Hubungan Kebisingan Terhadap Lalu Lintas di Jalan Prof. Dr. Jhon Aryo Katili
Abstract
Jalan Prof. Dr. Jhon Aryo Katili merupakan jalan provinsi yang menghubungkan kabupaten Gorontalo dan kota Gorontalo dengan panjang jalan 2.700 meter dan lebar 14 meter. Jalan ini termasuk dalam salah satu ruas jalan dengan volume lalu lintas yang cukup tinggi, ditambah dengan adanya pekerjaan rekonstruksi jalan sehingga dapat mengakibatkan tingginya nilai kebisingan. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pekerjaan rekonstruksi yang berpotensi besar dapat menyebabkan kebisingan, menganalisis tingkat kebisingan menggunakan alat sound level meter, serta menentukan hubungan antara kebisingan dan volume lalu lintas dengan menggunakan metode analisis regresi. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data volume lalu lintas dan data kebisingan yang diperoleh langsung di lapangan. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan persamaan leq dengan bantuan microsoft excel dan dibuatkan model matematis menggunakan metode analisis regresi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pekerjaan yang memiliki konstribusi besar menyebabkan kebisingan adalah pekerjaan pengaspalan jalan, pemadatan dan penghamparan agregat serta pekerjaan galian drainase. Kebisingan maksimum (leq 10 menit) dari 3 titik berada di hari Selasa titik 2 yaitu pada pukul 20.45-20.55 sebesar 88,4 dB(A) dan nilai leqsiang (LS) maksimum berada pada hari Selasa titik 2 sebesar 72,4 dB(A). volume lalu lintas maksimum berada pada hari Selasa titik 2 pukul 07.00-08.00 yaitu 2.648 kend/jam. Model matematis hubungan anatara kebisingan terhadap volume lalu lintas hanya berada pada titik 1 hari Selasa dengan nilai signifikansi sebesar 0,045 dan memiliki persamaan Y= 63,357 + 0,005X dimana variabel X adalah volume lalu lintas dan variabel Y adalah kebisingan.
Full Text:
PDFReferences
Akbar, F. 2021. Pengaruh Volume Lalu Lintas Terhadap Tingkat Kebisingan pada Ruas Jalan Gunung Merbabu Kota Samarinda. Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil, 3, 1-18.
Almadhany, M., Rosariawari, F. 2021. Pemodelan Kebisingan Lalu Lintas Berdasarkan Volume Lalu Lintas Menggunakan Multiple Linier Regression pada Jalan Kedung Cowek Surabaya. Envirous Jurnal Teknik Lingkungan, 2, 101-105.
Anindya, A.R., Maryunani, W.P., Amin, M. 2021. Analisis Pengaruh Kecepatan dan Volume Kendaraan Terhadap Kebisingan di Suatu Kawasan. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil, 2, 1-8.
Atina, Sari, D.P., Mutiara, D., Novianti, D. 2022. Pengukuran Tingkat Kebisingan Lalu Lintas di Jalan Sukarela Kota Palembang Sumatera Selatan. Sainmatika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19, 117-123.
Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.
Fitria, A.N., Susilowati, W., Saputra, J. 2022. Kajian Pengaruh Kebisingan Proyek Rekonstruksi Terhadap Kenyamanan Warga Permukiman Sekitar. Jurnal Poli-Teknologi, 21, 46-59.
Mopili, C., Kadir, Y.,Mahmud, M. 2023. Analisis Tingkat Kebisingan Lalu Lintas pada Kawasan Kampus 1 Universitas Negeri Gorontalo Ditinjau dari Tingkat Baku Mutu Kebisingan yang Diizinkan. Civil Engineering Journal on Research and Development, 4, 1-8.
Mubarak, H., Yazid, M., Wahyudi, F.D. 2022. Perbandingan Tingkat Kebisingan Akibat Aktivitas Transportasi. Musamus Journal of Civil Engineering, 5, 6-10.
Nurmaningsih, D.R., Auvaria, S.W., Nilandita, W. 2019. Analisis Kebisingan Kawasan Pemukiman di Sepanjang Frontage Road A. Yani Surabaya. Al-Ard: Jurnal Teknik Lingkungan, 5, 17-25.
Nuryadi, Astuti, T.D., Utami, E.S., Budiantara. 2017. Dasar-Dasar Statistika Pnelitian. Sibuku Media, Yogyakarta.
Pemerintah Republik Indonesia. 1996. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 48 Tentang: Baku Tingkat Kebisingan. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.
Pemerintah Republik Indonesia. 2018. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2018 Tentang: Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Kerja. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.
Pratiwi, N.M.W., Budiarnaya, P., Herlambang, R.E., Ariana, K.A. 2022. Analisa Pengaruh Volume Kendaraan dan Kecepatan Terhadap Tingkat Kebisingan Lalu Lintas di Jalan Cikuray Garut. Reinforcement Review in Civil Engineering Studies and Management, 1, 82-90.
Taufiq, M., Marsaoly, N. 2020. Model Matematis Hubungan Volume Lalu Lintas dengan Tingkat Kebisingan pada Simpang Tiga Ruas Jalan Raya Bastiong. Journal of Science and Engineering, 3, 13-18.
Zhafirah, A. 2023. Analisis Kebisingan Lalu Lintas Jalan Cimanuk Kabupaten Garut. Jurnal Teknik Sipil, 19, 27-37.
A. R. Harwidyo Eko Prasetyo, Andika Setiawan, Trijeti, Tanjung Rahayu R, “The Performance Of Queue Length Of Vehicle On The Roundabout At Selamat Datang Monument Using PTV VISSIM,” Int. J. Civ. Eng. Infrastruct., vol. 1, no. 2, pp. 10–16, 2021.
A. Setiawan, “Proyeksi Kinerja Tundaan Pada Bundaran Monumen Selamat,” Konstruksia, vol. 13, no. 1, pp. 128–136, 2021, doi: https://doi.org/10.24853/jk.13.1.128–136.
A. Setiawan et al., “Perbandingan Kecepatan Pada Bundaran Dengan Menggunakan PTV VISSIM,” Konstruksia, vol. 15, no. 1, p. 169, 2023, doi: 10.24853/jk.15.1.169-178.
A. Setiawan, I. Satya Soerjatmodjo, and F. Mustakim, “Pemasangan Barier Simpang Tiga Tak Bersinyal pada Jalan Putri Tunggal, Kota Depok,” Konstruksia, vol. 14, no. 2, pp. 128–140, 2023, doi: 10.24853/jk.14.2.128-140.
I. S. S. Andika Setiawan, Harwidyo Eko Prasetyo, Heru Setiawan, “Performance Of The Three-Armed Unsignalized Interchange On Jalan Tipar Cakung, East Jakarta,” Int. J. Civ. Eng. Infrastruct., vol. 2, no. 1, pp. 88–96, 2022, doi: https://doi.org/10.24853/ijcei.2.1.88-96.
DOI: https://doi.org/10.24853/jk.15.2.18-29
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Konstruksia Indexing By:
Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License