PERPINDAHAN MODA TRANSPORTASI DARI KENDARAAN PRIBADI KE SEPEDA DITINJAU DARI SELF-ESTEEM (STUDI KASUS KOTA BANJARMASIN)

Emma Ruhaidani, Dyta Setiawati, Dyah Pradhitya Hardiani

Abstract


Transportasi memiliki banyak dampak terhadap lingkungan, keadilan sosial, ekonomi, budaya, penggunaan lahan, dan bentuk perkotaan terutama dalam pengembangan transportasi. Sehingga di dalam mengurangi dampak yang dihasilkan maka dapat dimulai dengan menerapkan suatu konsep sustainable transportation atau transportasi berkelanjutan yang bertujuan untuk mempromosikan cara yang lebih baik dan sehat dengan mengurangi dampak sosial dan lingkungan dalam praktik mobilitas masyarakatnya. Konsep Sustainable transportation sebagai pendukung konsep transportasi berkelanjutan melalui pemilihan sarana transportasi yang lebih ramah lingkungan, yakni dengan mengakomodasi kendaraan tidak bermotor atau sepeda. Pemilihan moda transportasi dalam kegiatan sehari-hari tentu saja kembali lagi kepada individu masing-masing. Pemilihan moda transportasi dalam kegiatan sehari-hari tentu saja kembali lagi kepada individu masing-masing. Bagi manusia Self-esteem atau harga diri sangatlah penting dalam kehidupan manusia itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable perpindahan moda transportasi serta melihat besarnya peluang perpindahan moda transportasi pribadi ke sepeda untuk masyarakat Kota Banjarmasin yang memiliki sepeda dilihat dari self-esteem. Penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan mengenai transportasi berkelanjutan khususnya di Kota Banjarmasin. Berdasarkan analisis data, didapat nilai r_hitung berada diantara 0,4-0,599, artinya terdapat pengaruh hubungan antara variable X (perpindahan moda transportasi) tehadap Y (self-esteem). Hasil analisis R2 sebesar 0,12. Artinya 12% perubahan variable self-esteem (Y) dapat diterangkan oleh variable (X), sedangkan 88% dijelaskan variabel lain diantaranya Self-esteem (Y) dan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Sepeda, Sustainable transportation, Self-esteem

Full Text:

PDF

References


Baron, Robert, A., & Byrne, D. 2012. Psikologi Sosial Jilid 2. Erlangga, Jakarta

Ghufron, Nur & Rini Risnawati.2011.Teori-Teori Psikologi. Ar-ruzz Media. Jakarta

Feist, J., & Feist, G. J. 2013. Teori Kepribadian. Salemba Humanika. Jakarta

Mruk, C. J. 2013. Self-esteem and Positive Psychology: Research, Theory, and Practice 4rd Edition. Springer Publishing Company Inc. New York

RADAM, I.F., 2020. The Analysis of Lifestyle Affecting the Choice on River Transport in Banjarmasin. International Business Management | vol: 10 | issue : 19 | 2016-01-01

Rusmandani, P. and Arifin, M.Z., 2015. Perencanaan Implementasi Lajur Sepeda Di Kota Tegal. Rekayasa Sipil, 9(1), pp.64-73.

Artiningsih, A., 2016. Jalur Sepeda Sebagai Bagian Dari Sistem Transportasi Kota Yang Berwawasan Lingkungan. TATALOKA, 13(1), pp.27-41.

Mawening, I.T., Haryadi, B. and Setiadji, B.H., 2014. Strategi Pengembangan Fasilitas untuk Meningkatkan Motivasi Bersepeda Masyarakat Kota Surakarta (Doctoral dissertation, Magister Teknik Sipil).




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.13.1.69-79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ