PROYEKSI PANJANG ANTRIAN PADA BUNDARAN KELAPA GADING DENGAN MENGGUNAKAN PTV VISSIM

Harwidyo Eko Prasetyo, Andika Setiawan, Irnanda Satya Soeratmodjo, Pungky Tarsiah Pamungkas

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada bundaran di kelapa gading, Jakarta. Secara prinsip akan dilakukan simulasi pada kondisi eksisting untuk mengetahui nilai kepadatan lalu lintas yang terjadi. Pada penelitian dilakukan proyeksi sampai tahun ke-5 untuk melihat panjang antrian yang akan terjadi pada bundaran tersebut. Pada pelaksanaan penelitian ini dibutuhkan survei yang mendetail berkaitan dengan volume kendaraan yang akan ditinjau. Dalam survei akan dibentuk 4 tim survei dengan beranggotakan masing-masing 3 orang. Sebelum melakukan proyeksi pada tahun ke-5 di bundaran kelapa gading, maka dilakukan terlebih dahulu analisa pada kondisi eksisting. Analisa kondisi eksisting dengan menggunakan PTV VISSIM perlu melakukan validasi dan kalibrasi. Fungsi dari validasi dan kalibrasi adalah untuk menyamakan volume kendaraan antara hasil survei dengan keluaran volume dari PTV VISSIM. Nilai validasi dengan regresi didapat sebesar 0,9949. Dengan nilai tersebut maka dapat dilihat untuk output panjang antrian dengan panjang 0 m. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan PTV VISSIM dapat dilihat bahwa tidak terjadi panjang antrean akibat volume kendaraan yang memasuki bundaran tersebut. Dengan data kondisi eksisting yaitu panjang antrean maka pada kondisi eksisting masih dalam kondisi sangat layak. Berdasarkan simulasi pada tahun ke-5 didapat kepadatan lalu lintas sampai berhenti. Pada tahun ke-5 dilakukan alternatif berupa Electronic Road Pricing (ERP) Pada alternatif berupa ERP dibuat 2 kondisi reduksi yaitu 10% dan 30%. Dengan panjang antrian pada reduksi 10% didapat panjang antrian rata-rata sebesar 34,95 m.Dengan panjang antrian pada reduksi 30% didapat panjang antrian rata-rata sebesar 0 m.

Keywords


panjang antrian, proyeksi, PTV VISSIM

Full Text:

PDF

References


Aryandi, R. D., dan Munawar, A. (2014). “Penggunaan Software Vissim Untuk Analisis Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Mirota Kampus Terban Yogyakarta)”. The 17th FSTPT International Symposium, Vol. 2 No. 1, 338–347.

Buwono, H. K., Setiawan, A., dan Damarwulan, O. (2022). “Pemodelan Polinomial Kecepatan Kendaraan Ringan Pada Bundaran”. Agregat, Vol. 7 No. 1, 642–648.

Prasetyo, H. E., Setiawan, A., dan Pradana, A. (2022). “Kinerja Simpang Empat Tak Bersinyal Berdasarkan Derajat Kejenuhan Pada Jalan Raya Mabes Hankam – Jalan Raya Setu”. Konstruksia, Vol. 13 No. 2, 135–145.

Prasetyo, H. E., Setiawan, A., Trijeti, Rahayu, T., dan Ramadhona, A. (2021). “The Performance Of Queue Length Of Vehicle On The Roundabout At Selamat Datang Monument Using PTV VISSIM”. Int. J. Civ. Eng. Infrastruct., Vol. 1 No. 2, 10–16.

PTV Group. (2018). PTV VISSIM 11 User Manual. PTV AG, Germany.

Setiawan, A. (2021). “Optimalisasi Kecepatan Kendaraan Di Bundaran HI Menggunakan PTV VISSIM Dengan Electronic Road Price (ERP)”. Majalah Lintas, Jakarta, 176–179.

Setiawan, A. (2021). “Proyeksi Kinerja Tundaan Pada Bundaran Monumen Selamat Datang, Jakarta”. Konstruksia, Vol. 13 No. 1, 128–136.

Setiawan, A., dan Susilo, B. H. (2020). “Evaluasi Kinerja Bundaran HI Dengan Menggunakan Program PTV VISSIM”. Universitas Trisakti.

Sumina. (2015). “Analisis Simpang Tak Bersinyal Dengan Bundaran”. J. Tek. Sipil Dan Arsit., Vol. 17 No. 21, 1–12.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.14.1.122-130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ