Evaluasi Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Surface Distress Index dan International Roughness Index

Frice Lahmudin Desei, Yuliyanti Kadir, Alifia Zahra Ende

Abstract


Kerusakan jalan merupakan permasalahan yang kompleks dan dapat menyebabkan kerugian yang besar bagi pengguna jalan. Jalan Barakati – Dungaliyo merupakan ruas jalan yang mendukung kawasan pertanian dan pendidikan. Beberapa titik di ruas jalan ini mengalami kerusakan, akibat dari beban kendaraan pengangkut hasil pertanian. Tujuan penelitian ini menganalisis kerusakan Jalan Barakati – Dungaliyo, mengkaji penanganan yang tepat terhadap kerusakan yang terjadi, dan memberikan informasi database jalan menggunakan aplikasi ArcGis. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode SDI dan IRI. Metode SDI adalah penilaian kondisi kerusakan secara visual. Kerusakan yang diteliti adalah luas retak, lebar celah retak, jumlah lubang, dan alur bekas roda. Metode IRI dilakukan dengan mengukur ketidakrataan permukaan jalan menggunakan aplikasi Roadlab Pro. Hasil analisis metode SDI menunjukan kondisi baik adalah sebesar 77%, sedang 14%, rusak ringan 7%, dan rusak berat 1%, panjang kondisi baik adalah 5,4 km dengan nilai SDI rata-rata seluruh ruas jalan 39,25. Hasil analisis metode IRI menunjukan persentase indeks kondisi jalan baik 19%, sedang 69%, rusak ringan 11%, dan rusak berat 1%, panjang ruas yang berada pada kondisi sedang adalah 4,7 km dengan nilai IRI rata-rata seluruh ruas jalan adalah 4,9. Hasil Kombinasi nilai SDI dan IRI berdasarkan tabel matriks pemeliharaan jalan diperoleh penanganan yang tepat untuk ruas Jalan Barakati – Dungaliyo Sta.0+000 – Sta.7+000 adalah pemeliharaan rutin. Informasi kondisi eksisting, nilai SDI dan nilai IRI sebelum penanganan pada ruas jalan ini dimasukan didalam peta menggunakan aplikasi ArcGis dan dapat diakses melalui Google Maps, Google Earth dan Avenza Maps.


Keywords


Kerusakan Jalan, SDI, IRI, GIS

Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum. 2011. Manual Konstruksi dan Bangunan Tentang Tata Cara Pemeliharaan Jalan. Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2021. Manual Aplikasi Sistem Prgram Pemeliharaan Jalan Provinsi/Kabupaten (Provincial/Kabupaten Road Management System). Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Bina Marga.

Efiom, E.E., Abu, A.S.P., Kishak, C. 2021. Comparative Study of the Road Roughness Measurement of Roadlab Pro and Roadroid Applicatons for IRI Data Collection in Nigeria. The Intrernational Journal of Engineering and Science (IES), 10(5): 14–19.

Fazal, S. 2008. GIS Basic.New Age Intenational Publisher, Aligarh.

Hardiyatmo, H.C. 2007. Pemeliharaan Jalan Raya. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Prahara, E., Nataadmaja, A.D., Arofah, M.A., Pionar, R.G. 2020. Correlation of Veicle Speed to Road Surface Cndition Using Roadroid Aplication. 4th Internatioonal Conference on Eco Engineering Development 2020. Jakarta.

Roadlab, P., 2020. App Setup and Data Collection Guide. World bank, Belarus.

Shresta, S., Khadka, R. 2021. Assessment of Relationship Between Road Roughness and Pavement Surface Condition. Journal of Advance of Engineering and Management, 6, 177-185.

Suwardo, Haryanto, I. 2016. Perancangan Geometrik Jalan. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Umi, T., Setyawan, A., Suprapto, M. 2016. Penggunaan Metode International Roughness Inde (IRI), Surface Distress Index (SDI) Dan Pavement Condition Inde (PCI) Untuk Penilaian Kondisi Jalan Di Kabupaten Wonogiri. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2016, Jakarta, 8 November 2016.

Yastawan, I.N., Wadegama, D.M.P., Ariawan, I.M.A. 2021. Penilaian Kondisi Jalan Menggunakan Metode SDI (Surface Distress Index) Dan Inventaris Dalam GIS (Geographic Information System) Di Kabupaten Klungkung. Jurnal Spektran, 9(2): 181–188.

Yuchuan, D., Chenglong, L., Shengchuan, J. 2014. Measurement of International Roughness Index by Using Z-Axis Acceleromoters and GPS. Matematical Problems in Engineering, 2014: 1-10




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.15.1.67-77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ