Perkerasan Lentur Menggunakan MDPJ 2017 Berdasarkan Umur Rencana di Jawa Barat

Shinta Novriani, Andika Setiawan, Rizky Nisa Pratama

Abstract


Setiap tahun, jalan mengalami peningkatan arus dan volume  lalu lintas. Dalam mendukung Program Pemerintah terkait Potensi Pengambangan Wilayah sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah dalam pembangunan ruas jalan wisata yang menghubungkan objek-objek wisata maka diperlukan perencanaan pembuatan jalan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah akses dari suatu daerah ke daerah lain. Analisa yang dilakukan menggunakan pedoman Manual Desain Perkerasan 2017. Pelaksanaan untuk desain perkerasan lentur dibutuhkan survei lalu lintas yaitu jenis-jenis kendaraan dan volume kendaraan. Jenis kendaraan tersebut akan menentukan ketebalan yang dibutuhkan dan data tanah juga akan berpengaruh pada lapis pondasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data survei lalu lintas dan data CBR lapangan. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Kuningan. Nilai R berdasarkan pertumbuhan laju lalu lintas tahunan didapat sebesar 28,280. Hasil dari nilai CESAL5 diatas maka nilai ESA (juta) dalam 20 tahun adalah 1,2 dengan struktur perkerasan AC tebal ≥ 100 mm dengan lapis pondasi berbutir (ESA pangkat 5). Pada struktur pondasi perkerasan desain didapat kelas kekuatan tanah dasar SG4 karena nilai CBR desain tanah dasar seragam di lapangan yaitu 3,9% yang dibulatkan 4,0% maka kelas kekuatan tanah dasar SG4 dengan CESAL5 yaitu 1.32E+06 memerlukan perbaikan sebesar 100 mm. Berdasarkan data jumlah lalulintas harian rata-rata tahunan pada umur rencana 20 tahun yang didapat yaitu sebesar 1.32E+06 CESAL5. Struktur lapisan perkerasan pada AC WC setebal 4 cm, untuk AC BC setebal 6 cm, LFA Kelas A yang digunakan setebal 40 cm dan perbaikan tenah dasar setebal 10 cm.

Keywords


MDPJ 2017, Perkerasan, Lentur, Volume

Full Text:

PDF

References


A. Setiawan, I. Satya Soerjatmodjo, and F. Mustakim, “Pemasangan Barier Simpang Tiga Tak Bersinyal pada Jalan Putri Tunggal, Kota Depok,” Konstruksia, vol. 14, no. 2, pp. 128–140, 2023, doi: 10.24853/jk.14.2.128-140.

I. S. S. Fauzan, Ardhan Rizakdy, Harwidyo Eko Prasetyo, Andika Setiawan, “Three Arm Unsignalized Intersection On Jalan Perjuangan – Jalan Kaliabang Babelan, North Bekasi,” Int. J. Civ. Eng. Infrastruct., vol. 1, no. 2, pp. 54–61, 2021.

H. K. Buwono, A. Setiawan, and O. Damarwulan, “Pemodelan Polinomial Kecepatan Kendaraan Ringan Pada Bundaran,” Agregat, vol. 7, no. 1, pp. 642–648, 2022, doi: 10.30651/ag.v7i1.13297.

S. N. Ryan Rivaldi, “Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Terhadap Kapasitas Ruas Jalan Di Kota Bandung (Studi Kasus: Jalan Raya Ujung Berung Kota Bandung),” J. Res. Inov. Civ. Eng. As Appl. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 22–33, 2024.

A. A. Anisarida, E. Hafudiansyah, and E. Kurniawan, “Perencanaan Tebal Perkerasan Ruas Jalan a Di Kabupaten Lebak,” J. Tek. Sipil Cendekia, vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2020, doi: 10.51988/vol1no1bulanjulitahun2020.v1i1.4.

H. E. Prasetyo, A. Setiawan, and A. Pradana, “Kinerja Simpang Empat Tak Bersinyal Berdasarkan Derajat Kejenuhan Pada Jalan Raya Mabes Hankam – Jalan Raya Setu,” Konstruksia, vol. 13, no. 2, pp. 135–145, 2022.

J. D. P. Harwidyo Eko Prasetyo, Andika Setiawan, “Kinerja Pelayanan Simpang Tak Bersinyal Empat Lengan pada Jalan Raya,” J. Green Complex Eng., vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2023, doi: 10.59810/jgce.v1i1.36.

I. S. S. Andika Setiawan, Harwidyo Eko Prasetyo, Heru Setiawan, “Performance Of The Three-Armed Unsignalized Interchange On Jalan Tipar Cakung, East Jakarta,” Int. J. Civ. Eng. Infrastruct., vol. 2, no. 1, pp. 88–96, 2022, doi: https://doi.org/10.24853/ijcei.2.1.88-96.

A. R. Harwidyo Eko Prasetyo, Andika Setiawan, Trijeti, Tanjung Rahayu R, “The Performance Of Queue Length Of Vehicle On The Roundabout At Selamat Datang Monument Using PTV VISSIM,” Int. J. Civ. Eng. Infrastruct., vol. 1, no. 2, pp. 10–16, 2021.

P. T. P. Harwidyo Eko Prasetyo, Andika Setiawan, Irnanda Satya Soeratmodjo, “Proyeksi Panjang Antrian Pada Bundaran Kelapa Gading Dengan Menggunakan PTV VISSIM,” Konstruksia, vol. 14, no. 1, pp. 122–130, 2022, doi: https://doi.org/10.24853/jk.14.1.122-130.

A. Setiawan et al., “Perbandingan Kecepatan Pada Bundaran Dengan Menggunakan PTV VISSIM,” Konstruksia, vol. 15, no. 1, p. 169, 2023, doi: 10.24853/jk.15.1.169-178.

H. K. Buwono, H. Khoeri, A. Setiawan, B. Badaruddin, D. Sofiana, and D. Puspitaningrum, “Pemodelan Empiris Pemeliharaan Pada Perkerasan Chip Seal Dan Laston,” Konstruksia, vol. 15, no. 1, p. 179, 2023, doi: 10.24853/jk.15.1.179-191.

D. J. B. marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Manual Desain Perkerasan Jalan, no. No. 02/M/BM/2017. Indonesia, 2017. [Online]. Available: inamarga.pu.go.id/index.php/nspk/detail/02mbm2017-manual-desain-perkerasan-jalan

A. Setiawan, “Proyeksi Kinerja Tundaan Pada Bundaran Monumen Selamat,” Konstruksia, vol. 13, no. 1, pp. 128–136, 2021, doi: https://doi.org/10.24853/jk.13.1.128–136.

S. Y. E. Manggala, Mohammad Rafii Tiara, Laily Endah Fatmawati, Nurani Hartatik, Yudi D. Prasetyo, “Perencanaan Perkerasan Kaku Jalan Lingkar Tuban Provinsi Jawa Timur,” J. KACAPURI, vol. 5, no. 1, pp. 210–219, 2022.

S. N. Rival, Martinus Agus S, “Analisis Perencanaan Pada Peningkatan Ruas Jalan Raya Cirebon – Sumber (Jl.Pangeran Cakrabuana) Kabupaten Cirebon,” J. Res. Inov. Civ. Eng. As Appl. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 20–29, 2023.

R. E. Wibisono and K. D. Fitriani, “Perhitungan Perencanaan Perkerasan Lentur Jalan Batas Kota Kediri – Nganjuk Menggunakan Metode MDPJ 2017,” Publ. Ris. Orientasi Tek. Sipil, vol. 5, no. 1, pp. 36–43, 2023, doi: 10.26740/proteksi.v5n1.p36-43.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.15.2.111-119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ