Kinerja Simpang Tak Bersinyal Lokasi Simpang Tiga Jalan Raya Dayeuhkolot – Bojongsoang, Bandung

Asep Setiawan, Fu’ad Hasan, Bambang Eko Widyanto

Abstract


Kemacetan lalu lintas pada Simpang Tiga Jalan Raya Dayeuhkolot – Bojongsoang terjadi terutama pada jam-jam sibuk, maka perlu untuk dilakukan analisis. Untuk menganalisis kapasitas dan perilaku lalu lintas dibutuhkan data lapangan berupa kondisi geometrik dan lingkungan jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Dari hasil penelitian kinerja simpang tiga tak bersinyal Jalan Raya Dayeuhkolot - Bojongsoang diperoleh nilai kapasitas simpang sebesar 2.802 smp/jam, derajat kejenuhan 0,97, nilai tundaan simpang 17,978 det/smp, dan nilai peluang antrian simpang sebesar 75% sampai 37,76%. Bersadarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kondisi simpang memiliki tingkat pelayanan yang tidak baik.

Keywords


kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, antrian

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Bandung. (2023), Statistik Daerah Kabupaten Bandung 2023, Badan Pusat Statistik Kabupaten Bandung, Bandung.

Departemen Perhubungan, 1993, “Peraturan pemerintah No. 43 Tahun 1993 Tentang Prasarana dan Lalu lintas”, Jakarta

Furqon, Al. (2021). “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus Simpang Yomani - Lebaksiu-Balapulang). Tegal: FT-UPSTEGAL.

Hartanto, D.E., Hidayati, N., Mulyono, G.S., Magfirona, A. (2018). Analisis Hambatan Samping terhadap Kinerja Ruas Jalan Ahmad Yani pabelan Surakarta. Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi ke 21. Universitas Brawijaya, Malang.

Ilham Rifki Rivaldy, Ircham, Herna Puji Astutik, (2022). “Analisis Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal Pasar Ngasem (Studi Kasus: Jalan Polowijan – Jalan Ngasem Kraton, Kota Yogyakarta)

Indonesia, M. K. J. I. (1997). Departemen Pekerjaan Umum. Direktorat Jenderal Bina Marga.

Morlok, 1991. “Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi”. Erlangga. Jakarta.

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Waris, M. (2018). Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014.

Wilton Wahab, Akhyar Jamil Nurman. (2016). “Tinjauan Kinerja Persimpangan Prioritas Kampung Kalawi Kota Padang (Studi Kasus: Simpang Tiga Kampung Kalawi) Jurnal Teknik Sipil ITP.

A. Setiawan et al., “Perbandingan Kecepatan Pada Bundaran Dengan Menggunakan PTV VISSIM,” Konstruksia, vol. 15, no. 1, p. 169, 2023, doi: 10.24853/jk.15.1.169-178.

A. Setiawan, I. Satya Soerjatmodjo, and F. Mustakim, “Pemasangan Barier Simpang Tiga Tak Bersinyal pada Jalan Putri Tunggal, Kota Depok,” Konstruksia, vol. 14, no. 2, pp. 128–140, 2023, doi: 10.24853/jk.14.2.128-140.

P. T. P. Harwidyo Eko Prasetyo, Andika Setiawan, Irnanda Satya Soeratmodjo, “Proyeksi Panjang Antrian Pada Bundaran Kelapa Gading Dengan Menggunakan PTV VISSIM,” Konstruksia, vol. 14, no. 1, pp. 122–130, 2022, doi: https://doi.org/10.24853/jk.14.1.122-130.

I. S. S. Andika Setiawan, Harwidyo Eko Prasetyo, Heru Setiawan, “Performance Of The Three-Armed Unsignalized Interchange On Jalan Tipar Cakung, East Jakarta,” Int. J. Civ. Eng. Infrastruct., vol. 2, no. 1, pp. 88–96, 2022, doi: https://doi.org/10.24853/ijcei.2.1.88-96.

A. Setiawan, “Proyeksi Kinerja Tundaan Pada Bundaran Monumen Selamat,” Konstruksia, vol. 13, no. 1, pp. 128–136, 2021, doi: https://doi.org/10.24853/jk.13.1.128–136.

A. Setiawan, “Optimalisasi Kecepatan Kendaraan Di Bundaran HI Menggunakan PTV VISSIM Dengan Electronic Road Price (ERP),” Majalah Lintas, Jakarta, pp. 176–179, 2021.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.15.2.9-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ