PENGEMBANGAN PROGRAM SOSIAL MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK PENINGKATAN KAPASITAS KEWIRAUSAHAAN LULUSAN SMA (SEDERAJAT)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keefektifan program pelatihan digital marketing dalam meningkatkan kompetensi kewirausahaan lulusan SMA (sederajat). Latar belakangnya adalah rendahnya keterampilan kewirausahaan digital di kalangan lulusan SMA dalam menghadapi dunia kerja dan kewirausahaan berbasis digital. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Dick and Carey. Sampel penelitian terdiri dari 31 peserta pelatihan digital marketing. Instrumen yang digunakan termasuk angket, wawancara, pre-test, dan post-test. Hasil validasi program oleh ahli desain pembelajaran (94%) dan ahli materi kewirausahaan (100%) menunjukkan bahwa program pelatihan sangat valid. Uji coba program menunjukkan efektivitas sebesar 68%, yang mengindikasikan bahwa program ini efektif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa program pelatihan digital marketing efektif untuk meningkatkan kompetensi kewirausahaan digital lulusan SMA dan dapat menjadi solusi dalam membekali keterampilan digital yang aplikatif di era ekonomi digital.. Kata kunci: Pengembangan, Pelatihan Digital Marketing, Kewirausahaan, Lulusan SMA (sederajat)Downloads
Published
2025-07-25
Issue
Section
Articles