PENGARUH BAJA TULANGAN LONGITUDINAL DAN MUTU BETON PADA BETON YANG DIPERKUAT FIBER REINFORCED POLYMER (FRP) DENGAN ATENA-GiD

Ahmad Ridlwan Arif, Ahmad Zaki

Abstract


Salah satu kelemahan dari balok beton yaitu lemah pada gaya tarik tetapi dengan menggunakan baja tulangan kelemahan tersebut dapat diatasi dan dinamakan balok beton bertulang. Namun, balok beton bertulang juga mempunyai kelemahan, salah satunya adalah lemah terhadap pengaruh lingkungan yaitu korosi dan saat pembebanan terjadi retakan (retak lentur dan retak geser). Untuk mengatasi retak tersebut, salah satu solusi adalah menggunakan fiber reinforced polymer (FRP). Beton yang sudah mengeras akan dilaminasi menggunakan lembaran polymer untuk menambah kekuatan beton tanpa merusak struktur utama beton. Oleh karena itu, penelitian menganalisa pengaruh FRP pada kekuatan beton akan dilakukan pada penelitan ini menggunakan metode elemen hingga. Pada penelitian ini menggunakan software GiD 15.0.1 untuk pemodelan balok secara geometris dan pembagian menjadi elemen-elemen dan ATENA Studio v5 untuk analisis balok secara komputasi dengan metode elemen hingga. Parameter penelitian yang digunakan adalah variasi dari tulangan utama (10 mm, 12 mm dan 16 mm) dan variasi kuat tekan (20 MPa dan 30 MPa). Dari analisis ATENA peningkatan secara umum terjadi pada nilai defleksi dan kapasitas beban maksimum di kedua jenis kuat tekan. Sedangkan tulangan utama dengan diameter 16 mm pada kuat tekan 20 MPa kekakuan sebesar 4,62 kN/mm dan daktalitas sebesar 2,09 adapun pada kuat tekan 30 MPa kekakuan sebesar 2,02 kN/mm dan daktalitas sebesar 10,06. Tulangan utama dengan diameter 16 mm menunjukan hasil optimal dibandingkan variasi diameter 10 mm dan 12 mm. Retak yang terjadi pada beton dengan perkuatan fiber reinforced polymer lebih sedikit dibandingkan tanpa perkuatan fiber reinforced polymer.


Keywords


balok beton bertulang, fiber reinforced polymer, metode elemen hingga, ATENA, GiD

Full Text:

PDF

References


Červenka V, Jendele L, Červenka J (2020) ATENA Theory. ATENA Program Documentation Part 1. Červenka Consulting s.r.o. , Prague.

Kusumartono DFH, Adji Krisbandono S, M.Sc., M.Eng. , Galih Primanda Permana S, Nisa Andarwati S, Aswin Indraprastha S, MT., Ph.D. , Amy Rachmadhani Widyastuti S, Ar. Achmad Irsan I, Rahman IA (2018) Panduan Adopsi BIM dalam Organisasi.

Fajarianto MF, Zaki A, Thamrin R Pengaruh Geometri Balok Beton Bertulang Terhadap Perilaku Lentur.

Menggunakan Program Atena 3D dan RCCSA. In: Proceedings The 1st UMYGrace 2020 2020.

Juliafad E, Ananda R, Sulistyo D, Suhendro B, Hidayat R Nonlinear Finite Element Method Analysis of After Fire Reinforced Concrete Beam Strengthened with Carbon Fiber Strip. In: Journal of Physics: Conference Series, 2019. vol 1. IOP Publishing, p 012019.

Alfisyahrin A, Afifuddin M, Putra R (2019) Analisis Perilaku Geser Balok Beton Bertulang dengan Metode Elemen Hingga Non-Linear. Journal of The Civil Engineering Student 1 (3):15-21.

Suryanto WP, Wiyanto RI, Wijaya GB (2020) PENGARUH LUAS BAJA TULANGAN TERHADAP PERILAKU BALOK BETON BERTULANG YANG DIPERKUAT FIBER REINFORCED POLYMER (FRP). Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil 9 (2):202-209.

Zaki A, Nugroho A (2021) Pemodelan Perilaku Beton Berkarat Menggunakan ATENA 3D. sIKLUs: Jurnal Teknik Sipil.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.13.2.102-112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ