PENGARUH INTERVENSI PENYULUHAN SOSIAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA TENTANG PERUNDUNGAN DI SMP MUHAMMADIYAH PURASEDA

Alfan Ramdoni, Adi Fahrudin

Abstract


Tingkah laku anak yang menunjukan perilaku bullying sering terjadi di likungan sekolah, tempat tinggal ataupun di lingkungan bermainnya. Hal ini sangat menyedihkan, mengingat anak seharusnya mendapatkan keamanan dan kenyamanan di lingkungannya. media masa saat ini banyak memberitakan mengenai tindakan bullying yang dilakukan oleh anak-anak maupun remaja pada zaman sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh intervensi berupa penyuluhan terhadap pengetahuan dan sikap siswa terhadap perundungan. Penelitian ini dilakuan pada bulan januari 2018 di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Puraseda Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperiment menggunakan desain penelitian Non Randomized Control Group Pretest Postest. Sampel pada penelitian ini Sebanyak 104 siswa kelas VII yang terdiri 52 orang untuk kelompok eksperimen dan 52 orang kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pengetahuan dan sikap terhadap perundungan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa intervensi yang dilakukan berupa penyuluhan efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa terhadap perundangan. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan agar kegiatan penyuluhan dapat diteruskan dan diperluas ke sekolah-sekolah lain, dan juga membuka peluang peranan pekerja sosial sekolah dalam mengatasi masalah perundungan di sekolah.

Kata Kunci      : Intervensi, Penyuluhan, Pengetahuan, Sikap, Perundungan


Full Text:

PDF

References


Amademen Undang-Undang Perlidungan Anak. 2015. UU RI No. 35 Tahun 2014. Redaksi Sinar Grafika. Jakarta.

Astuti,y P. R. (2008). 3 Cara meredam bullying. PT. Gramedia Widasarana. Jakarta.

Dokumen SMP Muhammadiyah Puraseda Leuwiliang Bogor tahun ajaran 2017/2018.

Hidayati, N (2012), ‘Bullying pada anak: analisis dan alternatif solusi’, Insan, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik, Vol. 14, No. 1.

http://kbbi.web.id/keras diakses tanggal 07 maret 2017

http://kbbi.web.id/rundung diakses tanggal 07 maret 2017

Huraerah, A. (2012). Kekerasan terhadap anak. Nuansa Cendekia. Bandung.

Karina, K, Hastuti, D & Alfiansari (2013), ‘Perilaku Bullying dan karakter remaja serta kaitannya dengan karakteristik keluarga dan peer group’, Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, Vol. 6, No 1.

Kholilah, M. (2012). Hubungan tingkat pengetahuan remaja tentang bullying dengan perilaku bullying pada siswa kelas xi di sma smen gresik. Sekolah Tingi Ilmu Kesehatan Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya. Skripsi

Levianti, (2008). ‘Koformitas dan bullying pada siswa’.Jurnal Psikologi, Vol. 6, No. 1.

Maghfirah, U & Rachmawati M.A. (2009). Hubungan Iklim sekolah dengan kecenderungan perilaku byullying. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Mariati, M., Hastuti, L., & Saleh, I. (2016), ‘Hubungan pengetahuan dan sikap bidan dengan perilaku bidan dalam pelaksanaan program inisiasi menyusu dini di kabupaten bengkayang’, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Ningsih, Serly Widia, (2017). Pengaruh pelatihan pencegahan bullying terhadap pengetahuan dan sikap siswa terhadap bullying di smp negri 11 yogyakarta. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammaddiyah Yogyakarta. Skripsi

Notoatmodjo. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. PT. Rineka Cipta. Jakarta

Prayunika, D. (2016). Gambaran perilaku bullying pada remaja di smp negri 11 dan smp muhammadiyah 3 yogyakarta. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammaddiyah Yogyakarta. Skripsi

Rohman, M. Z. (2016). Hubungan antara usia, tingkatan kelas, dan jenis kelamin dengan kecenderungan menjadi korban bullying. Poltekes Kepmenkes. Malang.

Saptandari, E.W & Adiyanti, M.G (2013), ‘Mengurangi bullying elalui program pelatihan guru peduli’, Jurnal Psikologi, Vol. 40, No. 2.

Setyawan, D (2014), Kasus bullying dan pendidikan karakter, komisi perlindungan anak indonesia, dilihat 24 Maret 2017, http://www.kpai.go.id/berita/kpai-kasus-bullying-dan-pendidikan-karakter/.

Sitasari, N.W (2016), ‘Pengetahuan dan keterampilan dalam menangani perilaku bullying’, Forum Ilmiah, Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul, Vol. 13, No. 2.

Sulistyowati, F.S. (2014). Pengaruh lingkungan sekolah dan pengetahuan terhadap perilaku kekerasan di kalangan pelajar. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Skripsi

Surilena, (2016). ‘Perilaku bullying (perundungan) pada anak dan remaja’, Jurnal CDK, Vol. 43, No. 1.

Suyanto, B. (2010). Masalah sosial anak. Kencana Prenanda Media Group. Jakarta.

Syahbana, A (2012), ‘Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan contextual teaching and learning’, Journal Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 1.

Syamita, E.L. (2016). Gambaran perilaku bullying pada remaja di smp negri 11 dan smp muhammadiyah 3 yogyakarta. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammaddiyah Yogyakarta. Yogyakarta. Skripsi diakses pada tangal 25 Januari 2018. http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7341?show=full

Yusuf, H & Fahrudin, A (2012), ‘Perilaku bullying: asesmen multidimensi dan intervensi sosial’. Jurnal Psikologi, Vol. 11, No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Kesejahteraan Sosial
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat
Tangerang Selatan
Powered by Puskom-UMJ