Perbandingan Perhitungan MC-0 Metode Konvensional & Building Information Modelling (BIM) Terhadap Realisasi Pekerjaan

Rizky Dwianto, Hassan Zuhhad Mahya, Galih Adya Taurano, Hendra Adi Wijaya

Abstract


Dalam sebuah proyek konstruksi, efektivitas merupakan hal yang paling dicari karena dapat mengurangi biaya dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan perhitungan volume bata ringan metode konvensional terhadap realisasi lapangan dan volume bata ringan metode BIM terhadap realisasi lapangan agar dapat mengetahui metode manakah yang paling akurat dengan realisasi di lapangan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2022-Agustus 2022 dengan mengambil lokasi Proyek Pembangunan Auditorium Brawijaya dan KDP Gedung Entrepreneurship Terpadu. Penelitian ini berfokus pada Gedung Entrepreneurship Terpadu. Data primer dikumpulkan dengan mengambil data volume realisasi lapangan pekerjaan bata ringan dari Lantai 5 sampai dengan Lantai 8. Data sekunder didapatkan dari dokumen proyek yaitu seperti dokumen gambar pekerjaan bata ringan dan data BIM aplikasi Revit dari Gedung KDP Entrepreneurship Terpadu. Dari hasil pembahasan didapatkan data perbandingan volume metode BIM dengan realisasi lapangan memiliki deviasi 442,507 m2 dimana perbandingan volume metode konvensional dengan realisasi lapangan memiliki deviasi 175,623 m2, dengan hasil tersebut perhitungan metode konvensional memiliki keakuratan yang lebih mendekati dengan realisasi lapangan.


Keywords


perhitungan volume, perbandingan, metode konvensional, metode BIM, realisasi lapangan.

Full Text:

PDF

References


Azhar, S., Nadeem, A., Mok, J.Y.N. and Leung, B.H.Y. (2008) Building Information Modeling (BIM): A New Paradigm for Visual Interactive Modeling and Simulation for Construction Projects.

Eastman, C. M., Eastman, C., Teicholz, P., Sacks, R., & Liston, K. (2011). BIM handbook: A guide to building information modeling for owners, managers, designers, engineers and contractors. John Wiley & Sons.

APRIANSYAH,R. (2021). Implementasi Konsep Building Information Modelling (BIM) Dalam Estimasi Quantity Take Off Material Pekerjaan Struktural.

Team IT. (2020). Pelaksanaan Mutual Check Awal (MC0) Pekerjaan Belanja Modal PN Tilamuta. Tersedia: http://pntilamuta.go.id/2020/08/10/pelaksanaanmutual-check-awal mc0-pekerjaan-belanja-modal-pn-tilamuta.

BINUS University. (2019).Penerapan Building Information Modeling (BIM). Tersedia:https://civileng.binus.ac.id/2019/10/19/penerapanbuildinginformation-modeling-bim.

Prasko Abdullah. (2012). Pengertian dan Jenis Proyek Konstruksi.Tersedia :http://prasko17.blogspot.com/2012/08/pengertian-dan-jenis-proyek konstruksi.html

Creswell, J.W. (2010). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. (Achmad Fawaid, Pengalih bahasa). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2014).Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif , dan R&D.

Gadis Saktika. (2021). Bata Ringan: Pengertian, Kelebihan, Dan Cara Pasang. Material Konstruksi Terbaik Yang Kokoh!. Tersedia : https://www.99.co/blog/indonesia/bata-ringan.

Hendra Wahyu C, Bambang S, Sutikno, Karyoto, Kusnan, Suryanto. (2003).Teknik Bangunan.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.14.2.109-118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ