Situational Theory of Leadership dalam Organisasi Pelayanan Kemanusiaan Pada Gaya Kepemimpinan di IYOIN LC Tangerang Tahun 2018-2019

Ayu Alya Zahra

Abstract


Kepemimpinan merupakan suatu hal yang memiliki pengaruh dan kuasa untuk mempengaruhi juga menggerakkan bawahannya dalam lingkup yang dipimpinnya. Sebagai pemimpin dalam menjalankan dan melakukan fungsi serta perannya biasanya mereka mempunyai sekaligus menerapkan gaya juga pendekatan dalam menjalankan organisasi yang dipimpin olehnya. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis teori situasional dalam kepemimpinannya pada kegiatan peduli Tangerang di IYOIN LC Tangerang dan itu menjadi tujuan penelitian untuk mengetahui gaya apa yang paling diterapkan dalam kepemimpinannya. Teori yang memiliki fokus pada bawahan atau pengikutnya. Dimana, berhasilnya kepemimpinan bergantung pada bagaimana tingkat kesiapan juga kedewasaan bawahannya. Metode ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat gaya kepemimpinan yang dikemukakan oleh Hersey dan Blanchard bahwa informan lebih kepada selling dalam gaya kepemimpinannya dan sangat efektif dan efisien dalam melihat bawahannya dan pembagian tugas dan menghasilkan efektifitas pemimpin yang tinggi juga tercapainya tujuan bersama yang sudah ditetapkan.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Organisasi, Pelayanan, Teori Situasional


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, A., Anggriani, R., Rodhi, M. N., Cahyadi, I., Irany, R. B. F. B. F., Jauhari, M. T., ... & Fadila, M. (2020). Pelatihan Manajemen Organisasi dan Kepemimpinan di Kelurahan Batulayar, Desa Batulayar, Lombok Barat. ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1-10.

Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen. Ae Publishing.

Astuti, A. R. T. (2019). Manajemen Organisasi (Teori dan Kasus). IAIN Parepare Nusantara Press.

Babbie, E. (2013). The Practice of Social Research (13th Ed). Wadsworth: Cengage Learning

Bryman, A. (2012). Social research methods (4th Ed). New York: Oxford University Press.

Latifah, Z. (2021). Pentingnya Kepemimpinan dalam Organisasi. Proceeding: Islamic University of Kalimantan.

Pramudyo, A. (2013). Implementasi manajemen kepemimpinan dalam pencapaian tujuan organisasi. Jurnal bisnis, manajemen, dan akuntansi, 1(2).

Raharjo, S. T. (2002). Manajemen Relawan Pada Organisasi Pelayanan Sosial. Sosiohumaniora, 4(3), 1.

Rifa’i, H. M., & Fadhli, M. (2013). Manajemen organisasi. Cv. Pusdikra Mitra Jaya.

Uzonwanne, F. (2015). Leadership styles and decision‐making models among corporate leaders in non‐profit organizations in North America. Journal of Public Affairs, 15(3), 287-299.

Waller, D. J., Smith, S. R., & Warnock, J. T. (1989). Situational theory of leadership. American Journal of Health-System Pharmacy, 46(11), 2336-2341.

Wahjono, S. I. (2010). Model Kepemimpinan Situasional Pada Perusahaan Keluarga (kasus UKM di Sentra Industri Wedoro Sidoarjo). BISMA (Bisnis dan Manajemen), 3(1), 1-14.

Wijono, S. (2018). Kepemimpinan dalam perspektif organisasi. Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan
Powered by Puskom-UMJ