tua dalam Proses Pemulihan Trauma Anak, Banda Aceh: Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Vol. 1, No. 2

M. Nasir, Djamil, (2013). Anak Bukan Untuk Dihukum, Jakarta: Sinar Grafika

M. Yakub, dkk, (2020). Tafsir Musibah, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah

M.A. Mansur, (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Lembaga Penanggulangan Bencana Pimpinan Pusat Muhammad, (2015). Fikih Kebencanaan Keputusan Musyawarah Nasional Tarjih Ke-29 Tahun 2015 di Yogyakarta, Yogyakarta: Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Lembaga Penanggulangan Bencana Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Mark, Durand. V & H. Barlow, David, (2006). Intisari Psikologi Abnormal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Masjudin, dkk, (2019). KKN KBM Berbasis Masjid Sebagai Model Trauma Healing Berkelanjutan Pasca Gempa di Lombok Utara, NTB, SASAMBO: Jurnal Abdimas (Journal of Community Empowerment), Vol 1, No. 1

Nurjanah, dkk, (2012). Manajemen Bencana, Bandung: Alfabeta

Nyoman, Kutha Ratna, (2010). Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada umumnya, Yogyakarta: pustaka pelajar

OSHO, (2008). Belajar Efektif Mengelola: Mengubah Ketakutan, Kemarahan, dan Kecemburuan Menjadi Energi Kreatif, Yogyakarta: Pustaka Baca

Putri, Dona Eka & Risana, Rachmatan, (2005). Metode-metode dalam Mengatasi Stres akibat Tsunami pada Keluarga Korban Tsunami Aceh, Proceeding Seminar Nasional PESAT, Jakarta: Universitas Gunadarma

Qaiyim, Asy’ari, (2018). Analisis Dampak Sosial Ekonomi Pasca Bencana di Kabupaten, Pamekasan, Journal of Management and Accounting, Vol. 1 No. 2

Ratna, Megawangi, dkk, (2006). Membantu Anak Pulih dari Trauma Bencana (Petunjuk Praktik bagi Guru dan Orangtua), Jakarta: Penerbit Republika

Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofyan, (2001). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Soehatman, Ramli, (2010). Pedoman Praktis Manajemen Bencana (Disaster Management), Jakarta: Dian Rakyat

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia

Sukandarrumidi, (2012). Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Tim M. Farid, (ed.), (2003). Pengertian Konvensi Hak Anak, Jakarta: Harapan Prima

Tirza, T Laluyan, dkk, (2007). Pemulihan Trauma: Panduan Praktis Pemulihan Trauma Akibat Bencana Alam, Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Undang-undang No 23 tahun 2002, (2007). tentang perlindungan anak, Jakarta: Visimedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan
Powered by Puskom-UMJ