ANALISIS KINERJA U-TURN (STUDI KASUS U-TURN DI ITC JALAN LETJEN SOEPONO, JAKARTA)

Harwidyo Eko Prasetyo, Tri Santoso

Abstract


Jakarta merupakan ibu kota yang mengalami pertambahan penduduk sangat cepat setiap tahunnya, hal tersebut berpengaruh juga pada volume kendaraan yang ada di jalan raya kota Jakarta, salah satunya lalu lintas yang ada di Jalan Letjen Soepono (Arteri Permata Hijau) tepatnya di sebelah barat ITC Permata Hijau. Akses masuk ke ITC Permata Hijau dari arah timur serta penghuni maupun pengunjung Bellezza Apartemen yang akan keluar kearah timur akan bermanuver balik arah pada bukaan median jalan sisi sebelah barat, sehingga akan menimbulkan tundaan dan antrian pada kendaraan yang bergerak searah dengan arah kendaraan sebelum melakukan manuver berbalik arah maupun kendaraan pada jalur yang lain akibat dari manuver kendaraan tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh manuver berbalik arah kendaraan terhadap kinerja jalan, dan menentukan tundaan operasional dari arus lalu lintas pada kedua arah , serta mengevaluasi karakteristik lalu lintas akibat U-Turn. Metode untuk acuan utama yaitu dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI ) tahun 1997. Hasil penelitian bahwa volume terbesar di ruas jalan Letjen Soepono (Arteri Permata Hijau) terjadi pada hari kerja 1 pukul 07.00 - 08.00 arah Kebon Jeruk - Simprug sebesar 4908.65 smp/jam dengan tingkat pelayanan jalan (Q/C) > 0,75. Kecepatan kendaraan terendah pada arus terganggu oleh U-Turn adalah 38,01 km/jam terjadi pada arah Kebon Jeruk - Simprug, hari kerja 2 antara pukul 07.00 - 08.00. Rata-rata jumlah kendaraan dalam satu kasus U-Turn antara 3.13 - 3.47 kendaraan sedangkan rata-rata tundaan per kendaraan yang dipengaruhi adalah antara 6.77 - 7.73 detik. Analisa Greenshield & Shockwave didapat panjang antrian antara 90 - 350 meter.


Keywords


U-Turn, Greenshield, Shockwave, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI ) tahun 1997

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Bina Marga, Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga, Pedoman Perencanaan Putaran Balik (U-Turn), Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Direktorat Pembinaan Jalan Kota, 1990, Tata Cara Perencanaan Pemisah, Bina Marga, Jakarta.

Departemen Perhubungan,2005 : Peraturan Dirjen Perhubungan Darat No. 770.

Khisty,C. Jotin, B. Kent Lall, 2003, Dasar-dasar Rekayasa Transportasi Jilid I, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Mochamad Ichsan Nugraha. 2016, Analisis Kinerja Pelayanan Putaran Balik Arah (U-TURN), Terhadap Pengadaan Shelter Trans Jogja.

Munawar, Ahmad, 1995, Dasar-Dasar Teknik Transportasi, Beta Offset, Yogyakarta.

Ofyar Z. Tarmin, 2003, Perencanaan & Pemodelan Transportasi Edisi Kesatu, Penerbit ITB, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.11.2.17-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ