TRAUMA HEALING OLEH MUHAMMADIYAH DISASTER MANAGEMENT CENTER (MDMC) PADA ANAK PASCA BENCANA TANAH LONGSOR DI SUKAJAYA-BOGOR
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai trauma healing yang dilakukan oleh relawan Muhammadiyah Disaster Management Center Kabupaten Bogor terhadap perkembangan emosi anak pasca bencana tanah longsor di Sukajaya-Bogor. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasca terjadinya bencana tanah longsor di Sukajaya-Bogor, anak yang berada di sekitar titik terjadinya longsor mengalami trauma, dengan adanya program trauma healing yang dilakukan oleh relawan Muhammadiyah Disaster Management Center Kabupaten Bogor berdampak positif bagi kondisi anak yang mengalami trauma. Namun tidak menutup kemungkinan gejala trauma pada anak muncul kembali mengingat proses trauma healing yang terpaksa harus dihentikan karena adanya wabah Covid-19.
Kata kunci: trauma, penyembuhan trauma, bencana, tanah longsor
Full Text:
PDFReferences
A. Syamsuddin, (1990). Psikologi Pendidikan (Edisi Revisi), Bandung: Remaja Rosda Karya
Ahmad, Susanto, (2011). Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar dalam Berbagai Aspeknya). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Artherton dan Klemmack dalam Irawan, Soehartono, (2011). Metode Penelitian Sosial Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Bevaola, Kusumasari, (2014). Manajemen Bencana dan Kapabilitas Pemerintah Lokal, Yogyakarta: Gava Media
Citra, Widyastuti, dkk, (2019). Play Therapy Sebagai Bentuk Penanganan Konseling Trauma Healing pada Anak Usia Dini, Yogyakarta, HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, Vol. 16, No. 1
D. Goleman, (1995). Kecerdasan Emosional: Mengapa EQ lebih penting dari pada IQ (terjemahan), Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Drever, James, (1988). Kamus Psikologi. (Jakarta:Bina Aksara)
Dwi, Utari Nugroho, dkk, (2012). Sekolah Petra (Penanganan Trauma) Bagi Anak Korban Bencana Alam, Jurnal Ilmiah Mahasiswa, FKM Universitas Diponegoro, Vol 2 No. 2
Elizabeth, B. Hurlock, (1997). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima, terj., Jakarta: Erlangga
Hardiyatmo, H.C., (2006). Mekanika Tanah I, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Herdiansyah, Haris, (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika
Isbandi, Rukminto A., (2013). Kesejahteraan Sosial (Pekerjaan Sosial, Pembangunan Sosial, dan Kajian Pembangunan), Depok: PT Rajagrafindo Persada
J.R, Raco, M.E, (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulan, Jakarta : PT.Grasindo
K.Yin, Robert, (2012). Studi Kasus Desain dan Metode, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Khazanah, (2010). Trauma Healing, Majalah prospek No 6 Tahun 2 Triwulan 4
Kusmawati, Hatta, (2015). Peran Orang Tua dalam Proses Pemulihan Trauma Anak, Banda Aceh: Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Vol. 1, No. 2
M. Nasir, Djamil, (2013). Anak Bukan Untuk Dihukum, Jakarta: Sinar Grafika
M. Yakub, dkk, (2020). Tafsir Musibah, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah
M.A. Mansur, (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Lembaga Penanggulangan Bencana Pimpinan Pusat Muhammad, (2015). Fikih Kebencanaan Keputusan Musyawarah Nasional Tarjih Ke-29 Tahun 2015 di Yogyakarta, Yogyakarta: Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Lembaga Penanggulangan Bencana Pimpinan Pusat Muhammadiyah
Mark, Durand. V & H. Barlow, David, (2006). Intisari Psikologi Abnormal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Masjudin, dkk, (2019). KKN KBM Berbasis Masjid Sebagai Model Trauma Healing Berkelanjutan Pasca Gempa di Lombok Utara, NTB, SASAMBO: Jurnal Abdimas (Journal of Community Empowerment), Vol 1, No. 1
Nurjanah, dkk, (2012). Manajemen Bencana, Bandung: Alfabeta
Nyoman, Kutha Ratna, (2010). Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada umumnya, Yogyakarta: pustaka pelajar
OSHO, (2008). Belajar Efektif Mengelola: Mengubah Ketakutan, Kemarahan, dan Kecemburuan Menjadi Energi Kreatif, Yogyakarta: Pustaka Baca
Putri, Dona Eka & Risana, Rachmatan, (2005). Metode-metode dalam Mengatasi Stres akibat Tsunami pada Keluarga Korban Tsunami Aceh, Proceeding Seminar Nasional PESAT, Jakarta: Universitas Gunadarma
Qaiyim, Asy’ari, (2018). Analisis Dampak Sosial Ekonomi Pasca Bencana di Kabupaten, Pamekasan, Journal of Management and Accounting, Vol. 1 No. 2
Ratna, Megawangi, dkk, (2006). Membantu Anak Pulih dari Trauma Bencana (Petunjuk Praktik bagi Guru dan Orangtua), Jakarta: Penerbit Republika
Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofyan, (2001). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Soehatman, Ramli, (2010). Pedoman Praktis Manajemen Bencana (Disaster Management), Jakarta: Dian Rakyat
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia
Sukandarrumidi, (2012). Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Tim M. Farid, (ed.), (2003). Pengertian Konvensi Hak Anak, Jakarta: Harapan Prima
Tirza, T Laluyan, dkk, (2007). Pemulihan Trauma: Panduan Praktis Pemulihan Trauma Akibat Bencana Alam, Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
Undang-undang No 23 tahun 2002, (2007). tentang perlindungan anak, Jakarta: Visimedia
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan