DISTRIBUSI SEDIMEN ARAH TEGAK LURUS PANTAI INDRAYANTI YOGYAKARTA PENENTUAN VARIABEL STATISTIK SEDIMEN PANTAI

Kuswartomo Kuswartomo, Muhammad Satrio Wildan, Isnugroho Isnugroho, Achmad Karim Fatchan

Abstract


Perubahan morfologi pantai Indrayanti sebagai masalah yang serius apabila tidak dikelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi ukuran butir sedimen di Pantai Indrayanti, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan menggunakan klasifikasi wentworth dan variabel statistik, pengambilan sampel dengan purposive sampling method, dan analisis dengan ayakan dan granulometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sedimen menurut distribusi ukuran butiran pada potongan A, B, C, D dan E tergolong fine sand.  Sedimen menurut wentworth pada potongan A, B, C dan E tergolong butiran pasir kasar. Sedimen menurut wentworth pada potongan D tergolong butiran pasir sangat kasar. Variasi ukuran butiran A, B, C dan E mempunyai distribusi yang merata, sedangkan di potongan D terdistribusi tidak merata. Berdasarkan nilai deviasi standar sedimen di potongan A, B, C, D dan E tergolong dalam Very Well Sorted. Klasifikasi berdasarkan nilai koefisien pilah potongan A, B, C, D dan E tergolong dalam terpilah pasir berpilah baik adalah 1,0<S0<1,5. Pada potongan A, B, C, D sedimen menurut nilai skewness tergolong dalam mencong sangat halus dengan nilai diameter sebesar +1. Nilai Kurtosis di potongan A diklasifikasikan runcing. Pada potongan B, C dan E diklasifikasikan cukup tumpul. Dan di potongan D diklasifikasikan tumpul.

Keywords


Coastal, Sedimen, Distribusi Sedimen, Klasifikasi Wentworth

Full Text:

PDF

References


Affandi, A. K., dan Heron, S. (2012). “Distribusi Sedimen Dasar Di Perairan Pesisir Banyuasin, Sumatera Selatan”. Maspari Journal, Vol. 4 No. 1, 33-39

Ahdannabiel, H., Widada, S., dan Hariadi, (2017). “Distribusi Sedimen Dasar Akibat Arus Sejajar Pantai Di Sekitar Groin Di Perairan Pantai Widuri Pemalang”. J-OCE, Vol. 6 No. 4, 650 – 658

Bayhaqi, A., dan Dungga, C. M. A., (2015). “Distribusi Butiran Sedimen Di Pantai Dalegan, Gresik, Jawa Timur”. Depik, Vol. 4 No. 3, 153-159.

Firmansyah, M. S., Putri, A. D. D., Munandar, M. A., Aden, L. Y., Arief, N. A., (2014). Laporan Praktikum Geologi Laut Analisa Butiran Sedimen Pantai Goa China Malang Selatan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, Malang.

Folk, R. L. (1980). Petrology of Sedimentary Rocks. Hemhill Publisihing Company, Texas.

Hutabarat, S. dan S.M. Evans. (2000). Pengantar Oseanografi. Universitas Indonesia, Jakarta.

Nizam. (1994). Diktat Proses Kepantaian Bagian I (TKS 752). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Program Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Sinambela, Daniel, (2018) “Pola Transportasi Dan Distribusi Sedimen Di Pantai Kondang Merak, Malang, Jawa Timur”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Tokndekut. R. (2013). Distribusi Spasial Sedimen Pesisir Pada Teluk Ambon Dalam. Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Pattimura Ambon.

Triatmojo, Bambang. (1999). Teknik Pantai. Beta Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.14.1.107-121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ