FAKTOR-FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL DALAM EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROYEK PEMBANGUNAN HOTEL ASHLEY SABANG

Eka Wulandari, Wahyu Indra Sakti Saidi

Abstract


Salah satu upaya pemerintah pusat dalam mengatasi keterbatasan lahan di wilayah DKI Jakarta yang semakin sempit untuk hunian bagi wisatawan, pengusaha, pebisnis baik warga luar Jakarta maupun wisatawan mancanegara, maka pemerintah memberikan izin kepada setiap pengusaha untuk mendirikan hunian vertikal atau hotel. Pada setiap proyek konstruksi pembangunan hotel harus tetap memperhatikan faktor-faktor eksternal dan internal yang menjadi penentu proyek tersebut efektivitas atau tidak dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor eksternal dan faktor-faktor internal penentu efektivitas pelaksanaan proyek pembangunan Hotel Ashley Sabang. Yang menjadi sampel penelitian dalam tesis ini adalah kontraktor struktur dan arsitektur, kontraktor mekanikal, elektrikal dan plumbing, dan kontraktor interior di proyek Hotel Ashley Sabang sebagai objek penelitian, dengan metode sampling purposive. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisis karakteristik responden dan analisis relative importance index (RII). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat faktor eksternal penentu efektivitas pelaksanaan proyek yang meliputi, penggunaan internet untuk mencari sumber informasi, pemakaian media e-mail sebagai alat komunikasi surat menyurat dan selalu menyelesaikan masalah dengan masyarakat jika ada perselisihan. Sedangkan faktor internal penentu efektivitas pelaksanaan proyek yaitu, komitmen yang sudah dibuat antara owner dan kontraktor tepat waktu, membuat hasil kerja lebih berkualitas dan produktivitas dan mampu bersama-sama memecahkan konflik di proyek.


Keywords


Proyek Konstruksi, Faktor Eksternal, Faktor Internal, Efektivitas

Full Text:

PDF

References


Arindya, Radita. (2019). Efektivitas Organisasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi. Media Sahabat: Surabaya.

Barry, Donald S., and Paulson. (1998). Manajemen Proyek Profesional. Pradyna Paramita: Jakarta.

Dipohusodo, Istimawan. (1996). Manajemen Proyek & Konstruksi Jilid 2. Kansius: Yogyakarta.

Endra, Febri. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). Zifatama Jawara: Sidoarjo.

Ervianto, W.I. (2005). Manajemen Proyek Konstruksi (Edisi Revisi). Andi: Yogyakarta.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (Edisi Kelima). Universitas Diponegoro: Semarang.

Hardcastle, C., Edwards, P.J., Akintoye, A.Q., & Li, B. (2002). Critical Success Factors For PPP/PFI Projects in The UK Construction Industry: A Factor Analysis Approach. Working Paper.

Hardjomuljadi, S., dan Wahyudi, N. (2009). Kendala Serah Terima Proyek Konstruksi Antara DitJen Cipta Karya Dengan Pemerintah Daerah. Universitas Katolik Parahyangan: Bandung.

Hwang, Bon-Gang., Lim, E-Sin Janicia. (2013). Critical Success Factors for Key Project Players and Objectives in the Singapore. Journal ASCE of Construction Engineering and Management. Singapore: Singapore University.

Laturpeirissa, Josefine Ernetine. (2016). Metode Perencanaan Evaluasi dan Pengendalian Pelaksanaan Proyek Konstruksi. Andi: Yogyakarta.

Sitanggang, Nathanael., Simarmata, Janner., dan Luthan, Putri. Lynna. (2019). Pengantar Konsep Manajemen Proyek untuk Teknik. Yayasan Kita Menulis: Sumatera Utara.

Soeharto, I. (1995). Manajemen Proyek: Dari Konseptual Sampai Operasional. Erlangga: Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Trianto (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Trition, P.B. (2008), SPSS 13.0 Terapan. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Widiansanti, Irika., dan Lenggogeni. (2013). Manajemen Konstruksi. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.12.2.88-104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ