PEMILIHAN METODE PERBAIKAN DAN PERKUATAN STRUKTUR AKIBAT GEMPA (STUDI KASUS PADA BANK SULTENG PALU)

Heri Khoeri

Abstract


Sistem Struktur Gedung Kantor Pusat Bank Sulteng, merupakan struktur open frame dengan 1 basement dan 4 lantai di atasnya. Tidak berbeda dengan bangunan di Palu lainnya, bangunan Bank Sulteng (dahulu bernama Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tengah atau BPD Sulteng) pun turut terkena gempa bumi Sulawesi Tengah pada 28 September 2018 yang lalu. Gempa bumi tersebut menimbulkan kekhawatiran kepada para pengguna bangunan bank akan terjadinya kerusakan atau bahkan keruntuhan bangunan saat bangunan tersebut beroperasi. Oleh karena itu, untuk menghindari dan meminimalisir dampak buruk yang mungkin terjadi, maka pada bangunan bank tersebut telah dilakukan pengujian struktur. Setelah diketahui informasi kondisi eksisting bangunan, maka informasi tersebut dapat dijadikan dasar dalam melakukan analisis struktur. Hasil analisis struktur pada laporan akhir assessment yang dilakukan oleh PT. Hesa Laras Cemerlang merekomendasikan beberapa elemen struktur balok dan kolom harus dilakukan perbaikan dan perkuatan. Untuk memilih strategi perbaikan performa seismik dan teknik perkuatan yang tepat harus selain mempertimbangkan faktor kekuatan dan daktilitas struktur untuk menjamin keselamatan penggunanya, juga harus mempertimbangkan biaya, faktor keutamaan bangunan (misalnya bangunan strategis harus memiliki performa yang lebih dibanding rumah tinggal,  karena harus tetap berfungsi pasca gempa agar tidak terjadi dampak buruk susulan akibat tidak berfungsinya bangunan strategis tersebut) dan juga aspek kemudahan dalam pelaksanaan. Alternatif perkuatan yang dikaji dalam studi ini adalah perkuatan pada kolom dengan Concrete Jacketing, Steel Jackteting dan FRP (Fyber Reinforced Polymer), dengan batasan alokasi biaya yang sama dilakukan perbandingan pada aspek kekuatan, kemudahan dalam pelaksanaan, waktu pelaksanaan, dan estetika, didapatkan hasil bahwa penggunaan FRP pada studi kasus ini merupakan alternatif yang terpilih.


Keywords


Beton, Baja, FRP, Perkuatan, Performa seismik

Full Text:

PDF

References


Elsamny, M.K., Ibrahim, M.A., Elesnawi, H.H. and Oudah, H.K.. Behaviour Of Steel Jackets Used In Strengthening Columns Subjected To Eccentric Loading. Journal Of Al Azhar University Engineering Sector ( JAUES ) Faculty Of Engineering, Al-Azhar University, Cairo, Egypt, Vol. 6, No. 19, PP. 493-514, 2011.

Ezz-Eldeen, H. A.. Steel Jacketing Technique used in Strengthening Reinforced Concrete Rectangular Columns under Eccentricity for Practical Design Applications. International Journal of Engineering Trends and Technology (IJETT) – Volume 35 Number 5- May 2016.

Hesa Laras Cemerlang, PT., 2018. Laporan Akhir Hasil Assessment Bank Sulteng Pasca Terjadinya Gempa Bumi.

Jenefer Teofany Kaontole M. D. J. Sumajouw, R. S. Windah,. Evaluasi Kapasitas Kolom Beton Bertulang Yangdiperkuat Dengan Metode Concrete Jacketing. Universitas Sam Ratulangi Fakultas Teknik Jurusan Sipil Manado, 2015.

Montuori, R. and Piluso, V. Reinforced concrete columns strengthened with angles and battens subjected to eccentric load. Elsevier Ltd., Engineering Structures 31- PP.539-550, 2009.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.12.1.93-104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ