Pemasangan Barier Simpang Tiga Tak Bersinyal pada Jalan Putri Tunggal, Kota Depok

Andika Setiawan, Irnanda Satya Soerjatmodjo, Fahmi Mustakim

Abstract


Persimpangan merupakan bagian penting dari ruas jalan yang berfungsi untuk memudahkan lalu lintas dan mobilitas masyarakat, selain itu persimpangan merupakan titik konflik kemacetan dari berbagai arah baik dari arah berlawanan hingga arah yang saling memotong. Simpang tiga tak bersinyal pada Jalan Putri Tunggal – Jalan Radar Auri merupakan titik konflik kemacetan yang sering terjadi, hal ini disebabkan adanya hambatan samping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui derajat kejenuhan, tundaan, dan peluang antrean pada lokasi penelitian dengan alternatif yang diberikan yaitu alternatif pemasangan sinyal dan rekayasa lalu lintas. Penelitian ini dilakukan dengan metode berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Data lalu lintas diperoleh dari jumlah kendaraan yang melintas pada simpang tersebut, pengambilan data akan dilakukan pada hari Senin dan Jumat untuk mewakili hari kerja dan pada hari Sabtu untuk mewakili hari libur, serta dilakukan pada pukul 05.00 – 23.00 WIB. Setelah pengambilan data maka, data tersebut diolah dengan perhitungan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI). Hasil perhitungan diperoleh nilai derajat kejenuhan (DS) dari kondisi eksisting sebesar 1,22. Oleh karena itu dilakukan suatu alternatif dengan rekayasa lalu lintas pemasangan barrier, sehingga didapat nilai DS sebesar 0,82. 


Keywords


Derajat Kejenuhan, Tundaan, Barrier

Full Text:

PDF

References


A. Setiawan, “Proyeksi Kinerja Tundaan Pada Bundaran Monumen Selamat,” Konstruksia, vol. 13, no. 1, pp. 128–136, 2021, doi: https://doi.org/10.24853/jk.13.1.128–136.

I. S. S. Andika Setiawan, Harwidyo Eko Prasetyo, Heru Setiawan, “Performance Of The Three-Armed Unsignalized Interchange On Jalan Tipar Cakung, East Jakarta,” Int. J. Civ. Eng. Infrastruct., vol. 2, no. 1, pp. 88–96, 2022, doi: https://doi.org/10.24853/ijcei.2.1.88-96.

H. K. Buwono, A. Setiawan, and O. Damarwulan, “Pemodelan Polinomial Kecepatan Kendaraan Ringan Pada Bundaran,” Agregat, vol. 7, no. 1, pp. 642–648, 2022, doi: 10.30651/ag.v7i1.13297.

I. S. S. Fauzan, Ardhan Rizakdy, Harwidyo Eko Prasetyo, Andika Setiawan, “Three Arm Unsignalized Intersection On Jalan Perjuangan – Jalan Kaliabang Babelan, North Bekasi,” Int. J. Civ. Eng. Infrastruct., vol. 1, no. 2, pp. 54–61, 2021.

H. E. Prasetyo, A. Setiawan, and A. Pradana, “Kinerja Simpang Empat Tak Bersinyal Berdasarkan Derajat Kejenuhan Pada Jalan Raya Mabes Hankam – Jalan Raya Setu,” Konstruksia, vol. 13, no. 2, pp. 135–145, 2022.

MKJI, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Bina Jalan Kota, Kementerian Pekerjaan Umum, 1997. doi: 10.1021/acsami.7b07816.

Sukarno, dkk, 2003. “Penentuan Gap di Suatu Simpang Tiga Dengan Rambu Yield atau Rambu Stop” Jurnal Teknik Sipil Vol 4 No. 1.

Suteja, and Cahyani, “Aplikasi Program Transit pada Simpang di Bawah Jenuh”, 2022.

Juniardi. 2006. Analisa Arus Lalu Lintas di Simpang Tak Bersinyal (Study Kasus: Simpang Timoho dan Simpang Tunjungdi Kota Yogyakarta). Tesis Teknik Sipil, Universitas Diponogoro.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.14.2.128-140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ