Kinerja Simpang Empat Tak Bersinyal Menggunakan Metode PKJI 2023 dan Software VISSIM

Muhammad Syaifullah, Yuliyanti Kadir, Frice L. Desei

Abstract


Persimpangan di Kota Gorontalo, terutama di Jalan HOS. Cokroaminoto, Jalan Gelatik, dan Jalan Jamaludin Malik, seringkali macet pada jam-jam sibuk disebabkan tidak adanya APILL dan banyaknya kendaraan yang parkir di badan jalan. Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja simpang menggunakan PKJI (Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia) 2023 dan software VISSIM, serta mencari solusi untuk 5 tahun ke depan. Pengamatan selama tiga hari dari pukul 06.00-21.00 WITA melibatkan data primer dari survei lapangan dan data sekunder dari instansi terkait. Hasil analisis menunjukkan derajat kejenuhan (DJ) simpang 0,29 dengan tundaan rata-rata 9,33 det/skr, masuk kategori tingkat pelayanan B (baik) menurut PKJI 2023. Hasil simulasi VISSIM menunjukkan konsumsi bahan bakar rata-rata pada jam puncak pagi disetiap ruas jalan. Kalibrasi dan validasi model simulasi menunjukkan hasil yang dapat diterima. Berdasarkan hasil analisis, menunjukkan simpang masih layak digunakan tanpa perbaikan. Namun, jika diperlukan, perbaikan dapat dilakukan dengan alternatif-I untuk mengoptimalkan kinerjanya.

Keywords


PKJI 2023, simpang empat tak bersinyal, software VISSIM

Full Text:

PDF

References


Aryandi, D. R., dan Munawar, A. (2014): Penggunaan Software VISSIM Untuk Analisis Simpang Bersinyal (Studi Kasus Simpang Mirota Kampus Terban Yogyakarta), The 17th FSTPT International Symposium, Jember University, Jember, 338–347.

A. Setiawan, “Optimalisasi Kecepatan Kendaraan Di Bundaran HI Menggunakan PTV VISSIM Dengan Electronic Road Price (ERP),” Majalah Lintas, Jakarta, pp. 176–179, 2021.

A. Setiawan, “Proyeksi Kinerja Tundaan Pada Bundaran Monumen Selamat,” Konstruksia, vol. 13, no. 1, pp. 128–136, 2021, doi: https://doi.org/10.24853/jk.13.1.128–136.

A. Setiawan et al., “Perbandingan Kecepatan Pada Bundaran Dengan Menggunakan PTV VISSIM,” Konstruksia, vol. 15, no. 1, p. 169, 2023, doi: 10.24853/jk.15.1.169-178.

A. Setiawan, I. Satya Soerjatmodjo, and F. Mustakim, “Pemasangan Barier Simpang Tiga Tak Bersinyal pada Jalan Putri Tunggal, Kota Depok,” Konstruksia, vol. 14, no. 2, pp. 128–140, 2023, doi: 10.24853/jk.14.2.128-140.

Badan Pusat Statistik Kota Gorontalo (2022): Kota Gorontalo Dalam Angka 2023, xi–271.

Direktorat Jenderal Bina Marga (1997): Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, Departemen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga (2023): Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023, Departemen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, 1–322.

Harianto, J. (2004): Perencanaan Persimpangan Tidak Sebidang pada Jalan Raya, Medan, 1–14.

H. E. Prasetyo, A. Setiawan, and A. Pradana, “Kinerja Simpang Empat Tak Bersinyal Berdasarkan Derajat Kejenuhan Pada Jalan Raya Mabes Hankam – Jalan Raya Setu,” Konstruksia, vol. 13, no. 2, pp. 135–145, 2022.

H. K. Buwono, A. Setiawan, and O. Damarwulan, “Pemodelan Polinomial Kecepatan Kendaraan Ringan Pada Bundaran,” Agregat, vol. 7, no. 1, pp. 642–648, 2022, doi: 10.30651/ag.v7i1.13297.

I. S. S. Andika Setiawan, Harwidyo Eko Prasetyo, Heru Setiawan, “Performance Of The Three-Armed Unsignalized Interchange On Jalan Tipar Cakung, East Jakarta,” Int. J. Civ. Eng. Infrastruct., vol. 2, no. 1, pp. 88–96, 2022, doi: https://doi.org/10.24853/ijcei.2.1.88-96.

Manjunatha, P., Vortisch, P., dan Mathew, T. V (2012): Methodology for the Calibration of VISSIM in Mixed Traffic, Mumbai, 1–10.

PTV Group (2015): PTV VISSIM 8 User Manual (1st ed.), PTV AG, Karlsruhe, diperoleh melalui situs internet: www.ptvgroup.com.

Putri, H. N., dan Irawan, Z. M. (2015): Mikrosimulasi Mixed Traffic pada Simpang Bersinyal dengan Perangkat Lunak VISSIM (Studi Kasus: Simpang Tugu, Yogyakarta), The 18th FSTPT International Symposium, Bandar Lampung.

Supranto, J. (2000): Statistik: Teori & Aplikasi, edisi 6, jilid 1, Erlangga, diperoleh melalui situs internet: https://books.google.co.id/books?id=A0Ov5OpbXAgC, v–368.

Transportation Research Board (2010): Highway Capacity Manual 2010, Transportation Research Board of the National Academies, Washington, D.C.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.15.2.147-163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ