EVALUASI KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KINERJA MANAJEMEN PROYEK KONTRAKTOR BESAR (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN BENDUNGAN KLM DI PROVINSI BANTEN)

Andi Madeppungeng, Dwi Esti Intari, Nuzulan Nur Fauziah

Abstract


Bendungan KLM merupakan mega proyek provinsi Banten. Bendungan KLM apabila dilihat dalam fungsinya maka bendungan ini berjenis bendungan serbaguna, yaitu pembangunan bendungan tidak hanya bertujuan untuk memperoleh manfaat tunggal, tapi untuk lebih dari satu manfaat seperti : untuk penyedia air irigasi, tenaga listrik, air baku, pengendali banjir, perikanan, rekreasi dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan metode survei lapangan dengan melakukan pengamatan di lokasi proyek pembangunan Bendungan KLM untuk mengevaluasi kepuasan pelanggan terhadap kinerja manajemen proyek kontraktor besar di bendungan KLM dan penyebaran kuesioner yang digunakan untuk mengukur kinerja manajemen proyek dari sudut pandang tingkat kepuasan dan kepentingan. Selanjutnya dilakukan evaluasi dengan tiga metode yaitu metode customer satisfaction index (CSI), metode analisis gap, dan metode importance performance analysis (IPA). Identifikasi tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelaksanaan manajemen proyek sebesar 68,64%, berdasarkan analisa CSI termasuk kategori puas. Hasil analisis kesenjangan, nilai total skor gap tertinggi terdapat pada variabel ketepatan waktu penyelesaian proyek (S2) sebesar 84 yang berarti pelanggan merasa sangat tidak puas terhadap kinerja variabel tersebut, dan total skor gap terendah terdapat pada variabel mengutamakan kepentingan pemilik (S30) sebesar 29 yang berarti pelanggan merasa sangat puas terhadap kinerja variabel tersebut. Sementara itu, berdasarkan metode IPA, kesesuaian laporan proyek dengan kondisi aktual di lapangan (S6) menjadi indikator prioritas yang perlu ditingkatkan demi mencapai kepuasan pengguna jasa yang lebih baik lagi.

Keywords


Kepuasan pelanggan, Manajemen proyek, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA).

Full Text:

PDF

References


Bilson, Simamora. (2005). “Analisis Multivariat Pemasaran”. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Fitriana, Dewi. dkk. (2014). “Pengukuran Kepuasan Kontraktor Terhadap Kinerja Klien Pada Proyek Konstruksi Swasta”. Jurnal Karya Teknik Sipil. Vol. 3, No. 1. 2014 : 283-295.

Garvin, D.A. (1988) “Managing Quality”. The Free Press, New York.

Ichsan, Muhammad, (2015). “Studi Kinerja Perusahaan Konstruksi Dalam Lingkup Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar”. Universitas Hasanuddin, Makassar.

Idrus, Arazi Bin. Sodangi, Mahmoud. (2010). “Framework for Evaluating Quality Performance of Contractors in Nigeria”. Internatinal Journal of Civil & Environmental Engineering. Vol. 10 No. 01. Februari 2010 : 31-36.

John A. Martilla dan John C. James. (1997). “Journal of Marketing”. Vol. 41, No.1. Januari 1997.

Julia, Vica. (2015). “Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Pelayanan Kesyahbandaraan di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta”. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 2018. “Buku Panduan Pembangunan Bendungan Serbaguna KLM”. Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Khasani, Riqi Radian. (2013). “Evaluasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja Manajemen Proyek Kontraktor Besar Bangunan Gedung”. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, Semarang.

Kirom, Bahrul. (2015). “Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen (Service Performance and Customer Satisfaction Measurement)”. Cetakan Keempat (Edisi Revisi). Januari 2015. Pustaka Reka Cipta, Bandung.

Kotler, Philip. (2004). “Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium”. Jakarta : Indeks.

Kurniawan, Deddy. (2015). “Faktor-faktor Kritis Penentu Kepuasan Pelanggan Terhadap Proyek Kontraktor Bangunan Gedung Di Kota Bukittinggi”. Program Pascasarjana Universitas Bung Hatta, Padang.

Lembaga Pengembangan Jasa konstruksi Nasional No. 3 Tahun 2017 Tentang Sertifikasi dan Rgistrasi Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi. 2017. Jakarta.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Berry, L.L. (1985) “A conceptual model of service quality and its implications for future research”. Journal of Marketing. Vol. 49 No.4. Autumn 1985 : 41 – 50.

Project Management Institute Fifth Edition 2013 A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK® Guide).

Pujiyono, Bambang. dkk. (2014). “Manajemen Proyek : Konsep Manajemen Proyek”. ISBN 9789790115781. Universitas Terbuka, Jakarta. 1-42.

Rahman, Abdul. Alzubi, Yazan. (2015). “Exploring Key Contractor Factors Influencing Client Satisfaction Level in Dealing with Construction Project : an Empirical Study in Jordan”. International Journal of Academic Research in Business and Social Science ISSN : 2222-6990. Vol. 5 No. 12. Desember 2015 : 109-126.

Sari, Kharisma Permata. Suraji, Akhmad. Fauzan. (2017). “Analisa Kepuasan Pelanggan Terhadap Penerapan Manajemen Proyek Konstruksi Pada Pekerjaan Rangka Atap Baja Ringan”. Prosiding 4th Andalas Civil Engineering (ACE) Conference. 9 November 2017. Universitas Andalas, Padang. 87-98.

Sumaga, Arfan Usman. (2013). “Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Penerapan Manajemen Rekayasa Konstruksi Profesional Ruko Di Kawasan Bussiness Park Kota Gorontalo”. Jurnal Ilmiah Media Engineering ISSN : 2087-9334. Vol. 3 No. 1, Maret 2013 : 6-13.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2005. “Service, Quality & Satisfaction”. Andi. Yogyakarta.

Trisnawati, Luh Dewi. (2015). “Analisis Kinerja Proyek Terhadap Kepuasan Stakeholders”. Program Pascasarjana Universitas Udayana, Denpasar.

Umbara, I Putu Yudha. (2016). “Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Konsultan Pengawas”. Karya Tulis Ilmiah. Angka Kredit Pengembangan Profesi Jabatan Fungsional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah ULP Kabupaten Badung, Bali.

Utami, Anin. (2004). “Kajian Risiko Proyek Rehabilitasi Bendungan Tailing (Studi Kasus Bendungan Limbah Tailing PT. KEM di Kalimantan Timur)”. Universitas Teknologi Bandung, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.11.2.59-71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ