KEEFEKTIFAN METODE THINK-TALK-WRITE (TTW) DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI DI SEKOLAH DASAR

Yudi Bachtiar, Puspita Yuliani Pertiwi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa kelas IV salah satu sekolah dasar di Kabupaten Karawang dalam menulis karangan eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model think-talk-write dalam keterampilan menulis karangan eksposisi. Untuk mencapai tujuan ini, penelitian mengadopsi pendekatan eksperimen semu, menggunakan non-equivalent control group design, memungkinkan peneliti untuk membandingkan kemajuan antara siswa yang mengikuti model TTW dengan mereka yang tidak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis karangan eksposisi siswa yang berada di kelas eksperimen, mengindikasikan bahwa model think-talk-write efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi di kalangan siswa. Temuan ini memberikan bukti kuat bahwa pendekatan think-talk-write dapat dijadikan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan eksposisi, menawarkan wawasan penting bagi praktik pendidikan, khususnya dalam pengajaran menulis di sekolah dasar.


Keywords


kooperatif learning, think-talk-write, menulis, eksposisi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2013). Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. Bandung: Refika Aditama

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

BSNP. (2006). Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Creswell, J., W. (2012). Educational research: planning, conducting and evaluating quantitative and qualitative research 4th ed. Boston: Pearson Education

Creswell, J., W. (2016). Research design: pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Kamus besar bahasa Indonesia pusat bahasa edisi keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Departement of Education and Training. (2007). Writing and spelling strategies: assisting students who have additional learning support needs. New South Wales: NSW Departement of Education and Training. (online). (http://www.schools. nsw.edu.au/media/downloads/schoolsweb/studentsupport/programs/lrngdificulties/writespell.pdf, diakses 20-05-2017)

Huda, M. (2014). Metode-metode pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Isjoni. (2013). Pembelajaran kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Iskandarwassid & Sunendar, D. (2013). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Joice, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of teaching: model-model pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Kosasih, H., E., & Kurniawan, K. (2014). Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mulyati, Y. (2015). PDGK4101-M1. Jakarta: Universitas Terbuka

Poerwanti, dkk. (2007). Assesmen pembelajaran SD. Jakarta: Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Rishanjani, F., A. (2014). Keefektifan Model Think-Talk-Write (TTW) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Resmini, N., & Juanda, D. (2007). Pendidikan bahasa dan sastra di kelas tinggi. Bandung: UPI Press

Resmini, N., Churiah, Y., & Sundari, N. (2010). Membaca dan menulis di sekolah dasar. Bandung: UPI Press

Sagala, Syaiful. (2012). Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta

Shoimin, A. (2014). 68 metode pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Tandiana, S. T., Abdullah, F., & Komara, U. (2017). “Talk-write: a groundbreaking technique for shaping the students’ argumentative writing skills on discussion essays”. Educational Sciences-Jurnal ilmu pendidikan bahasa Inggris. (online). Volume 2 No.1 Tahun 2017. (http://eduscience.org/ index.php/ejv1n3/article/viewFile/15/8, diakses 20-05-2017)

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa

Suprijono, A. (2015). Cooperative learning: teori & aplikasi paikem (edisi revisi). Yogyakarya: Pustaka Pelajar.

Yamin, M., & Ansari, M., I. (2012). Taktik mengembangkan kemampuan individual siswa. Ciputat: GP Press Group

Zainurrahman. (2013). Menulis: dari teori hingga praktik. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.7.1.36-41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ