RUANG LINGKUP EMPLOYEE ASSISTANCE PROGRAM DI KOMPAS GRAMEDIA JAKARTA

Authors

  • Fadhlan Arrasyid Hadi Zein Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sokhivah Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Salah satu upaya pemberian bantuan terhadap permasalahan karyawan di tempat kerja adalah melalui Employee Assistance Program (EAP) yang dinilai sebagai program intervensi proaktif dan reaktif dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan karyawan yang berdampak negatif terhadap kinerja dan kesejahteraannya. Salah satu perusahaan di Indonesia yang melaksanakan Employee Assistance Program adalah Kompas Gramedia Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ruang lingkup Employee Assistance Program di Kompas Gramedia Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta penentuan informan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan Employee Assistance Program pada Kompas Gramedia Jakarta telah mengembangkan perencanaan program melalui tiga layanan utama, yaitu medical center, pojok konseling, dan pojok finansial. Intervensi yang diberikan pojok konseling untuk menangani permasalahan mental yaitu behavior therapy, CBT, mindfulness, brainspotting, hingga meditasi.

Downloads

Published

2025-07-25