KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN SOSIAL DI KALANGAN ANGGOTA TNI YANG MENGALAMI DISABILITAS: STUDI DI PUSAT REHABILITASI KEMENTERIAN PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA
Abstract
Orang dengan penyandang disabilitas meningkat jumlahnya dari waktu ke waktu. Sebagai seseorang yang memiliki keterbatasan fisik, tentu saja membutuhkan layanan sosial untuk membantu kelangsungan hidupnya, ketika ia telah mendapatkan layanan sosial, apakah seseorang dapat merasakan kepuasan dengan layanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan signifikan terhadap kepuasan antara klien yang telah menerima pelayanan sosial dengan yang belum menerima. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang disabilitas di Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Dengan menggunakan purposive sampling, diperoleh subjek penelitian (N = 150) yang dibagi menjadi dua kelompok (75 klien sebagai subjek penelitian kelompok eksperimen, mereka yang telah menerima pelayanan sosial, dan 75 klien sebagai kelompok kontrol, yang belum menerima pelayanan sosial). Alat ukur yang digunakan adalah Reid-Gundlach Social Service Satisfaction Scale (R-GSSSS), dan analisisnya menggunakan uji statistik U Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari tiga aspek yaitu relevansi, dampak dan kesenangan terhadap pelayanan sosial antara klien yang telah menerima layanan sosial dengan yang belum menerima. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar pemberian pelayanan sosial kepada anggota TNI disabilitas di Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan.
Kata Kunci : Kepuasan, Pelayanan Sosial, Anggota TNI Penyandang Cacat.Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan