Pengaruh Tata Guna Lahan terhadap Debit Banjir pada Daerah Aliran Sungai Pangkajene

Muhammad Rizal Zainuddin, Mary Selintung, Rita Lopa

Abstract


Perubahan tutupan lahan yang terjadi berdampak pada kondisi hidrologi disuatu DAS. Kondisi hidrologi yang dimaksud dengan besaran keluaran DAS adalah debit yang menggambarkan besaran air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan tutupan lahan terhadap aliran sungai di DAS Pangkajene. Data dianalisis dengan menggunakan analisis hidrologi dan perubahan tata guna lahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan debit banjir rancangan sebesar ±18,83 m³/det pada masing-masing kala ulang. Perubahan tata guna lahan yang terjadi adalah luas area sawah, tambak, dan pemukiman bertambah sedangkan luas area hutan menjadi berkurang. Meningkatnya nilai debit banjir tidak signifikan dikarenakan perubahan tata guna lahan juga tidak berubah cukup banyak.

Keywords


Debit Banjir, Tata guna lahan, DAS Pangkajene

Full Text:

PDF

References


Karamma, Riswal dan Sukri, Ahmad Syarif. 2020. Kajian Koefisien Aliran Terhadap Perubahan Debit Banjir Pada DAS Karalloe Dengan Aplikasi ArcGIS. Semantik, Vol 6, No.1, Hlm 1 – 8.

Loebis, J., 1992. Banjir Rencana Untuk Bangunan Air. Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Linsley, R.K., M.A. Kohler, J.B. Franziniand H. Paulhus, 1975. Hydrology for Engineers. McGraw-Hill, New York.

Rachmayanti, Harfiah., Musa, Ratna., dan Mallombasi, Ali, 2022. Studi Pengaruh Perubahan Tata Guna Lahan Terhdap Debit Banjir Dengan Menggunakan Software HEC-HMS (Studi Kasus DAS Saddang). Jurnal Konstruksi, Vol 1, No.1, Hlm 1 – 9.

Rita, Lopa, 2013. Belajar dari Pengalaman Jepang dalam Upaya Mengendalikan Banjir dengan Restorasi Sungai, Proceeding HATHI.

Rita, Lopa, 2012. An evaluation of river restoration effectiveness in housing land development area, The University of Kyushu,Japan.

Rita, Lopa, 2012. Development of flood forecasting model and warning system at Way Ruhu-Ambon , IOP Confrence Series Earth and Enviromental Science.

Suroso dan Hery, 2005. Pengaruh Perubahan Tata Guna Lahan Terhadap Debit Banjir Studi Kasus Daerah Aliran Sungai Banjaran. Laporan Hasil Penelitian, Lembaga Penelitian, UNSOED, Purwokerto.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.14.2.66-72

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ