PEMBUATAN PELET PROBIOTIK DARI LIMBAH AMPAS TAHU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PAKAN TERNAK

Mabrur Mabrur, Nurul Hidayati Fithriyah

Abstract


Tahu merupakan makanan khas di Indonesia yang terbuat dari kedelai. Makanan ini terkenal meluas di lingkungan masyarakat karena harganya yang terjangkau, mudah diperoleh dan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Tahu diproduksi dengan memanfaatkan sifat protein, yaitu menggumpal saat bereaksi dengan asam. Penggumpalan protein oleh asam cuka berlangsung
begitu cepat sehingga sebagian air yang semula tercampur akan terperangkap didalamnya. Pengeluaran air yang terperangkap didalamnya menggunakan tekanan. Semakin besar tekanan
yang diberikan, semakin banyak air yang dikeluarkan dari gumpalan protein. Gumpalan protein itulah yang kemudian disebut sebagai tahu. Dari hasil proses pembuatan tahu ini menghasilkan limbah dari filtrasi berupa limbah cair dan padat, limbah padat dikenal dengan ampas tahu yang masih memiliki kandungan protein yang tinggi. Penggunaan probiotik telah lama digunakan dan dirasakan manfaatnya oleh para petani ikan dalam pemanfaatan pakan yang efisien. Pemberian probiotik dalam pakan dimaksudkan untuk meningkatkan daya cerna ikan terhadap pakan dengan meningkatkan enzim pencernaan yang dapat menghidrolisis protein menjadi senyawa lebih sederhana sehingga mudah diserap dan digunakan sebagai deposit untuk pertumbuhan. Melalui percobaan ini, dibuat pemanfaatan ampas tahu yang masih memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sebagai pelet pakan ternak khususnya ikan lele tanpa penambahan probiotik dan dengan penambahan probiotik dengan berbagai variasi dosis untuk mengetahui perbandingan
perkembangan berat dan panjang ikan lele. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan P15 terhadap ikan lele memberikan hasil yang optimal dengan penambahan berat 0,67 gram dan panjang 22,4 cm.


References


A.Lumbanbatu, Pretty.2018. Pengaruh Pemberian Probiotik EM4 dalam Pakan Buatan dengan Dosis yang Berbeda terhadap Pertumbuhan dan Kelulushidupan Ikan Nila Merah (Oreachromis Niloticus) di Air Payau.

Arief M, Diatra F, Muhammad AA. 2015. Pengaruh Pemberian Probiotik Plus Herbal Pada Pakan Komersil TerhadapRetensi Protein dan Retensi Lemak Ikan Nila Merah (Oreochromis Niloticus). Jurnal; Ilmiah Perikanan dan Kelautan 7(2), 207-212.

Karel, M., Hilyana. S dan Putri Lestari,D. 2019. Pengaruh Penambahan Probiotik EM4 (effective microorganism) dengan Dosis yang Berbeda pada Pakan terhadap Hubungan Panjang dan Berat Ikan Mas (Cyprinus carpio). 9(2) : 125-129.

Latifah, A., Supriyanto.A dan Rosmanida.2016. Pengaruh Pemberian

Probiotik dengan Berbagai Dosis Berbeda untuk Meningkatkan

Pertumbuhan Lele Dumbo (Clarias Gariepinus).

Marlien, R.A., Tjahjaning, Purwati dan Eddy Prabowo.R. 2020. Pelatihan Pemanfaatan Limbah Ampas Tahu menjadi Pelet Ikan untuk Meningkatkan Laba Usaha Pabrik Tahu di Desa Sijeruk, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan. 4(2) : 99-105.

Masturi, A., Lestari dan R. Sukadarwati.1992. Pemanfaatan Limbah Padat Industri Tahu untuk Pembuatan Isolasi Protein. Balai Penelitian dan Pengembangan Industri. Departemen Perindustrian, Semarang.

Mulfizar, Zainal AM, Irma D. 2012. Hubungan Panjang Berat dan Faktor Kondisi Tiga Jenis Ikan yang Tertangkap di Perairan Kuala Gigieng, Aceh Besar, Provinsi Aceh. Depik. 1(1), 1-9.

Narayana, Y dan Hasniar. 2019. Pengaruh Penggunaan Probiotik dengan Dosis yang Berbeda pada Pakan terhadap Ikan Nila (Oreachromis Niloticus) yang Dipelihara pada Kolam Semen. 19 (2).

Sukandi, U. 2003. Membuat Pakan Ikan Konsumsi. Agromedia Pustaka. Tangerang.

Wardika, A. S., Suminto, Agung S. 2014. Pengaruh Bakteri Probiotik pada Pakan Ikan Dengan Dosis Berbeda terhadap Efisiensi Pemanfaatan Pakan, Pertumbuhan dan Kelulusan Hidup Lele

Dumbo (Clarias gariepinus). Jurnal of Aquaculture Management and

Technology.3; 9-17.




DOI: https://doi.org/10.24853/konversi.11.2.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Konversi Indexed By

doaj gsgarudasincroisjdonebase oneone

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ