ANALISIS PENGARUH PEMANFAATAN ABU SEKAM SEBAGAI FILLER PADA CAMPURAN ASPAL BETON
Abstract
Jalan adalah prasarana transportasi darat yang kebutuhannya di Indonesia terus mengalami peningkatan, seiring meningkatnya jumlah kendaraan. Konstruksi jalan akan menerima beban lalu lintas. Dengan perkerasan jalan diharapkan konstruksi jalan mampu menerima beban dari pengguna lalu lintas. Lapis aspal beton merupakan suatu konstruksi perkerasan jalan yang mencampurkan aspal, agregat kasar, agregat halus, bahan pengisi (filler). Keberadaan sekam padi yang melimpah belum dimanfaatkan dengan baik. Berbagai penelitian dengan menambahkan bahan tambah untuk meningkatkan nilai stabilitas telah banyak dilakukan, salah satunya dengan menambahkan abu sekam dalam campuran aspal beton. Penelitian ini mengunakan metode Marshall dengan meninjau pengaruh abu sekam terhadap nilai stabilitas, kelelehan (flow), VFWA (Voids Filled with Asphalt), VIM (Voids In The Mix), dan VMA (Void In The Mineral Aggregate). Kadar abu sekam yang digunakan bervariasi antara 6,5 %, 7 %, dan 7,5 %, dengan mengunakan kadar aspal 5,4 %. Berdasarkan hasil pengujian, campuran abu sekam sebagai filler dapat meningkatkan nilai stabilitas aspal beton sampai kadar abu sekam 7 % yaitu sebesar 854,3 kg dan mengalami penurunan pada kadar 7,5 % yaitu sebesar 812,19. Campuran abu sekam dapat meningkatkan nilai kelelehan (flow) aspal beton, pada campuran kadar abu sekam 7,5 % yaitu sebesar 2,12 mm. Nilai VIM terbesar pada kadar abu sekam 7,5 % yaitu sebesar 14,16 %. Nilai VIM tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh Bina Marga tahun 2010 divisi 6 revisi 3 yaitu sebesar 3 – 5 %.Nilai VFWA paling besar yaitu pada kadar abu sekam 7,5 % yaitu sebesar 36,11 %. Sedangkan nilai VMA terbesar pada penambahan kadar abu sekam 7,5 % yaitu sebesar 32,36 %.
Kata kunci : Abu sekam, stabilitas Marshall, kelelehan (flow), VIM, VFWA, VMA.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24853/jk.8.2.1-8
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Konstruksia Indexing By:
Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License