DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT (PUPR)

Juda Suwandi

Abstract


Suatu pembangunan/pengembangan tata guna lahan atau infrastruktur akan membangkitkan atau menarik pergerakan menuju tata guna lahan tersebut. Pembangunan dan pengembangan suatu Kawasan (pusat kegiatan) dimanapun pasti mempunyai pengaruh terhadap lalu lintas di sekitarnya. Analisis Dampak Lalu Lintas (andalalin) dipergunakan untuk memprediksi apakah infrastruktur transportasi dalam daerah pembangunan tersebut dapat melayani lalu lintas (eksisting) ditambah dengan lalu lintas yang dibangkitkan atau ditarik oleh pembangunan tersebut. Kawasan Perkantoran Gedung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang terletak di Jalan Pattimura No. 20, Kecamatan Kebayoran Baru, Kotamadya Jakarta Selatan, selama ini telah menimbulkan bangkitan dan tarikan yang berpengaruh terhadap kinerja jalan yang terdapat di sekitar lokasi tersebut. Oleh karena itu untuk menghitung besaran dampak terhadap jalan yang ada perlu dilakukan Analisis Dampak Lalu Lintas, sehingga jika diperkirakan timbul dampak lalu lintas maka dampak tersebut diharapkan dapat diminimalkan dengan memberikan solusi yang tepat.


Keywords


andalalin, bangkitan/tarikan perjalanan, MKJI

Full Text:

PDF

References


Arabzadeh. A, R. Aghayari, Ali Reza Rahai (2011), Investigation of Experimental and Analytical Shear Strength of Reinforced Concrete Deep Beams. International Journal of Civil Engineering.

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta. (2012), Tindak Lanjut Kajian Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Pengembangan Kantor Kementerian Pekerjaan Umum.

MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia), 1997.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2011 tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisa Dampak, serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Analisis Dampak Lalu Lintas.

Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2014 tentang RDTR dan Peraturan Zonasi.

Pergub Nomor 146 Tahun 2016 tentang Penataan Ruang Kawasan Kebayoran Baru.

Stover, Koepke, (1998), Transportation and Development.

Tamin, O.Z. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.12.1.105-114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ