KEEFEKTIFAN METODE THINK-TALK-WRITE (TTW) DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.7.1.36-41Keywords:
kooperatif learning, think-talk-write, menulis, eksposisiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa kelas IV salah satu sekolah dasar di Kabupaten Karawang dalam menulis karangan eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model think-talk-write dalam keterampilan menulis karangan eksposisi. Untuk mencapai tujuan ini, penelitian mengadopsi pendekatan eksperimen semu, menggunakan non-equivalent control group design, memungkinkan peneliti untuk membandingkan kemajuan antara siswa yang mengikuti model TTW dengan mereka yang tidak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis karangan eksposisi siswa yang berada di kelas eksperimen, mengindikasikan bahwa model think-talk-write efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi di kalangan siswa. Temuan ini memberikan bukti kuat bahwa pendekatan think-talk-write dapat dijadikan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan eksposisi, menawarkan wawasan penting bagi praktik pendidikan, khususnya dalam pengajaran menulis di sekolah dasar.References
Abidin, Y. (2013). Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. Bandung: Refika Aditama
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
BSNP. (2006). Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Creswell, J., W. (2012). Educational research: planning, conducting and evaluating quantitative and qualitative research 4th ed. Boston: Pearson Education
Creswell, J., W. (2016). Research design: pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Kamus besar bahasa Indonesia pusat bahasa edisi keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Departement of Education and Training. (2007). Writing and spelling strategies: assisting students who have additional learning support needs. New South Wales: NSW Departement of Education and Training. (online). (http://www.schools. nsw.edu.au/media/downloads/schoolsweb/studentsupport/programs/lrngdificulties/writespell.pdf, diakses 20-05-2017)
Huda, M. (2014). Metode-metode pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Isjoni. (2013). Pembelajaran kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Iskandarwassid & Sunendar, D. (2013). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Joice, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of teaching: model-model pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Kosasih, H., E., & Kurniawan, K. (2014). Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mulyati, Y. (2015). PDGK4101-M1. Jakarta: Universitas Terbuka
Poerwanti, dkk. (2007). Assesmen pembelajaran SD. Jakarta: Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Rishanjani, F., A. (2014). Keefektifan Model Think-Talk-Write (TTW) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Resmini, N., & Juanda, D. (2007). Pendidikan bahasa dan sastra di kelas tinggi. Bandung: UPI Press
Resmini, N., Churiah, Y., & Sundari, N. (2010). Membaca dan menulis di sekolah dasar. Bandung: UPI Press
Sagala, Syaiful. (2012). Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta
Shoimin, A. (2014). 68 metode pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Tandiana, S. T., Abdullah, F., & Komara, U. (2017). “Talk-write: a groundbreaking technique for shaping the students’ argumentative writing skills on discussion essays”. Educational Sciences-Jurnal ilmu pendidikan bahasa Inggris. (online). Volume 2 No.1 Tahun 2017. (http://eduscience.org/ index.php/ejv1n3/article/viewFile/15/8, diakses 20-05-2017)
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa
Suprijono, A. (2015). Cooperative learning: teori & aplikasi paikem (edisi revisi). Yogyakarya: Pustaka Pelajar.
Yamin, M., & Ansari, M., I. (2012). Taktik mengembangkan kemampuan individual siswa. Ciputat: GP Press Group
Zainurrahman. (2013). Menulis: dari teori hingga praktik. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).