POLIGAMI DAN PERSELINGKUHAN: POTRET RUMAH TANGGA DALAM POSTER TAYANGAN INDONESIA (STUDI IKONITAS DIAGRAMMATIK PIERCE)

Fitri Rahma Wardani, Asep Abbas Abdullah

Abstract



Komposisi pada poster tayangan di Indonesia selalu memiliki pakem yang menjadi cara bagi (calon) penonton untuk mengintip fiksi dari filem atau serial yang bakal ditontonnya. Sebuah poster dari tayangan memang merangkum keseluruhan cerita yang disajikan. Penempatan tokoh, ekspresi, gestur, pakaian bahkan latar pada sebuah poster dapat menjadi potongan-potongan enigmatik yang menjadi bekal bagi (calon) penonton untuk memahami keseluruhan tayangan yang ditontonnya. Artikel ini hendak mengkaji poster serial bertema selingkuh dan poligami. Dibandingkan dengan poster tayangan bergenre lain, tontonan yang mengangkat isu dinamika keluarga tersebut memiliki kekhasan tersendiri. Seolah terdapat sebuah formula yang pakem dan disepakati antara satu poster dengan poster lain. Hasil penelitian ditemukan berbagai tanda yang memiliki keselarasan antara satu sama lain sehingga mendukung tersampainya pesan yang ingin disampaikan dalam poster film. Visualisasi pendukung yang ditampilkan pada poster serial yang berkembang di Indonesia memberikan gambaran tersirat tentang konflik yang terdapat dalam setiap tayangan dan mempengaruhi tanda visual yang tergambar dalam poster.


Keywords


poster film; ikonisitas diagrammatik; semiotika; Charles Peirce.

Full Text:

PDF

References


Azizi, F. (2021). Deteksi Emosi Menggunakan Citra Ekspresi Wajah Secara Otomatis. Informatics Engineering, 1–44. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35834

Dimas Akbar, A. S. (2016). Analisis poster film james bond karya andreanus gunawan. 04(1), 360–364.

Hafiar, H., Mahameruaji, J. N., & Rahmawan, D. (2017). Analisis Semiotika Pada Cover Novel Trilogi Karya Vira Safitri. Jurnal Nomosleca, 3(1). https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i1.1177

Burhan, A. S., & Anggapuspa, M. L. (2021). Analisis Makna Visual Pada Poster Film Bumi Manusia. Jurnal Barik, 3(1), 235–247. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

bustaman usman. (2017). Poligami Menurut Perspektif Fiqih. Hukum Keluarga Dan Hukum Islam, 1(hukum poligami), januari-juni.

Chu, Y. (2022). On the hypoiconic structure of cartoons. Social Semiotics, 32(2), 262–278. https://doi.org/10.1080/10350330.2020.1756587

Habibi, M. L. (2021). Analisis Semiotika Penggambaran Perempuan Bercadar dalam Film Pendek “Menjadi Aku Tak Harus Kaku.” Kalijaga Journal of Communication, 3(2), 93–106. https://doi.org/10.14421/kjc.32.01.2021

I Nengah, M. (2020). Makna Bahasa Tubuh: Suatu Kajian Lintas Budaya 1945-1950. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 4(2), 37–43. https://doi.org/10.22225/kulturistik.4.2.1885

Kembaren, Y. A., Kartono, G., & Mesra, M. (2020). Analisis Karya Poster Berdasarkan Unity, Layout, Tipografi, Dan Warna. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 9(1), 121. https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18187

Pangestuti, M. (2021). Analisis Semiotika Charles S. Pierce pada Poster Street Harassment Karya Shirley. Konfiks: Jurnal Bahasa, Sastra, & Pengajaran, 8(1), 25–33. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/konfiks/article/view/4783

Rutf, H. (2022). Hypoiconicity as Intentionality. Philosophies, 7(6). https://doi.org/10.3390/philosophies7060126

Selatan, G., & Barat, J. (2023). Patriotisme perempuan sunda pada tokoh paraji di pamengpeuk, garut selatan, jawa barat. 2016, 109–116.

Wahyuni, E., Tahidina, L., Kolarsi, L., Pascasarjana, L., Sultan, I., & Gorontalo, A. (2022). Korelasi Seks Dan Keluarga Harmonis. Journal Hukum Islam, 3(1), 17–31. http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/135/jtptunimus-gdl-handayanin-6725-2-babii.pdf




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.6.2.141-153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226

 
Powered by Puskom-UMJ