Manajemen Lalu Lintas Pada Simpang 3 Lengan Dengan Tinjauan Tundaan

Andika Setiawan, Harwidyo Eko Prasetyo, David Muhtadi, Shinta Novriani, Trijeti Trijeti

Abstract


Suatu perkotaan tidak lepas dari kepadatan lalu lintas karena pergerakan manusia yang tinggi. Pada kasus simapng 3 lengan salah satunya ialah kemacetan. Untuk itu perlu dilakukan kajian pada simpang tersebut untuk mengevaluasi kinerja pada simpang. Simpang yang dikatakan mengalami kemacetan jika nilai derajat kejenuhan lebih dari 1. Hasil kondisi eksisting yang di evaluasi maka dapat dilakukan pengambilan keputusan terhadap simpang tersebut. Untuk metodologi dengan mensurvei lalu lintas yang didapatkan dengan 3 jenis kendaraan yaitu mobil penumpang, kendaraan besar dan sepeda motor. Survei dilakukan selama 3 hari untuk mendapatkan volume kendaraan perharinya. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan analisis lebih lanjut. Untuk analisis pertama dilakukan dengan melihat pada kondisi eksisting berdasarkan volume kendaraan yang di survei. Berdasarkan data volume kendaraan dihubungkan terhadap kapasitas. Kapasitas melihat dari rumus yang ada di MKJI. Pada tinjauan kapasitas melihat faktor-faktor diantaranya pendekat rata-rata, factor median, ukuran kota, factor hambatan samping, dan aspek lainnya. Pada analisis eksisting pada simpang 3 lengan tersebut didapat nilai derajat kejenuhan sebesar 1,1. Untuk nilai tundaan pada kondisi eksisting pada simpang 3 lengan didapat sebesar 21,81 det/smp. Dengan kondisi derajat kejenuhan yang lebih dari 1, maka perlu dilakukan manajemen lalu lintas pada simpang tersebut. Fungsi dari manajemen lalu lintas untuk menurunkan nilai derajat kejenuhan yang diharapkan saat diaplikasikan tingkat kemacetan dapat terurai. Manajemen lalu lintas yang dilakukan dengan memasang barrier pada simpang tersebut. Dengan manajemen lalu lintas berupa pemasangan barrier pada simpang tersebut didapat nilai derajat kejenuhan sebesar 0,7. Dengan pemasangan barrier didapat nilai tundaan sebesar 10,87 det/smp.

Keywords


Simpang, Derajat Kejenuhan, Tundaan

Full Text:

PDF

References


A. R. Harwidyo Eko Prasetyo, Andika Setiawan, Trijeti, Tanjung Rahayu R, “The Performance Of Queue Length Of Vehicle On The Roundabout At Selamat Datang Monument Using PTV VISSIM,” Int. J. Civ. Eng. Infrastruct., vol. 1, no. 2, pp. 10–16, 2021.

A. Setiawan, “Optimalisasi Kecepatan Kendaraan Di Bundaran HI Menggunakan PTV VISSIM Dengan Electronic Road Price (ERP),” Majalah Lintas, Jakarta, pp. 176–179, 2021.

A. Setiawan, “Proyeksi Kinerja Tundaan Pada Bundaran Monumen Selamat,” Konstruksia, vol. 13, no. 1, pp. 128–136, 2021, doi: https://doi.org/10.24853/jk.13.1.128–136.

P. T. P. Harwidyo Eko Prasetyo, Andika Setiawan, Irnanda Satya Soeratmodjo, “Proyeksi Panjang Antrian Pada Bundaran Kelapa Gading Dengan Menggunakan PTV VISSIM,” Konstruksia, vol. 14, no. 1, pp. 122–130, 2022, doi: https://doi.org/10.24853/jk.14.1.122-130.

I. S. S. Andika Setiawan, Harwidyo Eko Prasetyo, Heru Setiawan, “Performance Of The Three-Armed Unsignalized Interchange On Jalan Tipar Cakung, East Jakarta,” Int. J. Civ. Eng. Infrastruct., vol. 2, no. 1, pp. 88–96, 2022, doi: https://doi.org/10.24853/ijcei.2.1.88-96.

H. K. Buwono, H. Khoeri, A. Setiawan, B. Badaruddin, D. Sofiana, and D. Puspitaningrum, “Pemodelan Empiris Pemeliharaan Pada Perkerasan Chip Seal Dan Laston,” Konstruksia, vol. 15, no. 1, p. 179, 2023, doi: 10.24853/jk.15.1.179-191.

A. Setiawan, H. E. Prasetyo, S. Novriani, I. Satya, and F. Hanif, “Tingkat Keselamatan Pada Simpang Tiga Dengan Metode Traffic Conflict Technique Pada Persimpangan Jalan Raya Kalimalang – Jalan Raden Inten,” J. Konstr., vol. 15, no. 2, pp. 164–176, 2024, doi: http://dx.doi.org/10.24853/jk.15.2.164-176 Copyright.

H. K. Buwono, A. Setiawan, and O. Damarwulan, “Pemodelan Polinomial Kecepatan Kendaraan Ringan Pada Bundaran,” Agregat, vol. 7, no. 1, pp. 642–648, 2022, doi: 10.30651/ag.v7i1.13297.

H. E. Prasetyo, A. Setiawan, and A. Pradana, “Kinerja Simpang Empat Tak Bersinyal Berdasarkan Derajat Kejenuhan Pada Jalan Raya Mabes Hankam – Jalan Raya Setu,” Konstruksia, vol. 13, no. 2, pp. 135–145, 2022.

MKJI, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Bina Jalan Kota, Kementerian Pekerjaan Umum, 1997. doi: 10.1021/acsami.7b07816.

A. Setiawan et al., “Perbandingan Kecepatan Pada Bundaran Dengan Menggunakan PTV VISSIM,” Konstruksia, vol. 15, no. 1, p. 169, 2023, doi: 10.24853/jk.15.1.169-178.

B. H. Susilo, Buku Rekayasa Lalu Lintas, Edisi Revi. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti, 2015.

I. S. S. Fauzan, Ardhan Rizakdy, Harwidyo Eko Prasetyo, Andika Setiawan, “Three Arm Unsignalized Intersection On Jalan Perjuangan – Jalan Kaliabang Babelan, North Bekasi,” Int. J. Civ. Eng. Infrastruct., vol. 1, no. 2, pp. 54–61, 2021.

A. Setiawan, I. Satya Soerjatmodjo, and F. Mustakim, “Pemasangan Barier Simpang Tiga Tak Bersinyal pada Jalan Putri Tunggal, Kota Depok,” Konstruksia, vol. 14, no. 2, pp. 128–140, 2023, doi: 10.24853/jk.14.2.128-140.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.16.1.119-130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ