KEEFEKTIFAN METODE THINK-TALK-WRITE (TTW) DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa kelas IV salah satu sekolah dasar di Kabupaten Karawang dalam menulis karangan eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model think-talk-write dalam keterampilan menulis karangan eksposisi. Untuk mencapai tujuan ini, penelitian mengadopsi pendekatan eksperimen semu, menggunakan non-equivalent control group design, memungkinkan peneliti untuk membandingkan kemajuan antara siswa yang mengikuti model TTW dengan mereka yang tidak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis karangan eksposisi siswa yang berada di kelas eksperimen, mengindikasikan bahwa model think-talk-write efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi di kalangan siswa. Temuan ini memberikan bukti kuat bahwa pendekatan think-talk-write dapat dijadikan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan eksposisi, menawarkan wawasan penting bagi praktik pendidikan, khususnya dalam pengajaran menulis di sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2013). Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. Bandung: Refika Aditama
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
BSNP. (2006). Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Creswell, J., W. (2012). Educational research: planning, conducting and evaluating quantitative and qualitative research 4th ed. Boston: Pearson Education
Creswell, J., W. (2016). Research design: pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Kamus besar bahasa Indonesia pusat bahasa edisi keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Departement of Education and Training. (2007). Writing and spelling strategies: assisting students who have additional learning support needs. New South Wales: NSW Departement of Education and Training. (online). (http://www.schools. nsw.edu.au/media/downloads/schoolsweb/studentsupport/programs/lrngdificulties/writespell.pdf, diakses 20-05-2017)
Huda, M. (2014). Metode-metode pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Isjoni. (2013). Pembelajaran kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Iskandarwassid & Sunendar, D. (2013). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Joice, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of teaching: model-model pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Kosasih, H., E., & Kurniawan, K. (2014). Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mulyati, Y. (2015). PDGK4101-M1. Jakarta: Universitas Terbuka
Poerwanti, dkk. (2007). Assesmen pembelajaran SD. Jakarta: Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Rishanjani, F., A. (2014). Keefektifan Model Think-Talk-Write (TTW) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Resmini, N., & Juanda, D. (2007). Pendidikan bahasa dan sastra di kelas tinggi. Bandung: UPI Press
Resmini, N., Churiah, Y., & Sundari, N. (2010). Membaca dan menulis di sekolah dasar. Bandung: UPI Press
Sagala, Syaiful. (2012). Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta
Shoimin, A. (2014). 68 metode pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Tandiana, S. T., Abdullah, F., & Komara, U. (2017). “Talk-write: a groundbreaking technique for shaping the students’ argumentative writing skills on discussion essays”. Educational Sciences-Jurnal ilmu pendidikan bahasa Inggris. (online). Volume 2 No.1 Tahun 2017. (http://eduscience.org/ index.php/ejv1n3/article/viewFile/15/8, diakses 20-05-2017)
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa
Suprijono, A. (2015). Cooperative learning: teori & aplikasi paikem (edisi revisi). Yogyakarya: Pustaka Pelajar.
Yamin, M., & Ansari, M., I. (2012). Taktik mengembangkan kemampuan individual siswa. Ciputat: GP Press Group
Zainurrahman. (2013). Menulis: dari teori hingga praktik. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.24853/pl.7.1.36-41
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, e-ISSN: 2614-8226