PENENTUAN PEKERJAAN PRESERVASI JALAN NASIONAL PEMATANG REBA-RENGAT BERDASARKAN UMUR SISA PERKERASAN

Benny Hamdi Rhoma Putra, M. Rilly Aka Yogi, Elianora Elianora, Rizqy Ridho Prakasa

Abstract


Semakin tinggi kegiatan ekonomi, semakin banyak kegiatan distribusi, maka semakin besar pula kerusakan jalan yang ditumbulkan. Untuk menjaga kondisi kemantapan jalan perlu adanya program penanganan dan pemeliharaan jalan. Program dapat disusun berdasarkan umur sisa perkerasan (Remaining Structural life, RSL). Dengan mengetahui umur sisa perkerasan Pembina jalan dapat mentukan prioritas dan jenis kegiatan preservasi jalan paling tepat untuk menjaga kondisi perkerasan. Penelitian ini difokuskan pada Ruas Jalan Nasional Pematang Reba- Rengat sepanjang 11, 2 Km. Data yang digunakan adalah data lendutan dari alat Falling Weight Deflectometer (FWD), data lalulintas harian rerata (LHR), dan data geometrik Jalan. Hasil analisis didapatkan Perawatan rutin diperlukan pada jalan STA 0+00 hingga STA 1+207, STA 3+209 hingga STA 4+014, STA 4+409 hingga STA 4+812, STA 5+231 hingga STA 8+010, STA 9+209 hingga STA10+803. Penanganan dengan lapis tambahan (overlay) diperlukan pada STA 1+615 hingga STA 2+810, STA STA 4+014, STA 4+812, STA 8+804 hingga STA 8+802. Penanganan dengan rekonstruksi diperlukan pada STA 11+198


Keywords


Lendutan, FWD, LHR, Umur Sisa Perkerasan, Preservasi Jalan

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah (2020). Penanganan Jalan Nasional Menggunakan Metode Umur Sisa (Aashto 1993) Dan Manual Desain Perkerasan 2017 (Studi Kasus : Ruas Jalan Nasional 034 Mangunjaya - Batas Kabupaten Musi Rawas). Palembang. Diakses melalui https://repository.unsri.ac.id/37896/ [ April 2021

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2017). Manual Desain Perkerasan Jalan Tahun 2017. Dirjen Bina Marga. Jakarta

Izzah,A (2019). Studi Teknis Preservasi Jalan Lintas Timur Dalam Kota Palembang (Studi Kasus Ruas Jalan Avaibality Payment : Jalan Mayjen Yusuf Singadekane dan Jalan Letjen H. Alamsyah Ratu Perwiranegara). Palembang. Diakses melalui https://repository.unsri.ac.id/37896/[April 2021 ]

Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur. (2019). IRMS Versi 3 System Description (Engineering Rules : Pavement). Jakarta, DKI: Penulis.

PUPR, K. J. B. M. (2021). Perencanaan dan pemrograman preservasi jaringan jalan. https://binamarga.pu.go.id/uploads/files/978/pedoman-perencanaan-dan-pemrograman-pekerjaan-preservasi-jaringan-jalan-bagian-dari-manajemen-aset-prasarana-jalan.pdf [ Juli 2021]

Rifalma, & Muhammad, A (2019). Preservasi jalan lintas timur dalam kota palembang yang menerapkan skema availability payment. Repository UNSRI. akses melalui https://repository.unsri.ac.id/10284/

RI (Republik Indonesia) (2019). Cara Uji Lendutan Permukaan Jalan Falling Weigh Deflectometer (FWD). Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Jakarta. Diakses dari http://nspkjembatan.pu.go.id [ April 2021]

SUKENDAR, I. R., & ASCHURI, I. (2021). Evaluasi Kondisi Perkerasan Dan Umur Sisa Perkerasan Lentur Berdasarkan Data Falling Weight Deflectometer (Fwd). FTSP, 51-56




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.14.1.8-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ