Penerapan Standar PDGJ 2021 Dalam Perencanaan Geometrik Jalan Baru

Authors

  • Shinta Novriani Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Andika Setiawan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Hannum Chairunissa Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.24853/jk.16.2.132-145

Abstract

Perencanaan geometrik jalan yang sesuai standar merupakan komponen penting dalam menunjang keselamatan, kenyamanan, dan efisiensi transportasi. Penelitian ini menerapkan Pedoman Desain Geometrik Jalan Antar Kota (PDGJ) 2021 pada perencanaan jalan baru, dengan tujuan untuk memastikan elemen-elemen desain seperti kelandaian, radius tikungan, dan jarak pandang sesuai dengan ketentuan teknis terkini. Metode yang digunakan meliputi survei topografi, analisis trase, dan perhitungan elemen geometrik berdasarkan kecepatan rencana. Hasilnya menunjukkan bahwa trase yang dirancang memiliki kelandaian maksimum sebesar 12,1% dan rata-rata sebesar 4,9%, yang masih sesuai untuk kelas jalan tertentu. Selain itu, elemen horizontal seperti tikungan juga berada dalam toleransi standar. Penerapan PDGJ 2021 terbukti memberikan kejelasan teknis dan kemudahan implementasi di lapangan, serta dapat membantu perencana dalam menyesuaikan desain dengan kondisi medan yang bervariasi. Kajian ini merekomendasikan penggunaan pendekatan berbasis standar nasional dalam seluruh tahapan perencanaan jalan untuk menghasilkan desain yang aman, efisien, dan berkelanjutan.

References

Risno, Nashir T.Muh, and Kasmaida, “Evaluasi Geometrik Jalan pada Tikungan (Lengkung Horisontal) Berdasarkan Pedoman Desain Geometrik Jalan Tahun 2021 (Studi Kasus: Jalan Swaka Alam Lestari),” J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, vol. 4, no. 2, pp. 2484–2496, Feb. 2025.

A. Setiawan, “Optimalisasi Kecepatan Kendaraan Di Bundaran HI Menggunakan PTV VISSIM Dengan Electronic Road Price (ERP),” Majalah Lintas, Jakarta, pp. 176–179, 2021.

A. Setiawan et al., “Perbandingan Kecepatan Pada Bundaran Dengan Menggunakan PTV VISSIM,” Konstruksia, vol. 15, no. 1, p. 169, 2023, doi: 10.24853/jk.15.1.169-178.

A. Setiawan, “Proyeksi Kinerja Tundaan Pada Bundaran Monumen Selamat,” Konstruksia, vol. 13, no. 1, pp. 128–136, 2021, doi: https://doi.org/10.24853/jk.13.1.128–136.

H. K. Buwono, A. Setiawan, and O. Damarwulan, “Pemodelan Polinomial Kecepatan Kendaraan Ringan Pada Bundaran,” Agregat, vol. 7, no. 1, pp. 642–648, 2022, doi: 10.30651/ag.v7i1.13297.

H. E. Prasetyo, A. Setiawan, and A. Pradana, “Kinerja Simpang Empat Tak Bersinyal Berdasarkan Derajat Kejenuhan Pada Jalan Raya Mabes Hankam – Jalan Raya Setu,” Konstruksia, vol. 13, no. 2, pp. 135–145, 2022.

S. Hikmansyah, T. Mallawangeng, and N. Yunianti, “Desain Geometrik Jalan Pada Jalan Kebun Kopi – Toboli Sulawesi Tengah,” Jurnal Penelitian Teknik Sipil Konsolidasi, vol. 3, no. 1, pp. 91–97, Jan. 2025, doi: 10.56326/jptsk.v3i1.4340.

P. T. P. Harwidyo Eko Prasetyo, Andika Setiawan, Irnanda Satya Soeratmodjo, “Proyeksi Panjang Antrian Pada Bundaran Kelapa Gading Dengan Menggunakan PTV VISSIM,” Konstruksia, vol. 14, no. 1, pp. 122–130, 2022, doi: https://doi.org/10.24853/jk.14.1.122-130.

A. Setiawan, I. Satya Soerjatmodjo, and F. Mustakim, “Pemasangan Barier Simpang Tiga Tak Bersinyal pada Jalan Putri Tunggal, Kota Depok,” Konstruksia, vol. 14, no. 2, pp. 128–140, 2023, doi: 10.24853/jk.14.2.128-140.

K. P. U. dan P. R. Direktorat Jenderal Bina Marga, Pedeoman Desain Geometrik jalan. 2021, pp. 1–84. [Online]. Available: http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

S. Y. Marlianti, U. Subagyo, and N. D. Raharjo, “Perencanaan Geometrik Pada Jalan Penghubung Pantai Jebring Ke Serit Di Kabupaten Blitar,” Mar. 2023. [Online]. Available: http://jos-mrk.polinema.ac.id/

Downloads

Published

2025-07-31