ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI SESEORANG MENJADI PENGAMEN

Silvi Khoerunnisa, Widina Asihtigusti, Rifdah Nur Dzakiyyah, Putri Oktaviana, Rama Wijaya Abdul Razak

Abstract


Abstrak

 

Fenomena maraknya pengamen di kota-kota besar membuat pandangan yang berbeda-beda di kalangan masyarakat. Mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi seseorang menjadi pengamen dapat membantu mengurangi stigma terkait dengan pekerjaan pengamen dengan memberikan pemahaman tentang latar belakang dan tantangan yang dihadapi oleh mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi atau memengaruhi seseorang memilih pekerjaan sebagai pengamen dibandingkan pekerjaan lainnya. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara semi terstruktur untuk menggali informasi secara lebih mendalam dari partisipan. Partisipan penelitian yang kami lakukan merupakan 3 orang pengamen jalanan yang mengamen menggunakan alat musik, partisipan yang kami temui berusia remaja dan dewasa serta memiliki pengalaman bekerja  sebagai pengamen selama 4-9 tahun. Terdapat beberapa alasan utama yang mendorong sesorang memilih pekerjaan pengamen, seperti tingkat pendidikan yang rendah, dimana banyak lembaga atau perusahaan yang mengharuskan pelamar memiliki ijazah minimal sampai jenjang SMA. Sedangkan partisipan yang kami temui hanya mengenyam pendidikan sampai jenjang SMP. Fleksibilitas waktu bekerja sebagai pengamen juga menjadi alasan yang kuat mengapa mereka memilih pekerjaan ini.  

 

Kata kunci: pengamen, faktor-faktor, pekerjaan

 


Full Text:

PDF

References


Amalia, N., & Sugiharti, L. (2020). Perkembangan Tingkat Pengembalian Investasi Pendidikan Menengah di Indonesia Tahun 2015 dan 2018. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 20(2), 231–252. https://doi.org/10.21002/jepi.2020.14

Arifin, S. (n.d.). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Kesempatan Kerja Terhadap Pengangguran Di Provinsi Banten.

Basrowi dan Siti Juariyah. (2010). 577-1885-1-PB. Analisis Kondisi Sosial Ekonomi Dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Volume 7(Jurnal Ekonomi & Pendidikan).

Bramasta, B., & Setyo Jadmiko, R. (2023). Analisis Faktor Penyebab Keberadaan Pengamen Jalanan Di Kabupaten Tulungagung. Wahana Sekolah Dasar, 28(1), 72–79.

Damayanti, R., & Hikmah, N. (n.d.). Syarat Berpenampilan Menarik Pada Informasi Lowongan Pekerjaan Sebagai Salah Satu Diskriminasi Dalam Dunia Kerja. https://free.facebook.com/loker.utama/photos/a.2681

Diajukan, S., Persyaratan, M., Gelar, M., Sosial, S., Sos, S., & Hilmi, J. (2015). Fenomena Keberadaan Pengamen Anak Di Lingkungan Wisata; Studi Kasus Pengamen Anak Di Lingkungan Wisata Kota Tua Jakarta Oleh.

Dwi Mesti Febriani. (2022). Analisis Semiotika Pada Istilah Good Looking.

Masyarakat, D., Sosiologi, J., Jalanan, O., Kota, D. I., & Kartono, D. T. (2018a). Orkhestra Jalanan di Kota (Vol. 2, Issue 1).

Niken Pusparini, P., & Gani, I. (n.d.). Studi Tentang Penghidupan Berkelanjutan Pengamen Anak Di Kota Samarinda.

Penyusun, N., Satrio, :, & Setiawan, A. (n.d.). Persetujuan Skripsi.

Septi Ningsih Fakultas Dakwah dan Komunikasi, A., & Walisongo Semarang, U. (n.d.). Pengaruh Penampilan Dalam Hubungan Kerja.

Tabita, O., Kembuan, Y., Matheosz, J. N., & Pratiknjo, M. H. (2021). Kehidupan Pengamen Jalanan Di Kawasan Boulevard Kota Manado (Vol. 14, Issue 1).

Yang, S., Anak, E., Sebagai, J., & Di, P. (n.d.). PERSETUJUAN PEMBIMBING.

Yasir Yunan, Z., Dhiana Labieboen, C., Nurhanisa, D., NurFaizah, E., Nurhaliza, S., & Kesejahteraan Sosial, P. (2023a). Permasalahan Pengamen Di Ibu Kota Jakarta Dalam Aspek Pendidikan, Ekonomi, Dan Keterampilan. In Journal of Social Work and Social Services (Vol. 4, Issue 1).

Yuniarti, N. (2012). Eksploitasi Anak Jalanan Sebagai Pengamen Dan Pengemis Di Terminal Tidar Oleh Keluarga. In Komunitas (Vol. 4, Issue 2). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/komunitas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan
Powered by Puskom-UMJ