PEMBUATAN SABUN KALSIUM KOMPLEKS SEBAGAI THICKENER PELUMAS PADAT (GREASE) DARI MINYAK JELANTAH

Lailan Ni`mah, Nadya Maharani

Abstract


Minyak jelantah mempunyai potensi yang cukup tinggi untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan gemuk (grease). Hal ini disebabkan oleh komposisi asam lemak yang terdapat dalam minyak jelantah tidak jauh berbeda dengan komposisi asam lemak yang terdapat dalam minyak sawit murni. Selain itu, nilai koefisien gerak minyak jelantah juga tidak terlalu jauh berbeda dengan minyak sawit murni, sehingga minyak jelantah dapat digunakan sebagai bahan baku grease. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan formulasi grease minyak jelantah dan sabun kalsium kompleks sebagai thickener yang memiliki karakteristik mendekati pelumas padat SNI dan mengetahui kualitas dari pelumas padat yang dihasilkan. Metode yang dilakukan pada pembuatan pelumas padat (grease) ini terdiri dari dua tahap.  Tahapan pertama adalah proses pembuatan sabun kalsium kompleks dengan variasi yang telah ditentukan dan menganalisa sabun kalsium kompleks tersebut. Tahapan kedua merupakan pembuatan grease dari sabun kalsium kompleks dan minyak jelantah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh sabun kalsium kompleks optimum pada sabun Ca-asetat dan Ca-minyak kacang 2:1. Diperoleh kadar basa bebas 0 dan bahan tidak tersabunkan 0,822. Penambahan asam asetat terhadap gemuk kalsium kompleks menghasilkan warna gemuk yang bertambah gelap, tektur yang semakin berserat.

Full Text:

PDF

References


Badan Standarisasi Nasional-BSN. 1990. SNI Standar Mutu Sabun Logam, SNI 06-2048-1990.

Dermawan. 1998. Kajian Awal Konversi Minyak Sawit Menjadi Bahan Pelumas. Laporan Penelitian Jurusan Teknik Kimia ITENAS. Bandung.

Dresel, W., Heckler., 2007. Lubricating Greases. Base Oil. Lubricants and Lubrication. 2nd Ed. Edited by Theo Mang and W. Dresel, WILEY-VCH Verlag GmbH & Co. KGaA, Weinheim, ISBN: 978-3-527-31497-3.

Gow G. 2010. Lubricating Grease: Chemistry and Technology Lubricants 3rd ed. Springer. Netherlands.

Herawan T, Yuliasari R.G, Purboyo H. 2004. Studi Pendahuluan Pemanfaatan Asam Lemak Sawit Destilat Sebagai Bahan Baku Minyak Dasar Pelumas. Pusat Penilitian Kelapa Sawit. Medan.

Kahar. 2004. Respon Minyak Jelantah Terhadap Pemberian Sekam Padi. Universitas Semarang. Semarang.

Lansdown A.R., 2007, Lubrication and Lubricant Selection, A Practical Guide, Third Edition, London: Professional Engineering Publishing Limited.

La Ode, S, Mukmillah, L. Istianah, R,. 2008. Analisis Mutu Minyak Jelantah Hasil Peremajaan Menggunakan Tanah Diatomit Alami dan Terkalsinasi. Program Studi Kimia FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jalan Ir. H. Juanda No 95 Ciputat Jakarta 15412 Indonesia dan Program Studi Kimia Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Mahreni. 2010. Peluang dan Tantangan Komersialisasi Biodiesel-Review. Jurnal Eksergi Volume X nomor 2. Yogyakarta : Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Marth J.S., 2007. Renewable Lubricants Manual Biobased Oils, Fluids & Greases, United Bio Lube. www.biolubricants.us/Renewable_Lubricants_Manual.html Accessed: July 26, 2010.

PPKS. 2004. Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit. Medan

Sharma B.K., Adhvaryu A., Perez J.M., Erhan S.Z. 2006. Biobased grease with improved oxidation performance for industrial application, Journal of Agricultural and Food Chemistry. 54:7594-7599.

US Army Corps of Engineers (USACE). 1999. Lubricants and Hydraulic Fluids. Engineer Manual 1110-2-1424. Headquarters, USACE. Washington, DC.

Wulandari M. 2009. Pembuatan Gemuk Bio Foodgrade Menggunakan Thickener Sabun Kalsium Kompleks. Universitas Indonesia. Depok.




DOI: https://doi.org/10.24853/konversi.11.1.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Konversi Indexed By

doaj gsgarudasincroisjdonebase oneone

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ