PENGASUHAN SEBAGAI PREDIKTOR PERILAKU MENYIMPANG PADA REMAJA

Meilani Simbolon, Yuarini Wahyu Pertiwi, Ditta Febrieta

Abstract


Masa remaja merupakan masa yang rentan untuk seseorang terlibat dalam perilaku menyimpang yang merupakan suatu tindakan yang bertentangan dengan norma-norma yang berlaku dalam suatu sistem sosial masyarakat yang terjadi secara sadar atau tidak sadar. Saat ini, perilaku menyimpang remaja banyak diberitakan di berbagai media di mana banyak anak  remaja  sudah  mengenal  rokok,  narkoba, free  sex, tawuran  pencurian, dan  terlibat banyak  tindakan  kriminal  lainnya  yang menyimpang dari norma-norma  yang berlaku di masyarakat dan bahkan berurusan dengan hukum. Perilaku menyimpang tidak bisa disimpulkan sebagai tindakan murni yang dilakukan oleh diri sendiri melainkan dari pengaruh dari orang lain salah satunya keluarga yaitu orang tua, hal ini karena pengasuhan orang tua berperan terhadap perkembangan anak dimasa mendatang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengasuhan memprediksi perilaku menyimpang pada remaja. Tipe penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Siswa SMK X Kota Bekasi. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 90 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah quota sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala pengasuhan dan skala perilaku menyimpang. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai koefisien korelasi antara variabel pengasuhan dengan perilaku menyimpang -0,332** dengan taraf sig (2-tailed) sebesar 0,001 (p< 0,05) sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara pengasuhan terhadap perilaku menyimpang di SMK X Kota Bekasi. Hasil penelitian berdasarkan uji regresi menunjukkan adanya pengaruh pengasuhan, pengasuhan memberikan sumbangan sebesar 11,1% terhadap perilaku menyimpang.

 

Kata kunci: Perilaku, Menyimpang, Pengasuhan, Remaja, Pengasuhan.


Full Text:

PDF

References


Agustin, Lia. 2017. “Sikap Orang Tua Terhadap Perilaku Merokok Pada Remaja.” Kebidanan 6(1):1–8.

Anisah. 2011. “Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 5(1):70–84.

Anwar, Hafri Khaidir, Martunis, and Fajriani. 2019. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas Pada Remaja Di Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling 4(2):9–18.

Ayun, Qurrotu. 2017. “Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5(1):102.

Fatimah, Siti, and Muhammad Towil Umuri. 2014. “Faktor-Faktor Penyebab Kenakalan Remaja Di Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul.” Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 4(1):87–96.

Hardiyanto, Sigit, and Elfi Syahri Romadhona. 2018. “Remaja Dan Perilaku Menyimpang (Studi Kasus Remaja Di Kota Padangsidimpuan).” Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi 2(1):23–32.

Hari, Harjanto. 2014. “Pola Pengasuhan Keluarga Dalam Proses Perkembangan Anak.” Sosio Informa 19(200):284–300.

Hisyam, Ciek Julyanti, and Abdul Rahman Hamid. 2015. “Sosiologi Perilaku Menyimpang.” 161.

Kartono. 2014. Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.

Korua, Sally Febriyanti, Esrom Kanine, and Hendro Bidjuni. 2015. “Perilaku Bullying Pada Remaja Smk Negeri 1 Manado.” E-Journal Keperawatan (e-Kp) 3(2):1–7.

Novasari, Tria, and I. made Suwanda. 2016. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial ( Studi Pada Siswa Kelas X SMKN 5 Surabaya ).” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 03(04):1991–2005.

Nur Utami, Adristinindya Citra, and Santoso Tri Raharjo. 2021. “Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja.” Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial 4(1):1.

Nuri, Muhammad Soffan. 2016. “Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara: Studi Kasus Pelaksanaan Sistem Among Di SDN Timbulharjo Bantul.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(5):129–40.

Periantalo, Jelpa M. .. 2016. Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. pustaka belajar.

Pratiwi, Lusiana. 2019. “Peran Orang Tua Dalam Mencegah Kenakalan Remaja Desa Gintungan Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo.” Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(1):75–83.

Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data Dengan SPSS 20. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET (ANDI).

Santrock, J. 2012. Life-Span Development(Perkembangan Masa Hidup). Erlangga.

Shochib, Moch. 2010. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Displin Diri Sebagai Pribadi Yang Berkarakter. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suyanto. 2010. Pendidikan Karakter Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan.

Tridonanto. 2014. “Mengembangkan Pola Asuh Demokratis.”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan
Powered by Puskom-UMJ