Faktor Penyebab Klaim Pada Proyek Infrastruktur Sanitasi Berdasarkan Fidic MDB Harmonised Edition 2010

Conshita Hubertha Dhiu, Sarwono Hardjomuljadi, Mawardi Amin

Abstract


Standar kontrak pada proyek konstruksi yang dibiayai dari dana pinjaman luar negeri umumnya menggunakan FIDIC Condition of Contract for Construction MDB Harmonised Edition 2010. Dalam pelaksanaan kontrak sering terjadi perbedaan antara apa yang sudah tercantum di dalam kontrak dengan kenyataan yang terjadi di lapangan maupun perbedaan lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya klaim. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor penyebab klaim perpanjangan waktu yang bisa mendapatkan hak tambahan biaya pada pelaksanaan proyek infrastruktur sanitasi yang menggunakan kontrak FIDIC Conditions of Contract for Construction MDB Harmonised Edition 2010. Metode penelitian ini adalah Metode kuantitatif. Pengambilan data primer melalui penyebaran kuesioner yang berisi 40 (empat puluh) butir pernyataan mengenai faktor penyebab timbulnya klaim dengan penilaian berdasarkan skala likert 5. Responden penelitian sebanyak 30 orang terdiri dari pihak pengguna jasa, penyedia jasa dan konsultan pengawas pada proyek infrastruktur sanitasi Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Sampah dan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL). Analisis statistik menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas dan Relative Importance Index (RII) dengan alat bantu software SPSS versi 29. Hasil penelitian menemukan 5 (lima) faktor penyebab klaim paling dominan yaitu perubahan desain (X1), kekacauan publik (perang, terorisme, revolusi, kerusuhan, dll) (X38), kondisi geologi di bawah permukaan (X4), kepemilikan dan ketersediaan lahan (X5), dan bencana alam (X40). 


Keywords


FIDIC, klaim, infrastruktur, sanitasi

Full Text:

PDF

References


Adriaanse, John (2010): “Construction Contract Law: The The Essentials”, Palgrave Macmilan, London, UK.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 96.

H Nazarkhan Yasin, I. (2004). Mengenal klaim konstruksi & penyelesaian sengketa konstruksi. Gramedia Pustaka Utama.

Hardjomuljadi, S., Abdulkadir, A., & Takei, M. (2006). Strategi klaim konstruksi berdasarkan FIDIC conditions of contract. Jakarta: Pola Grade.

Hardjomuljadi, S. (2011). Chance and Desire, the Root of Construction Claims. Konstruksia, 2(2).

Hardjomuljadi, S. (2014). Factor Analysis on Causal of Construction Claims and Disputes in Indonesia (with reference to the construction of hydroelectric power project in Indonesia). International Journal of Applied Engineering Research, 9(22), 12421-12445.

Hardjomuljadi, S. (2014). Analisis “Extension of Time” dan Dampaknya pada Kontrak Konstruksi (FIDIC Conditions of Contract MDB Harmonised Edition). Konstruksia, 5(2).

Rachmatullah, A., & Hardjomuljadi, S. (2021). Analisis Diterimanya Klaim Perpanjangan Waktu Dan Tambahan Biaya Pada Proyek Bangunan Air Di Provinsi Banten. Konstruksia, 12(1), 1-12.

Sarwono, J. (2012). Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif (Menggunakan Prosedur SPSS): Tuntunan Praktis dalam Menyusun Skripsi.

Sekaran, U. (2006). Research Methods for Business, Edisi 4 Buku 1 dan 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Sugiyono, P. DR. (2007). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. CV. Pustaka Setia. Bandung.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Taurano, G. A., & Hardjomuljadi, S. (2013). Analisis faktor penyebab klaim pada proyek konstruksi yang menggunakan FIDIC conditions of contract for plant and design build. Konstruksia, 5(1).




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.14.2.34-43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ