ANALISIS PENURUNAN TANAH MENGGUNAKAN METODE VACUUM CONSOLIDATION DENGAN VARIASI JARAK PEMASANGAN PVD

Annur Dhuha Ahsan, Gusneli Yanti, Shanti Wahyuni Megasari

Abstract


Hasil investigasi tanah pada lokasi perpanjangan runway diperoleh bahwa kondisi tanah relatif lunak dan berjenis tanah lempung yang ditandai dengan nilai N-SPT ≤ 10 pada kedalaman 8,7 m. Pembangunan yang dilaksanakan di atas tanah lunak akan berakibat pada penurunan tanah dasar yang sangat besar dalam periode waktu yang lama, sehingga tanah dasar tidak kuat memikul beban diatasnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui waktu dan besarnya penurunan yang terjadi pada tanah untuk dapat mencapai konsolidasi 90% menggunakan metode vacuum consolidation dengan variasi jarak pemasangan PVD. Perbaikan tanah menggunakan metode vacuum consolidation dengan melakukan variasi jarak pemasangan PVD sebesar 0,5 m, 0,75 m, dan 1,0 m. Pada penelitian ini dilakukan pola segitiga dan tanpa smear zone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan besar dan waktu penurunan tanah saat dilakukan perbaikan tanah dengan metode vacuum consolidation. Nilai yang tertinggi diperoleh dengan jarak pemasangan PVD sebesar 0,50 m yaitu menghasilkan waktu untuk mencapai derajat konsolidasi 90% yang lebih cepat selama 15 hari dan besar penurunan yang terjadi adalah sebesar 1,737 m.


Keywords


Konsolidasi; Penurunan Tanah; PVD; Vacuum Consolidation

Full Text:

PDF

References


Puspita, N. and Saggaf, A. (2018). “Pengaruh VCM ( Vacuum Consolidation Method ) Pada Tanah Gambut : Review,”. Seminar Nasional AVoER X, Palembang, 31 Oktober 2018, 209–216.

Oktavian, E. P. (2019). “Perencanaan Perbaikan Tanah Pada Pembangunan Jalan Tol Pematang Panggang – Kayu Agung, Sumatera Selatan Dengan Metode Preloading Kombinasi Prefabricated Vertical Drain dan Prefabricated Horizontal Drain”. Skripsi, Universitas Jember, Jember.

Fadhillah, H. M. (2018). “Perencanaan Perbaikan Tanah Lunak Pada Pembangunan Cluster D Kawasan Kota Summarecon Bandung Menggunakan Kombinasi Metode Vacuum Consolidation Dengan Prefabricated Vertical Drain”. Skripsi, Universitas Brawijaya, Malang.

Irfan, D. Yusa, M. and Fatnanta, F. (2021). “Pengaruh Efek Smear Terhadap Pola Pemasangan dan Jarak Pemasangan Pada Perbaikan Tanah Dengan Prefabricated Vertical Drain (Studi Kasus : Proyek Perpanjangan Runway Sultan Thaha Syaifuddin, Provinsi Jambi)”. Jurnal Teknik, Vol. 15, 35–42.

Aspar, W. A. N. and Fitriani, E. N. (2016). “Pengaruh Jarak dan Pola Prefabricated Vertical Drain ( PVD ) Pada Perbaikan Tanah Lempung Lunak”. Majalah Ilmiah Pengkajian Industri, Vol. 10, 41–50.

Malik, A. and Ardan, M. (2019). “Analisa Runway Di Bandara Senubung Gayo Lues Aceh”. Journal of Civil Engineering, Building and Transportation, Vol. 3, 11–18.

Noviani, S. (2011). “Perencanaan Penambahan Runway Di Bandara Untuk 10 Tahun Ke Depan dengan Metode Support Vector Regression”. Skripsi, Universitas Indonesia, Depok.

Ferdian, F. Jefri, M. and Iswan. (2015). “Pengaruh Penambahan Pasir Terhadap Tingkat Kepadatan dan Daya Dukung Tanah Lempung Lunak Organik”. Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain, Vol. 3, 145–156.

Hardiyatmo, H. C. (2014). Mekanika Tanah 2, Edisi-V. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Das, B. M. (1995). Mekanika Tanah Rekayasa (Prinsip - prinsip Rekayasa Geoteknis) jilid I. Erlangga, Surabaya.

Zhafirah, A. and Amalia, D. “Perencanaan Preloading Dengan Penggunaan Prefabricated Vertical Drain Untuk Perbaikan Tanah Lunak Pada Jalan Tol Pejagan-Pemalang”. Potensi : Jurnal Sipil Politeknik. Vol. 21, 10–18.

Puspita, N. and Capri, A. (2017). “Analisa Penurunan Tanah Lunak Dengan Beberapa Metode Konsolidasi Pada Proyek Jalan Tol Palindra”. Jurnal Penelitian dan Kajian Bidang Teknik Sipil, Vol. 6, 17–24.

Kuswanda, W. P. (2015). “Problematika Pembangunan Infrastruktur Pada Tanah Lempung Lunak dan Alternatif Metoda Penanganannya”. Prosiding Semnas Teknik Sipil Universitas Lampung Pembangunan Berkelanjutan di Lahan Basah, Surabaya, 16-17 Oktober 2015, 270–288.

Wardana, A. B. (2019). “Evaluasi Perbaikan Tanah Lunak Menggunakan Metode Observasional (Studi Kasus Metode Vacuum Consolidation System Di Pembangunan Jalan Tol Pematang Panggang – Kayu Agung, Sumatera Selatan)”. Skripsi, Universitas Jember, Jember.

Winner, D. (2017). “Perbaikan Tanah Dasar Menggunakan Pre-Fabricated Vertical Drain dengan Variasi Kedalaman dan Perkuatan Lereng dengan Turap Studi Kasus : Lapangan Penumpukan Peti Kemas, Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalimantan Selatan”. Tugas Akhir, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Okpatiasari, P. Tiara, L. Wardanai, S. P. R. and Hardiyati, S. (2018). “Analisis Goteknik Pada Taxiway di Proyek Pengembangan Bandara Ahmad Yani Semarang”. Jurnal Karya Teknik Sipil, Vol. 7, 121–130.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.13.1.54-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ