PERENCANAAN DESAIN PINTU AIR OTOMATIS SEBAGAI UPAYA MITIGASI GENANGAN AKIBAT PASANG AIR SUNGAI (JL. BELITUNG KOTA BANJARMASIN)

Muhammad Fitriansyah, Ichwan Setiawan, Muhammad Yusuf Ridhani

Abstract


Kota Banjarmasin dikenal dengan sebutan kota seribu sungai. Dimana kota Banjarmasin banyak ditemukan sungai-sungai besar maupun sungai-sungai kecil. Dengan julukan kota seribu sungai, tidak dimungkinkan kota Banjarmasin terlepas dari permasalahan banjir yang di akibatkan oleh genangan. Berdasarkan data peta sebaran luasan genangan yang terjadi hampir sepanjang jalan belitung darat/laut mengalami genangan jika intensitas hujan yang tinggi ataupun pasangnya air laut. Berdasarkan pokok permasalahan pada saluran drainase Belitung darat/laut yang mengakibatkan genangan yang disebabkan oleh pasang surut karena meluapnya elevasi sungai Duyung-Sungai Belitung Darat (anak Sungai Barito) maupun yang disebabkan oleh tingginya intensitas hujan, maka akan dilakukan penelitian dengan tujuan membuat perencanaan desain pintu air otomatis (klep) di beberapa titik saluran guna mencegah masuknya air kedalam saluran drainase sehingga akan mencegah kemungkinan besar terjadinya genangan air. Metode yang digunakan yaitu dengan memodelkan pintu klep kedalam Software Komputer. Hasil simulasi kondisi eksisiting menyebutkan tinggi muka air genangan sebesar 47 cm di atas permukaan tanah. Setelah dilakukan simulasi kedua yaitu dengan penambahan pintu air pada bagian hilir saluran drainase, hasilnya menyebutkan tinggi genangan di lahan sebesar 8 cm. Jadi, penambahan pintu air di hilir saluran drainase, dapat dinyatakan efektif mengurangi volume air yang masuk ke saluran dan menurunkan tinggi genangan yang terjadi di lahan hingga sebesar 39 cm.


Keywords


Genangan, pasang surut, saluran drainase

Full Text:

PDF

References


Adriani, M., Darmawani., Ferry Sobatnu., Nurul., I., 2012. Kajian Potensi Zona Genangan Air Kota Banjarmasin, Jurnal INTEKNA, Tahun XII (2), pp. 109-115.

Badan Perencanaan Pembangunan Kota, 2007. Penyusunan Rencana Induk Sistem Drainase Kota Banjarmasin. s.l.:s.n.

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Banjarmasin, 2009. Database Sungai Kecil Wilayah Kota Banjarmasin. Banjarmasin: s.n.

Fitriansyah. & Akhmad, S., 2016. Studi Genangan Kawasan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Media Teknik Sipil, 4(2), pp. 158-173.

Solikin, R., Ery, S. & Riyanto, H., 2017. Penanganan Genangan Dengan Sistem Polder Pada Wilayah Kota Banjarmasin, Jurnal Teknik Pengairan, 8(1), pp. 15-25.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.13.1.88-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ