KEBUTUHAN FASILITAS PENYEBERANGAN JALAN DI PUSAT PERBELANJAAN MODERN (STUDI KASUS: MALL OF SERANG)

Andi Maddeppungeng, Dwi Esti Intari, Nur Ajeng Apdiana

Abstract


Kota Serang merupakan pusat pemerintahan Provinsi Banten. Mall Of Serang merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern di Kota Serang , yang terletak di Jalan Raya Jakarta yang lokasinya sangat strategis karna dekat dengan gerbang tol Serang Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fasilitas penyeberangan yang layak  dan untuk mengetahui desain fasilitas penyeberangan jalan di depan Mall Of Serang. Menganalisa kebutuhan fasilitas penyeberangan jalan ini menggunakan panduan dari Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Tahun 2018. Perencanaan Teknis Fasilitas Pejalan Kaki dengan menggunakan rumus PV2 dimana P merupakan volume penyeberangan jalan (orang-jam) dan V merupakan volume arus kendaraan (kendaraan/jam) dan untuk mendesain fasilitas penyeberangan jalan menggunakan software google sketchup 2021. Hasil dari penelitian ini bahwa volume lalu lintas kendaraan dan volume penyeberang jalan dalam rumus PV2 menghasilkan PV2 rata-rata dengan P = 59 orang/jam, V = 12597 (kendaraan/jam), maka menghasilkan PV2 = 9303698748 (9×109) dan hasil tersebut disesuaikan kedalam tabel penentuan fasilitas penyeberangan pejalan kaki menurut Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Tahun 2018 yang menghasilkan fasilitas berupa pelican cross dengan kriteria P = 50-1100 orang/jam dan V = >750 kendaraan/jam.


Keywords


Pejalan Kaki, Fasilitas Penyeberangan Jalan, Pelican Cross

Full Text:

PDF

References


Idris, Zi. (2007). Jembatan Penyeberangan Di Depan Kampus UMS Sebagai Fasilitas Pejalan Kaki. 7(1).

Budiman, A., Suryani, I., & Wijianto, R. (2014). Analisa Kebutuhan Fasilitas Penyeberangan Jalan Di Depan Kampus FT. Unirta Kota Cilegon. August.

Intari, D. E., Setiawati, D. N., & Eliany, M. (2019). Analisis Kebutuhan Fasilitas Penyeberangan Jalan Di Depan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Kota Serang. Jurnal Fondasi, 8(2).

Wowor, D. C., Lefrandt, L. I. R., & Pandey, S. V. (2019). Analisa Kebutuhan Fasilitas Penyeberangan Jalan Depan IT Center , Kota Manado. Jurnal Tekno, 17(73).

Juniardi. (2010). Analisis Kebutuhan Faslitas Penyeberangan Perilaku Pejalan Kaki Menyeberang Di Ruas Jalan Kartini Bandar Lampung. Jurnal Teknik Sipil UBL, 1(1).

Nunung Widyaningsih, Dr, D. I., & Daniel, O. (2019). Analisis Karakteristik dan Perlaku Penyeberangan Orang Pada Fasilitas Penyeberangan Zebra Cross dan Pelican Cross (Studi Kasus Ruas Jalan M. H. Thamrin). Pengembangan Rekayasa Dan Teknologi, 15(1).

Soehartono. (2013). Analisis Sarana Penyeberangan dan Perilaku Pejalan Kaki Menyeberang Di Ruas Jalan Prof. Sudarto, SH Kecamatan Banyumanik Kota Semarang.

UJM, J. F.-U. (2018). Pedoman Penulisan Dan Penyusunan Tugas Akhir/Skripsi. Jurusan Teknik Sipil.

Serang, B. P. S. K. (2020). Serang Municipality in Figures 2020. BPS Kota Serang.

PUPR, K. (2018). Perencanaan Teknis Fasilitas Pejalan Kaki. Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

PU, K. (2014). Modul Ajar Kapasitas Jalan Perkotaan. In Panduan Kapasitas Jalan Indonesia. Direktorat Jendral Bina Marga.

Teknik, D. B. (1995). Tata Cara Perencanaan Fasilitas Pejalan Kaki Di Kawasan Perkotaan. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga.




DOI: https://doi.org/10.24853/jk.12.2.164-173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Konstruksia Indexing By:

    


Copyright of Jurnal Konstruksia (e-ISSN:2443-308X, p-ISSN:2086-7352).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ