Dampak Agrowisata Paloh Naga Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Muhammad Rizki Fadhli, Mujahiddin Mujahiddin

Abstract


Pariwisata merupakan salah satu industri yang memberikan banyak kontribusi kepada sektor-sektor produktif yang dapat menunjang fasilitas wisata. Dilihat dari kondisi geografisnya, Indonesia merupakan negara agraris dengan sumber daya alam yang melimpah, hal ini dapat dimanfaatkan dan dikembang sebagai lokasi wisata, dewasa ini konsep wisata Agro paling banyak diminati dalam pengembangan sumber daya yang dimiliki oleh setiap daerah. Adanya Agrowisata disebuah daerah dapat menjadi aset penting dalam menyumbang pendapatan daerah dan menjadi ajang bagi kreativitas daerah untuk memperkenalkan ciri khas dan produk daerah. Agrowisata Paloh Naga merupakan objek wisata yang menyuguhkan pemandangan hamparan sawah seluas mata memandang, dengan spot foto dan juga wisata budaya yang di tawarkan pengelola, agrowisata Paloh Naga menjadi salah satu alat perputaran ekonomi yang ada di desa Denai Lama. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk melihat dampak agrowisata paloh naga dalam pemberdayaan ekonomi dimasyarakatnya. Adanya Agrowisata Paloh Naga memberikan dampak yang signifikan bagi pemasukan daerah, di masyarakat juga dapat merasakan dampak dari adanya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan. Salah satu aspek ekonomi yang dirasakan masyarakat dengan adanya agrowisata adalah terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, selain itu masyarakat juga diberikan pelatihan sebagai modal dasar bagi masyarakat dalam bekerja di lingkup pariwisata, dengan terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat menjadikan pendapatan mereka meningkat sehingga kesejahteraan perlahan menghampiri masyarakat.

Kata Kunci: Agrowisata, Pemberdayaan Ekonomi, Masyarakat


Full Text:

PDF

References


Budiasa, I. W. (2011). Konsep dan Potensi Pengembangan Agrowisata di Bali. dwijenAGRO .

Febriana, N., & Meirinawati. (2021). Manajemen Strategi Pengelolaan Desa Agrowisata Oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Watesari Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. Publika Journal .

Hapsoro, N. A., & Bangun, K. (2020). Perkembangan Pembangunan Berkelanjutan Dilihat dari Aspek Ekonomi di Indonesia. Lakar Journal Arsitektur , 88-96.

Ngoyo, M. F. (2015). Mengawal Sustainable Development Goals (SDGs) Meluruskan Orientasi Pembangunan Yang Berkeadilan. Journal Ilmiah Sosiologi Agama .

Pantiyasa, I. W. (2018). Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism) Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Journal Ilmiah Hospitality Management .

Santosa, I., & Prioyono, R. E. (2012). Diseminasi Model Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pengelolaan Agrowisata. Mimbar , 181-190.

Simanjuntak, A. L. (2021). Dampak Agrowisata Padi Sawah Paloh Naga Terhadap Aspek Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Desa Denai Lama) Kabupaten Deli Serdang. Skripsi, Universitas Quality, Medan.

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Repository .

Zalikha, A., Yoga, G. P., Melati, & Hermain, H. (2021). Membangun Kesadaran Peluang Agrowisata di Desa Denai Lama. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 2, 292-297


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan
Powered by Puskom-UMJ